Sponsors Link

9 Manfaat Jinten Untuk Asam Urat dan Cara Pengolahannya

Sponsors Link

jinten hitamJinten hitam atau yang biasa dijual di toko herbal dengan nama Habatussauda merupakan obat alami yang berasal dari rempah-rempah. Jinten sudah sangat populer di Indonesia, konsumsi jinten juga sangat aman tanpa efek samping

ads

Beberapa kandungan yang terdapat dalam jinten hitam adalah:

  • Minyak atsiri
  • Asam lemak tak jenuh
  • Protein nabati
  • Timokonon
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • D-limonena
  • Saponin
  • Nigelon
  • Zat anti radang
  • Zat anti mikroba

Beberapa kandungan diatas juga membuat jinten hitam diyakini bisa mengatasi penyakit asam urat.

Manfaat Jinten Untuk Asam Urat

Jinten hitam di anggap sangat baik dikonsumsi penderita asam urat. Jinten bisa menjadi obat herbal untuk asam urat. Beberapa manfaat yang bisa penderita asam urat dapatkan karena konsumsi jinten, diantara nya:

1. Menetralkan kadar asam urat yang ada dalam tubuh

Kadar asam urat dalam tubuh yang dipicu oleh purin merupakan salah satu hal yang mangakibat kan seseorang bisa mendapatkan asam urat dan mendapatkan keluhan asam urat. Dengan konsumsi jinten kadar asam urat dalam tubuh akan berusaha di netral kan kembali oleh kandungan yang ada dalam jinten hitam.

2. Adanya komplikasi penyakit karena asam urat

Tahukah Anda? Bahwa asam urat nyatanya bisa menyebabkan komplikasi. Tanda-tanda asam urat dalam komplikasi penyakit cukup berbahaya seperti jantung koroner dan juga ginjal. Dengan konsumsi jinten hitam maka sistem imun tubuh akan semakin meningkat dan semakin kebal terhadap serangan virus serta bakteri yang menyebabkan adanya komplikasi penyakit.

3. Mungurangi produksi zat purin dalam tubuh

Jinten hitam juga bisa menjadi salah satu suplemen penurun asam urat. Karena secara bertahap akan mengurangi produksi purin dalam tubuh dan mengurangi produksinya. Purin merupakan salah satu zat paling utama yang akan meningkatkan asam urat.

4. Membantu ginjal untuk ekresi purin

Ginjal adalah organ paling utama yang akan membantu keluar nya purin yaitu zat pemicu asam urat. Kelebihan purin dalam tubuh secara normal akan di ekresi oleh ginjal dan dikeluarkan melalui air urin serta feses. Sehingga proses ini bisa membuat purin semakin berkurang dalam tubuh. Konsumsi jinten hitam bisa membantu untuk meningkatkan fungsi ginjal menjadi lebih baik.

Sponsors Link

5. Meredakan rasa nyeri akibat penumpukan purin

Penumpukan purin dalam tubuh yang tidak segera diatasi, maka akan terus mengendap dan menimbulkan rasa nyeri secara tiba-tiba. Nyeri biasanya akan sangat mengganggu. Apalagi jika rasa nyeri sudah diikuti dengan tanda-tanda asam urat lainnya seperti panas, kemerahan hingga bengkak. Konsumsi jinten hitam akan membantu mengurangi rasa nyeri karena asam urat sekaligus akan membantu menyembuhkan pembengkakan yang merupakan gejala lanjutan dari rasa nyeri akibat asam urat.

6. Sebagai obat terapi untuk asam urat

Jika Anda di berikan resep obat medis asam urat oleh dokter. Anda bisa coba mengikut sertakan jinten hitam sebagai obat tambahan. Jika Anda takut kalau jinten bisa mempengaruhi pada kenaikan asam urat, Anda bisa berkonsultasi pada dokter dulu. Namun jinten sebenarnya tidak akan membahayakan dan bisa menjadi pendamping obat untuk meneteralkan racun.

Cara Pengolahan Jinten Untuk Asam Urat

Setelah mengetahui kandungan dan manfaat jinten hitam, selanjutnya Anda mesti mengetahui bagaimana pengolahan jinten hitam agar bisa dikonsumsi dengan baik. Berikut adalah tips pengolahan nya:

Sponsors Link

  • Mencampurkan dengan daun salam

Untuk mendapatkan hasil yang sangat maksimal Anda bisa mencampurkan daun salam dengan jintenitam. Manfaat daun salam untuk asam urat sudah sangat diketahui dengan jelas oleh banyak orang. Anda bisa menyiapkan daun salam dan jinten hitam, kemudian gabungkan kedua bahan dan rebus secara bersamaan. Setelah mendidih, Anda bisa menyaring nya dan mengkonsumsi sari nya.

  •  Mencampurkan dengan daun selederi

Selain dengan daun salam, Anda memanfaatkan daun seledri sebagai campuran jinten hitam dan untuk mengobati asan urag. Anda tinggal menyiapkan kedua bahan tersebut kemudian rebus menjadi satu, setelah mendidih Anda bisa menyaring nya dan konsumsi airnya dengan rutin.

  • Diseduh seperti teh

Anda juga bisa mengolahnya menjadi seduhan jinten seperti teh. Siapkan 3 sampai 4 gram bubuk jinten hitam, kemudian Anda bisa menyeduh nya dengan air panas, diamkan sampai 10 menit. Jika ada madu, agar menambahkan rasa, Anda bisa mencampurkan madu. Konsumsi lah jinten hitam dengan rutin, pada pagi dan malam hari.

Itulah manfaat jinten untuk asam urat dan cara pengolahan nya. Agar jinten bisa bekerja dengan baik, sebaiknya Anda juga mengimbangi dengan melakukan diet rendah purin agar kadar asam urat dalam tubuh semakin menurun dan purin nya tidak semakin meningkat.

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal