Sponsors Link

25 Manfaat Kolang Kaling Untuk Asam Urat dan Kesehatan

Sponsors Link

Kolang kali adalah makanan yang berasal dari tanaman aren. Jika dilihat sekilas, batang pohon aren terlihat mirip dengan pohon kelapa. Namun jika memperhatikan lebih detail bagian batangnya, tanaman aren pada batangnya akan ditumbuhi ijuk. Kolang kaling biasanya selalu dijadikan menu buka puasa saat bulan Ramadhan. Namun tahukah Anda? Bahwa ternyata kolang kaling juga sangat bermanfaat untuk penyakit asam urat dan kesehatan. Berikut adalah ulasan mengenai 25 manfaat kolang kaling untuk asam urat dan kesehatan.

ads

Kandungan kolang kaling

Kolang kaling tidak hanya enak untuk di makan namun juga kaya akan kandungan manfaatnya, beberapa kandungan. Kandungan kolang kaling yang dipercaya dapat menjadi obat untuk kesehatan seperti:

  • Kalsium
  • Gelatin
  • Karbohidrat
  • Zat besi
  • Fosfor
  • Potasium
  • Vitamin
  • Galaktomanan

Melihat dari beberapa kandungan diatas sehingga tidak heran jika kolang kaling bisa menjadi salah satu suplemen untuk membantu pengobatan asam urat dan kesehatan lainnya.

Manfaat Kolang Kaling Untuk Asam Urat

1. Pencegah peradangan

Manfaat kolang kaling yang pertama adalah untuk mengobati dan mencegah adanya peradangan pada bagian sendi yang disebabkan penumpukan kadar asam urat terlalu tinggi. Kandungan galaktomanan adalah salah satu senyawa yang bisa membantu peradangan. Anda bisa mengkonsumsi kolang kaling dengan rutin 100-200 gram.

2. Mengurangi rasa nyeri pada persendian

Rasa nyeri pada sendi akibat asam urat disebabkan purin sudah masuk dan membentuk kristal. Dengan mengkonsumsi kolang-kaling, Anda dapat mengurangi rasa nyeri tersebut karena sedikit-demi sedikit zat yang mengendap dalam sendi akan diserap dan dikeluarkan lewat saluran urin.

3. Menghindari obesitas

Salah satu penyebab asam urat adalah karena obesitas dan penumupkan lemak terlalu berlebihan sehingga akan menghambat pada proses metabolisme purin dalam tubuh. Kolang kaling sangat cocok untuk dijadikan sebagai salah satu makanan penurun berat badan. Kandungan karbohidrat dalam kolang kaling bisa diserap  dengan cepat oleh tubuh. Kolang kaling juga diyakini dapat melancarkan sistem metabolisme tubuh karena tingginya kandungan serat.

4. Menjaga kesehatan tulang

Asam urat juga akan berhubungan dengan kerusakan pada tulang. Kandungan kalsium dalam kolang kaling dinilai mampu menjaga kesehatan tulang, pertumbuhan tulang dan juga mengurangi resiko adanya kerusakan yang lebih parah pada bagian sendi.

5. Mengurangi zat purin

Purin adalah salah satu zat yang dapat mengakibatkan tingginya asam urat dalam tubuh. Sebenarnya purin tidak lah berbahaya selama masih dalam batasan normal dalam tubuh. Namun penderita asam urat biasanya akan memiliki kandungan purin terlalu tinggi. Kandungan air kolang kaling jika Anda konsumsi dengan rutin makan akan membantu untuk mengurangi intensitas zat purin yang mengendap dalam tubuh terutama pada bagian persendian. Sehingga kolang kaling secara bertahap bisa mengurangi tanda-tanda asam urat.

6. Mencegah pembengkakan

Pembengkakan akan terjadi pada penderita asam urat yang sudah cukup parah. Mengkonsumsi kolang kaling dengan rutin akan mencegah adanya pembengkakan, sebab pemicu bengkak yaitu purin sudah diserap oleh kandungan yang ada dalam kolang kaling.

Sponsors Link

7. Meningkatkan fungsi ginjal

Kolang kaling memiliki kandungan potasium. Kandungan ini akan sangat baik untuk meningkatkan keadaan dan fungsi ginjal sehingga bisa bekerja dengan baik. Sehatnya kondisi ginjal maka akan semakin berpengaruh pada penyerapan asam urat dalam tubuh dengan baik.

8. Menyembuhkan luka dengan cepat

Kolang kaling juga bisa menyembuhkan luka yang diakibatkan asam urat dan penumpukannya. Kandungan kalsium yang ada dalam kolang kaling dinilai mampu mempercepat penyembuhan luka khususnya pada tulang.

9. Menjaga kekuatan tulang

Asam urat sangat identik dengan sendi dan juga kesehatan tulang, oleh sebab itu kolang kaling dapat membantu menjaga kekuatan tulang agar tidak mudah keropos karena disebabkan penumpukan zat purin yang masuk pada sela-sela persendian,

Cara Mengolah Kolang Kaling Untuk Asam Urat

Selanjutnya adalah cara mengolah kolang kaling agar bisa dijadikan obat untuk asam urat. Sebenarnya untuk pengolahan kolang kaling bisa disesuaikan dengan selera Anda. Namun untuk mempersiapkannya, Anda sebaiknya menyiapkan kolang kaling yang masih dalam keadaan segar, kemudian Anda harus mencucinya hingga bersih dan menghilangkan lendir nya. Anda juga bisa menghilangkan bau kecut dan asam pada kolang kaling dengan cara merendam dengan air cucian beras. Jika Anda ingin mengolah kolang kaling juga sangat dianjurkan untuk tidak menggunakan pewarna dan pemanis buatan. Anda bisa menambahkan gula secukupnya saja. Agar kolang kaling awet dan bertahan lama sebaiknya Anda menyimpan kolang kaling dalam lemari es, simpan dalam wadah kedap udara baru dimasukkan ke dalam lemari es.

Manfaat Kolang Kaling Untuk Kesehatan

Selain untuk asam urat, kolang kaling juga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat kolang kaling untuk kesehatan:

1. Mengobati sakit pinggang

Tulang pada bagian pinggang biasanya akan sangat rentang untuk terkena masalah karena bagian tubuh ini sering dilakukan saat melakukan aktivitas. Anda bisa mengkonsumsi kolang kaling agar mengatasi sakit pada bagian pinggang. Konsumsi minimal 100 gram per hari.

Sponsors Link

2. Mencegah terserang osteoporosis

Masih berhubungan dengan penyakit pada tulang. Kolang-kaling yang kaya akan kalsium ini mampu mengatasi dan mencegah terjadinya osteoporosis.

3. Mingangkatkan energi tubuh

Jika Anda mempunyai cadangan energi yang tepat dalam tubuh maka akan memberikan keuntungan dan membuat tubuh menjadi tidak mudah merasa kehilangan. Kolang kaling bisa bekerja dengan maksimal mengatasi rasa lelah karena memiliki kandungan karbohidrat penambah energi.

4. Memmbantu pembentukan tulang bayi

Bagi ibu hamil, mengkonsumsi kolang kaling sebagai cemilan sangatlah baik. Karena dengan kolang kaling Anda bisa membantu pembentukan tulang bayi dan gigi saat masih dalam kandungan.

5. Membantu Diet

Diet adalah hal yang harus dilakukan untuk kesehatan, tujuannya adalah agar tubuh tidak terlalu mengalami penumpukan lemak dan kolesterol yang akan memicu timbulnya penyakit. Dengan mengkonsumsi kolang kaling dengan rutin, maka akan membantu Anda untuk menurunkan berat badan dengan bertahap. Baik diet rendah purin ataupun rendah lemak, kolang kaling bisa dikonsumsi dengan aman.

6. Menyehatkan kondisi kulit

Kolang kaling juga dinilai mampu menyehatkan kulit. Kandungan vitamin B dalam kolang kaling akan membuat kulit tampak segar dan tidak mudah pudar.

7. Melancarkan pencernaan

Kandungan serat kasar yang terkandung pada buah kolang kaling hingga 39%, dimana ini berkhasiat agar dapat melancarkan pencernaan tubuh, kandungan serat disertai karbohidrat yang cukup tinggi membuat kolang kaling bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

8. Mengatasi rasa gatal

Gatal yang disebabkan karena adanya alergi pada makanan yang dikonsumsi atau disebabkan karena gigitan oleh hewan. Kondisi ini akan sangat mengganggu karena kerap kali diikuti dengan gejala seperti demam. Untuk mengobati alergi agar tidak semakin mengganggu, Anda bisa coba mengobati nya dengan konsumsi kolang kaling. Kandungan yang ada di dalamnya mampu menyembuhkan rasa gatal pada kulit.

9. Sebagai sumber vitamin

Kandungan vitamin dalam kolang kaling sangatlah banyak, sehingga akan membantu memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh. Beberapa vitamin yang terdapat kolang kaling seperti vitamin A, B dan juga vitamin C.

10. Mencegah sembelit

Sembelit adalah adanya kondisi kelainan pada bagian pencernaan dan akan menyebabkan kesulitan saat akan buang ai besar. Untuk mencegah terserang sembelit, Anda bisa mengkonsumsi buah kolang kaling. Kandungan serat dalam kolang kaling mampu membantu sembelit.

11. Membantu metabolisme

Metabolisme merupakan proses reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh manusia. Metabolisme yang buruk maka akan berdampak buruk juga untuk kesehatan. Untuk melancarkan sistem metabolisme dalam tubuh Anda juga bisa mengatasinya dengan konsumsi kolang kaling secara rutin.

12. Mengatasi pegal berlebihan

Rasa pegal biasanya akan datang setelah melakukan aktivitas dan akan sulit untuk dihindari. Namun untuk mencegahnya agar tidak mudah merasa pegal, Anda bisa mengkonsumsi kolang kaling sebagai makanan cemilan disela sela aktivitas.

ads

13. Pendukung badan atletis

Mempunyai otot dan tulang yang kuat tentu saja bukan hanya impian pria, wanita juga banyak yang menginginkan kondisi otot dan tulang yang baik. Anda bisa makan kolang kaling sebagai pendamping saat melakukan aktivitas untuk pembentukan fisik karena kandungan kalsium dalam kolang kaling dinilai cukup tinggi dan bisa membantu pembentukan otot serta tulang,

14. Menjaga keremajaan kulit

Sebelumnya sudah disebutkan juga kolang kaling bisa menjaga kesehatan kulit. Selain itu kolang kaling juga bisa dengan efektif menjaga keremajaan kulit. Dalam buah ini terdapat senyawa gelatin yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit.

15. Menjaga kesehatan rambut

Selain untuk kesehatan kulit, adanya senyawa gelatin yang terkandung dalam kolang kaling juga diyakini dapat menjaga kesehatan rambut. Kandungan protein gelatin bisa memastikan rambut akan tumbuh dengan kuat dan cepat, dan juga bisa menjaga kesehatan rambut.

16. Menyehatkan jantung

Kolang kaling juga mempunyai kandungan potasium yang bisa membantu untuk menyehatkan jantung. Anda bisa konsumsi kolang kaling dengan aman setiap hari. Dengan konsumsi buah ini maka akan mencegah adanya penyumbatan pada aliran darah, dan mencegah adanya lemak jenuh serah gumpalan kolesterol jahat yang selalu berada disekitar otot jantung.

17. Meningkatkan kesehatan sel otak

Potasium yang terkandung dalam kolang kaling juga dinilai mampu meningkatkan kesehatan sel otak. Zat potasium bisa membantu melancarkan masuknya oksigen dengan jumlah yang cukup pada pembuluh darah dan peredaran darah yang berhubungan dengan jaringan kepala khusus nya pada bagian otak. Sel otak bisa menjadi semakin baik dan bisa berfungsi dengan respon yang cukup cepat saat akan menangkap informasi yang akan disampaikan saraf tubuh. Potasium juga bisa mencerdaskan kemampuan berfikir dan motorik anak.

18. Mengatasi insomnia

Insomnia biasanya selalu dikaitkan dengan adanya gangguan saraf otak dan juga aliran darah yang ada di sekitar kepala yang tidak lancar. Oleh sebab itu kandungan mineral kalium atau potasium dalam kolang kaling dapat membantu untuk mengendurkan ketegangan pada saraf otak dan juga melancarkan aliran darah dan akan membuat seseorang bisa tidur nyenyak.

Itulah ulasan mengenai 25 manfaat kolang kaling untuk asam urat dan kesehatan. Anda bisa memanfaatkan makanan ini untuk menjaga tubuh agar tidak terserang penyakit.

, ,