Sponsors Link

5 Manfaat Lemon untuk Asam Urat dan Cara Mengolahnya

Sponsors Link

Lemon (Citrus limon) merupakan buah yang identik dengan rasa masam dan memiliki bentuk lonjong serta warna kuning cerah. Buah ini berasal dari dataran Asia khususnya di negara China. Namun demikian, buah ini sudah mengalami persebaran hingga ke berbagai pelosok negara di dunia sehingga buah ini cukup terkenal. Buah lemon terkenal akan manfaatnya yang sangat beragam dan kaya. Buah ini juga menjadi idola bagi kebanyakan masyarakat sehingga Anda perlu mengetahui berbagai manfaat dan khasiat buah lemon.

ads

Baca juga:

Buah lemon masih satu rumpun dengan buah jeruk dimana ada beberapa kesamaan di dalam karakteristik dua buah ini. Buah lemon dan jeruk pada dasarnya memiliki kandungan nutrisi yang hampir sama. Kandungan paling dominan diantara dua buah ini ialah vitamin C dan mineral-mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Salah satu keunggulan dari buah lemon adalah manfaatnya yang luar biasa. Lemon sangat banyak kegunaannya terutama bagi kesehatan Anda. Salah satu jenis penyakit yang dapat disembuhkan oleh buah lemon adalah penyakit asam urat. Manfaat lemon untuk asam urat sudah ditemukan oleh masyarakat sejak lama. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui manfaat lemon untuk asam urat ini sehingga Anda bisa memanfaatkannya.

Beragam Kandungan Alami Buah Lemon

Buah lemon dikenal sebagai buah yang memiliki beragam manfaat dan khasiat. Selain untuk dikonsumsi sebagai makanan atau minuman yang menyegarkan, buah lemon juga dapat digunakan untuk pengobatan. Kandungan alami yang menyehatkan pada buah lemon sangat berkhasiat dan bermanfaat bagi tubuh manusia.

Baca juga: Asam Urat pada Ibu HamilAsam Urat pada Lansia.

Kandungan lemon yang menyehatkan tubuh terdiri dari vitamin dan mineral yang sangat kaya dan beragam. Keberagaman nutrisi dan kandungan buah lemon menyusun komposisi buah lemon sehingga buah ini menjadi buah yang sangat menyehatkan bagi tubuh manusia. Jika Anda ingin sebuah santapan buah yang menyehatkan bagi diri Anda dan keluarga Anda maka tidak ada salahnya bila lemon menjadi pilihan.

Komponen-komponen buah lemon sangatlah beragam. Namun demikian, kita dapat mengelompokkan kandungan-kandungan pada lemon tersebut, antara lain:

  • Karbohidrat, terdiri dari fiber dan gula (kandungan gula buah / fruktosa);
  • Lemak (fat);
  • Vitamin, yang terdiri dari beberapa vitamin, antara lain: vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, dan lain sebagainya;
  • Protein;
  • Beragam mineral baik bagi tubuh, antara lain: kalsium, zat besi, fosfor, mangan dan mineral-mineral lain bagi tubuh.

Ragamnya kandungan (vitamin dan mineral) di dalam buah lemon ini membuat buah lemon menjadi sebuah komoditi kesehatan. Berbagai kandungan tersebut harus bisa dioptimalkan oleh Anda supaya penyakit yang masih melekat di dalam diri Anda bisa terkikis, khususnya penyakit asam urat. Penyakit asam urat akan segera menghilang bila Anda sigap menanganinya terutama dengan obat-obatan herbal.

Baca juga: Obat Herbal untuk Asam Urat, Cara Mengobati Asam Urat dengan Daun Sirsak.

Manfaat Lemon untuk Asam Urat

Asam urat merupakan penyakit yang sangat dihindari oleh kebanyakan orang. Hal ini disebabkan oleh banyaknya hal buruk yang bisa ditimbulkan oleh penyakit asam urat. Anda akan mengalami rasa nyeri dan ketidaknyamanan lain saat ada asam urat yang menghinggapi diri Anda. Oleh sebab itu, saat gejala asam urat mulai muncul Anda lebih baik segera mengantisipasinya dengan memberikan obat yang tepat bagi asam urat.

Sponsors Link

Salah satu obat yang baik dan manjur untuk asam urat ialah air atau cairan yang terdapat pada lemon. Buah lemon sangat terkenal dalam menyelesaikan permasalahan asam urat yang sering diderita kebanyakan orang. Kegunaan dari lemon ini dapat Anda peroleh dari berbagai macam produk-produk olahan lemon, seperti air perasan jeruk lemon, jus lemon ataupun ekstrak lemon. Manfaat lemon untuk asam urat perlu Anda ketahui sehingga Anda bisa memperoleh kesehatan badan yang lebih baik lagi. Baca juga: Jus untuk Asam Urat.

Jutaan manfaat lemon untuk asam urat dapat Anda peroleh dimana saja dan kapan saja. Selain itu, pengobatan herbal ini tidak akan menimbulkan efek samping yang besar bagi diri Anda. Hal ini disebabkan oleh kandungan lemon yang alami sehingga Anda bisa memanfaatkan lemon dengan tenang. Adapun manfaat lemon untuk asam urat antara lain:

1. Menurunkan Kadar Lemak dan Kolesterol Tubuh

Kadar lemak dan kolesterol tubuh yang tinggi adalah penyebab timbulnya berbagai macam penyakit di dalam tubuh Anda. Jika Anda memiliki kadar lemak yang tinggi di dalam diri Anda maka Anda perlu mewaspadai kehadiran penyakit-penyakit berbahaya di dalam diri Anda. Penyakit-penyakit berbahaya yang dapat timbul karena timbunan lemak, antara lain penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi dan asam urat.

Kehadiran asam urat tentunya akan sangat dihindari oleh kebanyakan orang. Kehadiran asam urat sangat mengganggu kehidupan kebanyakan orang. Lemon merupakan salah satu obat herbal yang dapat mengatasi asam urat melalui degradasi kandungan lemak di dalam tubuh. Dengan mengonsumsi lemon dengan teratur maka sedikit demi sedikit kandungan lemak di dalam diri Anda akan terkikis. Hal ini tentunya akan mengurangi risiko kedatangan penyakit asam urat itu sendiri.

Baca juga: Perbedaan Asam Urat dan Rematik.

2. Pencegahan Radang Sendi (Artritis Reumatoid)

Studi yang dituliskan di dalam “Annals of the Rheumatic Diseases” menjelaskan bahwa makanan atau minuman yang mengandung banyak vitamin C memiliki potensi mengurangi dampak radang sendi pada tubuh manusia. Lemon merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Oleh sebab itu, dengan mengonsumsi lemon dengan jumlah yang cukup akan membuat Anda terhindar dari peradangan sendi akibat asam urat.

Peradangan sendi oleh karena asam urat dapat terjadi karena penumpukan zat purin di dalam tubuh. Penumpukan zat ini bersifat menekan dan menusuk celah-celah sendi sehingga Anda harus mewaspadai adanya kerusakan pada sendi saat terkena asam urat. Salah satu cara efektif untuk menghindari kerusakan atau radang sendi ini ialah dengan mengonsumsi kandungan aktif dari lemon.

Baca juga: Jenis Penyakit Asam Urat.

ads

3. Mencegah Inflamasi atau Pembengkakan akibat Asam Urat

Salah satu akibat asam urat yang dapat dialami oleh para penderitanya ialah inflamasi atau pembengkakan di area persendian yang terkena penumpukan zat purin. Inflamasi ini terjadi karena adanya peradangan akibat kerusakan jaringan di sekitar persendian. Anda akan mengalami rasa sakit yang luar biasa saat Anda mengalami inflamasi akibat asam urat ini.

Untuk mencegah dan mengobatinya, Anda dapat mengonsumsi obat anti inflamasi atau meminum perasan jeruk lemon. Lemon memiliki kandungan aktif yang dapat mempercepat penyembuhan luka atau penyakit. Hal ini dapat menurunkan tingkat inflamasi yang Anda alami akibat asam urat.

Baca juga: Pantangan Makanan bagi Penderita Asam Urat.

4. Menjaga Metabolisme Badan

Kedatangan penyakit di dalam diri manusia dapat disebabkan oleh adanya ketidakseimbangan metabolisme di dalam tubuh manusia. Ketidakseimbangan metabolisme ini akan menyebabkan ketidakseimbangan fungsi-fungsi tubuh pula. Oleh sebab itu, dengan mengonsumsi kandungan aktif lemon maka Anda akan mengalami pembaharuan sistem metabolisme tubuh yang akan membuat sistem tubuh Anda bekerja dengan normal kembali.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C di dalam buah lemon memiliki berbagai manfaat dan khasiat salah satunya ialah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah lemon dapat meningkatkan imunitas tubuh sehingga menghindarkan kedatangan atau kehadiran penyakit berbahaya, salah satunya ialah asam urat.

Baca juga: Khasiat Sidaguri untuk Asam Urat.

Pengolahan Buah Lemon Untuk Pengobatan Asam Urat

Buah lemon yang kaya akan kandungan bermanfaat bagi penderita asam urat harus diolah dengan benar sehingga manfaatnya bisa diperoleh dengan optimal. Pengolahan buah lemon menjadi obat atau minuman herbal dapat Anda lakukan dengan cara yang mudah. Anda hanya perlu mengolahnya menjadi makanan atau minuman sederhana namun memiliki manfaat yang beraneka ragam, termasuk manfaat untuk penyakit asam urat.

Pengolahan buah lemon untuk pengobatan asam urat kebanyakan dilakukan dengan cara mengambil cairan buah lemon dan diekstrak dengan air hangat. Lebih jelasnya, pengolahan buah lemon untuk asam urat adalah sebagai berikut:

  • Siapkan 1 atau 2 buah lemon segar dan potong masing-masing buah lemon ke dalam 2 bagian
  • Peras buah lemon tersebut hingga Anda memperoleh keseluruhan cairannya tanpa ada sisa
  • Selain diperas, Anda dapat merebusnya dengan air hangat sehingga Anda memperoleh ekstraknya
  • Tuangkan air perasan jeruk lemon atau ekstrak lemon ke dalam sebuah gelas dan tunggu hingga mendingin
  • Konsumsi air perasan buah lemon tersebut dengan teratur

Baca juga: Manfaat Daun Serai untuk Asam UratCara Mengobati Asam Urat dengan Daun Kelor.

Selain diolah menjadi air perasan yang dicampur dengan air hangat, buah lemon juga dapat diolah dengan cara dijadikan jus yang menyegarkan. Jus lemon adalah salah satu pilihan bagi Anda dalam mendapatkan obat herbal untuk mengatasi asam urat yang sangat mengganggu kehidupan Anda. Dengan mengonsumsi lemon dan olahan-olahannya Anda bisa menjadi lebih sehat. Selamat mencoba.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan