Sponsors Link

25 Manfaat Lobak Putih Untuk Asam Urat dan Kesehatan

Sponsors Link

Lobak putih merupakan jenis sayuran yang sudah sangat popular di masyarakat. Lobak putih memiliki bentuk hampir mirip dengan wortel. Lobak putih tidak hanya enak untuk diolah menjadi makanan, tapi memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaatnya adalah bisa mengatasi penyakit asam urat. Penyebab asam urat yang menyerang persendian ini adalah akibat dari penumpukan purin yang berasal dari luar tubuh. Tanda-tanda asam urat adalah nyeri pada bagian sendi hingga mengalami bengkak. Ini disebabkan karena penumpukan purin tersebut. Anda bisa mengatasi masalah ini dengan konsumsi lobak. Berikut adalah 25 manfaat lobak putih untuk asam urat dan kesehatan.

ads

Kandungan Pada Lobak Putih

Sebelum membahas mengenai manfaat lobak putih, sebaiknya Anda mengetahui beberapa kandungan yang ada pada lobak putih, diantaranya adalah:

  • Asam Folic
  • Kalsium
  • Zat besi
  • Vitamin A
  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Minyak Atsiri
  • Fosfor
  • Asam oksalat
  • Serat kasar
  • Beta Carotene
  • Niasin
  • Mangan
  • Kolin

Manfaat Lobak Putih Untuk Asam Urat

Berikut adalah beberapa manfaat lobak untuk penderita asam urat:

1. Bisa menyembuhkan batu ginjal asam urat

Penyakit asam urat bisa mengakibatkan timbulnya batu ginjal asam urat dalam kandung kemih. Batu ini merupakan hasil dari pengkristalan purin yang mengendap dalam ginjal. Lobak putih yang diolah menjadi jus akan sangat efektif mengatasi batu asam urat. Para ahli juga telah membuktikan bahwa lobak putih merupakan sayuran yang sangat manjur untuk mengatasi adanya gangguan pada ginjal salah satunya adalah batu ginjal asam urat.

2. Menurunkan berat badan

Lobak putih juga akan sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Tahukah Anda bahwa berat badan juga bisa memicu resiko terjadinya asam urat? Penumpukan lemak dan kolesterol terlalu berlebihan akan menghambat pada proses ekresi asam urat dalam ginjal. Dengan konsumsi lobak seseorang akan mudah untuk merasa kenyang, sehingga akan sangat efektif mengurangi asupan makanan yang terlalu berlebihan. Lobak putih memiliki kandungan air yang tinggi dan juga rendah kandungan karbohidrat nya.

3. Membantu mengeluarkan purin lewat urin

Lobak putih memiliki banyak sekali kandungan air nya sehingga akan membantu ginjal untuk mengerkresi kelebihan purin dalam tubuh. Sehingga lobak akan sangat membantu untuk proses pembuangan zat purin yang berlebihan dan tidak dibutuhkan oleh tubuh.

4. Menjaga kondisi tulang akibat peradangan

Asam urat jika sudah dalam tahap kondisi yang parah akan menyebabkan tulang mudah keropos terutama tulang disekitar persendian yang sering mengalami peradangan akibat asam urat. Lobak memiliki kandungan kalsium cukup tinggi sehingga bisa membantu untuk mengatasi adanya masalah pada tulang.

5. Mengurangi rasa nyeri sendi

Karena lobak bisa membantu mengeluarkan purin dalam tubuh lewat urin. Maka rasa nyeri akibat penumpukan zat asam urat dalam persendian sedikit demi sedikit akan berkurang jika mengkonsumsi lobak dengan rutin.

Manfaat Lobak Putih Untuk Kesehatan

Selain untuk asam urat, lobak putih juga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat lobak putih untuk kesehatan:

1. Mengobati jamur dalam tubuh

Mengkonsumsi lobak juga diyakini bisa mengatasi adanya jamur dalam tumbuh. Kandungan enzim distae, amylase, mirosinase dan juga esterase bisa bermanfaat untuk membunuh jamur yang berlebihan dalam tubuh

2. Mengobati penyakit liver

Konsumsi lobak putih menjadi makanan pendamping sehari-hari juga diyakini bisa meningkatkan fungsi liver menjadi lebih baik lagi. Loba putih akan membantu untuk melepaskan enzim yang akan menyebabkan terjadinya penyakit liver.

Sponsors Link

3. Megatasi penyakit kuning

Lobak putih juga diyakini bisa membantu untuk mengatasi adanya penyakit kuning. Kandungan zat yang ada dalam lobak akan menekan pada produksi bilirubin yang sangat berlebihan. Selanjutnya pembentukan sel darah merah yang terganggu karena penyakit kuning juga akan diperbaiki oleh lobak putih dengan cara mensuplai oksigen dari zat yang berasal dari lobak putih.

4. Mengatasi ambeien

Lobak putih bisa menjadi salah satu obat tradisional untuk mengatasi masalah ambeien. Kandungan lobak putih merupakan zat yang sangat mudah untuk dicerna. Kandungan dalam lobak akan sangat bermanfaat untuk menahan air dan mengatasi sembelit yang merupakan salah satu faktor timbulnya ambeien. Apabila sembelit sudah bisa diatasi, maka ambeien juga akan berangsur membaik. Konsumsi lobak putih bisa menjadi detoksifikasi yang cukup baik.

5. Mengatasi kangker

Manfaat lain lobak putih untuk kesehatan adalah bisa membantu untuk mengobati penyakit kangker. Kandungan vitamin C, asam folic dan juga anthocyanins bisa membantu untuk mengatasi adanya radikal bebas dalam tubuh, serta membantu secara efektif menyembuhkan kangker seperti kangker ginjal, kangker usus dan yang lainnya.

6. Membantu pembuangan urin

Secara alami lobak putih juga bisa membantu untuk memperbanyak produk air yang ada dalam tubuh, sehingga akan membantu untuk melancarkan masalah yang berhubungan dengan buang air kecil. Loba putih bisa sangat bermanfaat untuk mengatasi adanya peradangan yang bisa disebabkan ada masalah pada saluran urin.

7. Mengatasi leukoderma

Lobak putih mempunyai zat yang bersifat detoksifikasi dan juga anti karsinogenik yang bisa membantu untuk menyembuhkan leukoderma. Pada kondisi ini lobak akan sangat bermanfaat untuk mengatasi leukodorma. Biji lobak bisa Anda halus kan terlebih dahulu, kemudian campur kan cuka dan berikan pada kulit yang berwarna putih. Selain itu Anda juga bisa mengkonsumsi lobak putih untuk leukoderma secara langsung. Lobak akan membantu untuk mendetoksifikasi karena kandungan yang ada dalam lobak putih.

Sponsors Link

8. Mengatasi demam

Lobak putih juga bisa digunakan untuk meredakan demam. Kandungan dalam lobak putih diyakini bisa menurunkan suhu tubuh dan juga menyembuhkan adanya peradangan yang menjadi salah satu penyebab demam. Memanfaatkan lobak putih untuk mengatasi demam bisa dengan cara di jus dan juga dicampurkan garam secukupnya.

9. Mengatasi gigitan serangga

Lobak memiliki zat yang bersifat pruritis yang akan sangat bermanfaat untuk mengatasi gigitan akibat serang seperti tersengat tawon atau lebah. Lobak akan membantu untuk meredakan rasa nyeri akibat gigitan.

10. Sangat baik untuk kesehatan

Lobak putih bisa mengatasi adanya penyumbatan pada hidung, tenggorokan dan juga paru-paru. Terdapat banyak sekali kandungan vitamin dan zat desinfektan yang bisa melindungi sistem pernafasan serta infeksi yang akan menyerang.

11. Bisa mengatasi eksim

Eksim juga bisa diatasi dengan lobak putih. Anda tinggal menghaluskan lobak putih, kemudian mencarmpur nya dengan sari jahe dan bisa diminum langsung.

12. Bisa menjadi penawar racun

Lobak putih juga bisa menjadi salah satu penawar racun, seperti karena terkenan overdosis dan yang lainnya.

13. Mengatasi kulit berjerawat

Lobak putih juga sangat bermanfaat untuk menghilangkan adanya jerawat pada kulit  wajah karena mempunyai kandungan gizi seperti vitamin C, B, fosfor dan zinc yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan air pada lobak putih juga bisa membantu untuk melembab kan dan menyehatkan kulit. Anda bisa menghalus kan lobak putih kemudian menjadikan masker wajah dari lobak.

ads

14. Menyehatkan rambut

Lobak putih juga sangat bermanfaat untuk mengatasi adanya masalah pada rambut, seperti rontok, berketombe atau berminyak. Kandungan yang ada dalam lobak putih diyakini bisa mencegah keluar nyan sebum dengan berlebihan sehingga produksi minyak pada rambut bisa semakin berkurang.

15. Menyehatkan tulang

Lobak putih merupakan sayuran yang kaya akan fosfor dan kalium nya. Kedua mineral ini sangat bermanfaat unyuk bisa membentuk struktur tulang menjadi lebih kuat dan lebih sehat. Sehingga akan menghindari adanya pengeroposan pada tulang.

16. Membantu pertumbuhan gigi

Lobak juga bisa membantu masa pertumbuhan anak. Jika konsumsi jus lobak dengan rutin maka akan membantu untuk menumbuhkan gigi pada anak.

17. Bermanfaat untuk keringat

Lobak putih mempunyai sifat diaforetik yang akan menyebabkan keringat mudah luruh dan akan keluar melalui pori-pori. Kotoran dan racun juga akan keluar bersama keringat sehingga tubuh akan tetap dalam keadaan sehat.

18. Mencegah dehidrasi

Lobak putih adalah sayuran yang kaya akan kandungan air nya. Sama seperti halnya pada buah semangka, lobak bisa mengatasi kurangnya cairan dalam tubuh. Anda bisa mengkonsumsi lobak dalam bentuk jus.

19. Menjaga kesehatan jantung

Vitamin C yang ada pada lobak akan meningkatkan sistem imun dalam tubuh, selain itu juga bisa memberikan efek sangat besar pada tubuh. Lobak putih akan membantu proses metabolisme dan akan mengubah lemak serta energy yang bisa digunakan yang merupakan salah satu pembentuk utama untuk menghasilkan kolagen, yaitu salah satu protein yang dinilai sangat penting untuk menguatkan pembuluh darah serta mengurangi plak yang biasa menempel pada arteri pembuluh darah jantung, karena pada dasarnya penyakit jantung bisa menyebabkan plak melakukan pemblokiran pada aliran darah.

20. Mencegah osteoporosis

Osteoporosis adalah penyakit tulang yang biasanya di derita oleh orang tua. Dengan mengkonsumsi lobak, Anda bisa mencegah terjadinya osteoporosis pada tulang.

Itulah pembahasan mengenai 25 manfaat lobak putih untuk asam urat dan kesehatan yang dapat Anda ketahui. Anda bisa menjadikan lobak sebagai menu sayuran pendamping sehari-hari, atau menjadikannya jus yang menyegarkan agar bisa dikonsumsi. Atau Anda juga bisa membuat masker untuk wajah dari lobak agar menjaga kesehatan kulit wajah.

Lobak juga bisa menjadi salah satu menu diet rendah purin bagi penderita asam urat, karena lobak putih merupakan sayuran yang sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar purin dalam tubuh. Oleh sebab itu, Anda bisa membuat menu mingguan dengan memasukan lobak sebagai salah satu bahan utamanya. Untuk bisa menurunkan kadar asam urat dalam tubuh Anda juga sebaiknya menghindari minuman penyebab asam urat seperti Alkohol dan soda agar peningkatan purin dalam tubuh tidak terlalu berlebihan.

 

, ,
Oleh :
Kategori : Sayuran