Sponsors Link

20 Manfaat Nanas Untuk Asam Urat dan Kesehatan

Sponsors Link

Nanas merupakan salah satu jenis buah-buahan yang berwarna kuning dan memiliki rasa asa. Saat masih mentah, kulit nanas akan berwarna hijau. Nanas juga merupakan salah satu jenis buah yang bisa menyembuhkan beberapa penyakit salah satunya adalah penyakit asam urat. Penyakit yang biasanya menyerang persendian dan menyebabkan kadar asam dalam tubuh menjadi naik akan asupan purin dari luar tubuh yang terlalu berlebihan. Tanda-tanda asam urat bagi penderita bisa diawali dengan adanya rasa nyeri pada bagian sendi terutama pada jempol kaki. Untuk mengobati asam urat Anda bisa coba mengkonsumsi nanas sebagai salah satu obat herbal untuk asam urat atau obat alami dengan penyembuhan yang bertahap. Berikut adalah pembahasan mengenai 20 manfaat nanas untuk asam urat dan kesehatan.

ads

Kandungan Buah Nanas

Seperti buah pada umumnya, nanas juga memiliki beberapa kandungan yang bisa bermanfaat untuk meringankan beberapa penyakit dan salah satunya asam urat. Berikut adalah daftar kandungan yang ada pada buah nanas:

1. Vitamin C

Nanas merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin C atau disebut juga dengan nama asam akorbat. Vitamin ini sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk bisa menghasilkan zat kolagen, yaitu zat yang bisa menjaga kesehatan dan juga memperbaiki tulang rawan, kulit, gigi dan juga tulang. Fungsi utama dari vitamin C adalah untuk mengobati dan juga mencegah adanya luka, memelihara jaringan tubuh, dan juga melindungi sel tubuh.

2. Mineral

Mineral merupakan salah satu zat gizi yang sangat dibutuhkan manusia untuk proses perkembangan dan juga pertumbuhan tubuh.

3. Zat Besi

Zat besi merupakan zat yang ada dalam tubuh dan sangat erat kaitannya dengan jumlah darah yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Pada tubuh manusia, zat besi sangat bermanfaat untuk bisa mengangkut oksigen dari paru-paru menuju jaringan dan juga bisa membentuk energy pada sel.

4. Fosfor

Kandungan yang ada pada buah nanas selanjutnya adalah fosfor. Kandungan ini bisa membantu proses pencernaan, dan juga memberikan energy.

5. Kalsium

Nanas juga memiliki kandungan kalsium yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menyehatkan keadaan tulang.

6. Natrium

Kandungan selanjutnya adalah natrium, salah satu zat yang dapat mengatur keseimbangan cairan yang ada dalam tubuh manusia.

7. Bromelain

Bromelain merupakan enzim yang bisa mencerna protein dengan sangat baik. Bromelain pada buah nanas biasanya ada pada bagian batangnya.

Manfaat Buah Nanas Untuk Asam Urat

Berikut adalah beberapa manfaat pada buah nanas untuk penyakit asam urat yang bisa Anda ketahui:

1. Menghambat peningkatan kadar asam urat

Manfaat nanas yang pertama untuk asam urat adalah bisa menghambat adanya kadar asam urat terlalu berlebihan dalam tubuh. Kandungan bromelain yang cukup tinggi bisa membantu menghambat protein penyebab asam urat menjadi tinggi.

2. Mencegah peradangan

Buah nanas juga dinilai sangat efektif bisa mencegah terjadinya peradangan yang diakibatkan penumpukan asam urat pada sendi. Kandungan bromelain yang bersifat antiflamasi bisa mencegah radang dengan bertahap. Oleh sebab itu konsumsi nanas untuk pengobatan alternative asam urat akan menjadi sangat baik.

3. Mencegah terjadinya radikal bebas

Vitamin C yang adalah dalam nanas bisa membantu untuk mencegah terjadi radikal bebas dalam tubuh yang akan mengakibatkan berbagai penyakit termasuk salah satunya adalah asam urat.

4. Mengurangi nyeri pada sendi

Buah nanas juga dinilai bisa membantu untuk mengurangi adanya rasa nyeri pada persendian akibat penumpukan kristal asam urat di sela-sela sendi. Rasa nyeri akan berkurang secara bertahap jika Anda mengkonsumsi nanas dengan rutin.

Sponsors Link

5. Menguatkan tulang

Asam urat sangat berhubungan sekali dengan kesehatan sendi dan tulang, pertumbuhan tulang akan menjadi terganggu karena adanya zat asam urat dalam darah. Nanas memiliki kandungan kalsium yang akan membantu untuk menguatkan tulang agar tidak mudah rusak.

6. Membantu menyerap purin dengan baik

Penumpukan purin dalam tubuh adalah salah satu penyebab asam urat yang paling utama. Jika kadar purin tidak segera diturunkan maka akan sangat berbahaya. Oleh sebab itu dengan mengkonsumsi nanas untuk asam urat maka akan membantu untuk menyerap kelebihan purin dalam tubuh.

7. Mencegah terjadi pembengkakan

Pembengkakan biasanya disebabkan karena penumpukan sudah sangat tinggi dan asam urat sudah menumpuk pada 1 titik. Nanas bisa mencegah adanya pembengkakan karena dengan bertahap nanas bisa mengurangi kelebihan purin dalam tubuh yang akan berpengaruh pada pembengkakan.

8. Membantu urin mengeluarkan asam urat

Urin adalah salah satu jalan keluar untuk membuang purin yang berlebihan. Nanas bisa membantu penyerapan purin dan juga mengeluarkannya lewat urin. Kandungan pada buah nanas akan membantu kerja ginjal agar bisa bekerja dengan baik.

9. Mengurangi penumpukan purin

Sifat nanas yang dapat menyerap protein penyebab asam urat tentu akan mengurangi adanya penumpukan asam urat yang terlalu berlebihan sehingga gejala asam urat pada kaki dan pada bagian tubuh lainnya bisa berkurang.

10. Mengurangi gejala asam urat dengan bertahap

Jika Anda mengkonsumsi nanas dengan rutin. Gejala asam urat yang menyerang tubuh secara bertahap akan semakin berkurang dan akan semakin membantu tubuh Anda untuk kembali sehat.

Sponsors Link

Cara Pengolahan Buah Nanas Untuk Asam Urat

Untuk mengolah nanas menjadi obat asam urat sangatlah mudah. Anda bisa memakan langsung buah nanas sebagai salah satu cemilan di siang atau malam hari. Anda juga bisa menjadi nanas sebagai jus, akan sangat segar jika dikonsumsi pada pagi hari. Atau jika Anda sangat menyukai rujak, Anda bisa membuat rujak dan salah satu buahnya adalah nanas, Anda juga bisa menambahkan buah untuk penyakit asam urat dan dinilai mampu meringankan gejalanya secara bertahap seperti pada buah nanas. Anda bisa mengkonsumsi nanas dengan rutin agar bisa mengurangi gejala asam urat dengan cepat dan bertahap.

Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan

Selain dapat mengobati penyakit asam urat, nanas juga memiliki manfaat untuk kesehatan lainnya, seperti:

1. Pencegahan adanya degenerasi macula

Degenerasi macula merupakan kondisi orang dewasa yang akan mengalami masalah pada penglihatannya. Gangguan ini akan mengakibatkan orang tua akan sulit membaca dan juga mengenali sesuatu dengan benar.

2. Meningkatkan sistem imun pada tubuh

Kandungan vitamin C yang ada dalam nanas dinilai mampu untuk menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh karena memiliki efek antioksidan yang cukup tinggi. Zat amino dalam nanas juga akan membantu peningkatan kekebalan tubuh dan menjaga energi yang ada dalam tubuh agar tidak mudah merasa lelah.

3. Menyehatkan sistem pencernaan

Seperti banyak buah dan sayuran lainnya, kandungan yang ada dalam nanas yaitu serat juga sangat penting untuk menjaga kesehatan usus dengan sangat baik. Kandungan bromelain pada nanas juga bisa membantu pemecehan protein sehingga kondisi pencernaan akan semakin membaik.

4. Mencegah terjadinya hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah hal yang bisa membuat buruk kesehatan, sehingga banyak orang yang berusaha untuk menurunkan nya agar bisa kembali stabil. Salah satu buah yang bisa membantu stabil kembali tekanan darah adalah nanas. Jumlah kalium yang cukup tinggi terdapat dalam buah nanas bisa membantu untuk menjaga tekanan darah menjadi normal.

5. Meredakan rasa mual

Mengolah nanas menjadi jus juga bisa meredakan rasa mual, ini sangat efektif untuk mengatasi morning sickness yang biasa terjadi pada ibu hamil. Jus nanas juga bisa membantu Anda mengurangi mabuk karena melakukan perjalanan dan berkendara dengan cukup jauh.

ads

6. Menjaga kulit agar tetap elastis

Nanas juga akan memberikan dukungan pada sistesis kolagen yang ada dalam tubuh. Jika semakin tinggi tingkat sintesi kolagen nya maka akan membuat keadaan kulit menjadi sangat elastis. Selain itu, kandungan lain yang ada dalam nanas seperti asam amino dan juga vitamin C bisa mempengaruhi sel dan jaringan yang mengalami kerusakan sehingga akan bisa diperbaiki dengan cepat. Anda juga bisa menjadikan nanas sebagai masker pada wajah dengan cara memblender nya kemudian dioleskan pada wajah, setelahnya bisa cuci menggunakan air hangat.

7. Memperbaiki kulit pada kaki

Nanas juga bisa menjadi scrub buatan alami yang bisa membantu untuk meluruhkan kulit kaki yang bersisik, kulit kapalan dan juga bisa mengembalikan keadaan kulitnya menjadi lembut dan halus. Nanas juga bisa mencegah adanya bengkak dan radang pada kulit yang dipicu karena keadaan kulit pecah-pecah.

8. Melembabkan kulit

Kandungan vitamin yang ada dalam buah nanas sama hal nya seperti buah semangka dan juga buah mentimun. Yaitu bisa mengatasi kekurangan cairan yang terjadi pada kulit dan juga tubuh. Kulit yang terlihat kering dan kusam akan sangat terlihat tidak menarik. Sehingga mengkonsumsi nanas bisa memberikan efek hidrasi pada kulit. Anda bisa membuat masker nanas dengan cara menghaluskan nya, kemudian campurkan dengan kuning telur dan susu. Setelah itu Anda bisa mengoleskan pada bagian kulit yang terasa kering, diamkan hingga 30 menit, lalu bersihkan menggunakan air hangat.

9. Membuat bibir menjadi sehat

Apabila buah nanas yang Anda gunakan dicampurkan dengan minyak kelap maka akan membantu mengatasi kondisi bibir pecah-pecah. Nanas dan minyak kelapa akan memberikan sifat gizi dan menyebuhkan bibir pecah dan melunakkan kondisi bibir menjadi sangat lembab.

10. Melembutkan dan menguatkan kuku

Kekurangan asupan vitamin A bisa menyebabkan rapuhnya keadaan kuku seseorang. Namun kondisi tersebut akan semakin parah jika kekurangan vitamin B sehingga akan mengakibatkan keadaan kuku menjadi terbelah dan retak. Anda tidak perlu mengkonsumsi multivitamin untuk pencegahan kondisi ini, karena Anda bisa mengatasinya dengan buah nanas. Mengkonsumsi nanas dengan teratur akan membantu Anda menjaga kesehatan kuku dengan sangat baik.

Itulah pembahasan mengenai 20 manfaat nanas untuk asam urat dan kesehatan. Sama hal nya dengan nanas, manfaat pare untuk asam urat dan manfaat kolang kaling untuk asam urat juga akan sangat membantu penurunan kadar asam urat dan gejala asam urat pada tubuh dengan sangat alami.

, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal, Pengobatan