Sponsors Link

Manfaat Okra Untuk Asam Urat dan Cara Pengolahannya

Sponsors Link

Okra atau yang dikenal dengan nama lain ladyfingers, adalah salah satu tanaman yang bisa digunakan sebagai obat herbal untuk asam urat. Dengan mengkonsumsi okra, Anda dapat menurunkan kadar asam urat secara bertahap. Berikut adalah ulasan mengenai manfaat okra untuk asam urat dan cara pengolahan nya. Sebelum membahas manfaat okra, sebaiknya Anda mengetahui kandungan yang terdapat pada tanaman okra.

ads

Kandungan Nutris Pada Tanaman Okra

Setiap tanaman yang diyakini mempunyai manfaat untuk kesehatan, tentu saja memiliki kandungan yang sangat baik. Itu sebabnya okra diyakini dapat mengobati asam urat. Berikut adalah beberapa kandungan yang terdapat dalam tanaman okra:

  1. Air, tanaman okra memiliki banyak sekali kandungan air yang baik untuk menjaga kesehatan sendi dan otot.
  2. Protein, protein dalam okra memiliki manfaat tidak langsung untuk asam urat, yaitu menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit.
  3. Karbohidrat, meskipun tidak banyak jumlahnya, okra yang dikonsumsi pun dapat menyumbangkan kebutuhan karbohidrat dalam tubuh.
  4. Fosfor, zat mineral lain yang bermanfaat untuk tubuh dari okra adalah fosfor. Kandungan fosfor ini penting untuk menjaga sendi dan otot pun tetap kuat.
  5. Kalium, kalium merupakan kandungan okra yang juga sangat dibutuhkan agar sendi dan otot tetap sehat.

Manfaat Tanaman Okra Untuk Asam Urat

Berikut adalah beberapa manfaat tanaman okra untuk pengobatan alami asam urat:

  • Meningkatkan fungsi ginjal untuk penyerapan asam urat berlebih

Okra adalah tanaman yang sangat bermanfaat untuk bisa meningkatkan fungsi dan kerja ginjal agar dapat menyerap kadar asam urat berlebihan dengan baik. Karena jika fungsi ginjal terganggu dan tidak bisa menyerap kadar asam urat dalam tubuh yang terlalu berlebihan, maka akibatnya kelebihan tersebut akan masuk pada bagian sendi dan menyebabkan adanya rasa nyeri.

  • Mengurangi rasa nyeri pada persendian

Tanaman okra juga diyakini dapat mengurangi adanya rasa nyeri pada persendian karena kandungan dinilai cukup efektif menjadi obat. Jika Anda dengan rutin mengkonsumsi tanaman okra, maka dengan perlahan rasa nyeri akan hilang dengan sendiri nya.

  • Untuk memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh

Jika tubuh menerima asupan serat dengan baik, maka akan membantu proses penyerapan kandungan makanan yang sudah Anda konsumsi. Sehingga jika kebutuhan serat sudah terpenuhi, kadar asam urat dalam tubuh bisa diserap oleh ginjal dengan baik.

  • Mencegah asam urat kambuh dan meningkat

Tanaman okra juga dinilai mampu mencegah kambuh atau kembalinya penyakit asam urat. Ini berhubungan dengan manfaat okra seperti meredakan nyeri persendian, menyerap asam urat berlebihan sehingga jika dikonsumsi secara rutin akan mencegah kambuh penyakit asam urat.

Mengolah Okra Menjadi Obat Asam Urat

Beberapa produk herbal dengan bahan dasar tanaman okra sebenarnya sudah dapat Anda temui di toko obat tradisional. Namun Anda juga bisa mengolah tanaman okra sendiri di rumah jika memang diinginkan. Berikut adalah cara mengolah okra menjadi obat herbal untuk asam urat:

  1. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan tanaman okra. Siapkan 4-5 tanaman okra untuk 1 kali konsumsi.
  2. Selanjutnya Anda dapat memotong tanaman okra menjadi beberapa bagian kecil agar mempermudah untuk mengolahnya.
  3. Rendam okra yang sudah dipotong kecil-kecil. Biasanya untuk 5 tanaman okra akan membutuhkan 2 gelas air.
  4. Masukan air rendaman tanaman okra kedalam kulkas atau pendingin. Anda bisa menyimpan dalam kulkas selama 3 jam.
    Sponsors Link

  5. Setelah 3 jam, Anda bisa mengeluarkan okra dalam kulkas. Ai rendaman tersebut akan berubah menjadi seperti lendir.
  6. Selanjutnya Anda harus menyaring ampas tanaman okra. Pisahkan ampas dengan airnya agar dapat dikonsumsi. Anda bisa menggunakan penyaring yang agak besar agar ampas nya benar-benar terbuang.
  7. Selesai, Anda bisa mengkonsumsi air okra. Tekstur nya akan sedikit berlendir, namun sangat berkhasiat. Sehingga anggap saja kalau Anda sedang mengkonsumsi lidah buaya.

Itulah manfaat okra untuk asam urat dan cara pengolahan nya, Anda bisa mengkonsumsi okra dengan rutin agar asam urat dalam tubuh bisa turun. Agar pengobatannya lebih efektif, sebaiknya Anda mengimbangi konsumsi okra dengan melakukan diet rendah purin dan mengkonsumsi makanan rendah purin. Dengan begitu, kadar asam urat dalam tubuh tidak akan mengalami peningkatan secara terus-menenerus dan pengobatan alami menggunakan okra bisa sangat efektif menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Anda juga bisa mulai mengurangi mengkonsumsi minuman penyebab asam urat dan menggantinya dengan air putih agar kadar asam urat dapat berkurang dengan cepat,

, ,



Oleh :
Kategori : Herbal, Pengobatan