Sponsors Link

Manfaat Olahraga Bagi Penderita Asam Urat dan Olahraga Yang Disarankan

Sponsors Link

Penyakit asam urat adalah penyakit yang biasa menyerang persendian. Penyebabnya adalah asupan purin dari makanan dan minuman penyebab asam urat. Namun pemicu lainnya sangat beragam bisa karena faktor usia atau karena kegemukan. Ya, kegemukan bisa menjadi salah satu faktor penyebab lainnya, seorang yang memiliki berat badan lebih dari batas normal akan mengganggu pada metabolisme purin dalam tubuh. Lalu apa yang menyebabkan orang mengalami kegemukan? Tentu saja karena asupan makanan yang tidak diatur dan juga tidak pernah melakukan aktivitas pembakaran lemak yaitu olahraga. Berikut ini adalah manfaat olahraga bagi penderita asam urat dan olahraga yang disarankan.

ads

Jenis Olahraga Disarankan Untuk Penderita Asam Urat

1. Jalan santai

Jalan santai atau jalan kaki adalah salah satu olahraga paling sederhana. Namun sebaiknya Anda jangan menyepelekan nya. Karena cukup banyak manfaat yang didapatkan dari olahraga ini. Jika Anda ingin menurunkan asam urat dan membakar lemak secara alami Anda bisa coba berjalan kaki setiap minggu dengan rutin dan konsisten. Tidak hanya untuk asam urat, berjalan santai juga sangat direkomendasikan untuk Anda yang memiliki obesotas, osteoporosis, demen demensia dan keluhan lainnya. Lakukan jalan santai rutin setiap minggu 150 menit-30 menit untuk menjaga kesehatan Anda.

2. Bersepeda

Olahraga yang disarankan selanjutnya adalah bersepeda. Dengan bersepeda Anda bisa mengatasi berat bada dan juga asam urat secara bersamaan. Bagi Anda yang mempunyai hobi bersepeda, tentu saja sangat baik. Bersepeda akan menguatkan persendian Anda. Anda bisa melakukan aktivitas bersepeda dengan santai dan tidak terburu-buru. Lakukan dengan rutin, jika tidak bisa setiap hari, Anda bisa melakukannya tiap minggu.

3. Yoga

Setelah bersepeda, Anda juga bisa melakukan yoga. Olahraga untuk menurunkan asam urat yang menitik beratkan pada pernapasan ini sangat baik untuk Anda yang memiliki asam urat. Anda bisa merelaksasikan tubuh dengan menggerakkan tubuh sesuai dengan gerakan yoga yang disarankan. Dengan melakukan yoga maka otot dan juga sendi Anda akan berfungsi dengan baik. Peredaran darah dalam tubuh pun menjadi lancar, jika Anda memiliki berat badan berlebihan yoga juga sangat cocok untuk dilakukan sebagai olahraga pilihan.

4. Berenang

Setelah yoga ada lagi olahraga pernapasan lainnya yang bisa dilakukan di air. Apa lagi kalau bukan berenang. Renang bukan hanya sekedar olahraga yang bisa meninggikan badan namun juga bisa menggerakkan seluruh tubuh Anda agar fisik khususnya bagian sendi menjadi lebih baik lagi, kemudian pernapasan Anda pun menjadi terlatih. Sehingga berenang bukan hanya aktivitas untuk bersenang-senang saja tapi juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Saat asam urat terjadi maka bagian persendian dan juga otot akan terasa sangat kaku, namun dengan berenang Anda benar-benar akan menggerakkan persendian sehingga tidak akan terjadi kekakuan.

5. Senam ergonomik

Senam ergonomik untuk asam urat Apa itu? Mungkin sebagian dari Anda baru mengetahui senam ergonomik karena memang gerakan ini belum terlalu populer namun memberikan manfaat yang baik untuk asak urat dan kesehatan. Senam ini merupakan senam yang gerakannya diadaptasi dari gerakan shalat umat muslim. Gerakan seperti berdiri, duduk, sujud dan membungkuk. Sederhana sekali namun sangat bermanfaat karena titik-titik senam menjadi salah satu patokan untuk menyehatkan tubuh.

Saat Anda akan berolahraga tidak perlu untuk membebani tubuh dengan berat hingga Anda benar-benar kelelahan. Asalkan dilakukan dengan rutin dan menggerakkan seluruh tubuh dengan baik maka Anda sudah bisa mendapatkan hasil dan manfaatnya. Lakukan olahraga yang disarankan di atas dengan diimbangi oleh pola hidup yang sehat. Apalagi jika Anda memiliki asam urat tinggi, sebaiknya diimbangi dengan melakukan diet rendah purin dan menghindari makanan mengandung purin yang berlebihan.

Sponsors Link

Itulah manfaat olahraga bagi penderita asam urat dan olahraga yang disarankan untuk bisa dilakukan sehari-hari dengan aman. Khusus untuk yoga Anda bisa mencari kelas khusus yang di bimbing langsung oleh instruktur ahli agar olahraga yoga Anda bisa berjalan dengan baik.

Sudah jelas bukan? Manfaat olahraga untuk asam urat secara langsung akan mempengaruhi kinerja sendi dan menguatkan kembali persendian selain itu juga bisa mengeluarkan purin secara tidak langsung. Sedangkan yang memiliki masalah obesitas plus asam urat ia akan mengurangi berat badannya dengan bertahap, sehingga aktivitas olahraga sangat membantu. Kapan Anda bisa berolahraga? Tentu saja kapan saja, jika Anda ingin berjalan santai saat pulang kerja juga tidak masalah. Atau Anda ingin melakukan senam saat bangun tidur juga tidak masalah. Sempat kan waktu Anda untuk kesehatan tubuh.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan