Sponsors Link

Manfaat Rendaman Air Garam Untuk Kaki dan Kesehatan

Sponsors Link

Pernahkah Anda mencoba untuk merendam kaki dengan air hangat yang dicampur garam? Jika belum, sebaiknya Anda mencobanya. Merendam kaki dengan air garam ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan. Apalagi jika Anda memiliki asam urat, merendam kaki menggunakan air garam bisa menjadi salah satu cara untuk meringankan gejalanya. Berikut adalah ulasan mengenai manfaat rendaman air garam untuk kaki dan kesehatan.

ads

Merendam air garam untuk penyakit asam urat

Asam urat adalah penyakit yang menyerang persendian. Penyakit ini bisa Anda sembuhkan dengan alami, yaitu dengan cara menyembuhkan asam urat tanpa obat dan memanfaatkan garam dapur untuk meringankan gejalanya.

Pengobatan asam urat dengan garam bisa menggunakan garam epsom. Garam jenis epsom dapat membantu tubuh Anda menjadi lebih santai dan juga tidak terlalu mengalami sakit disebabkan keadaan asam urat yang tinggi. Selain itu, garam epsom juga mengandung magnesium yang dapat membantu untuk mengendalikan kerja jantung serta mencegah adanya tekanan darah terlalu tinggi. Anda bisa merendam kaki atau seluruh tubuh dengan air hangat yang dicampurkan garam epsom.

Cara meringankan asam urat dengan garam epsom:

  • Campurkanlah 200 gram epsom kedalam air yang akan digunakan untuk berendam.
  • Tunggu beberapa saat hingga air menjadi sedikit dingin.
  • Anda bisa berendam 1 minggu sekali, namun jika kadar asam uratnya sangat tinggi, Anda bisa melakukan 2 kali dalam 1 minggu.

Agar bisa semakin membantu untuk menurunkan kadar asam urat, Anda juga bisa melakukan pencegahan asam urat dengan diet rendah purin dan menghindari pantangan makanan bagi penderita asam urat.

Manfaat air garam untuk kaki

Selain untuk asam urat, air garam juga bisa bermanfaat untuk meringankan beberapa permasalahan pada kaki

1. Agar bisa menghilangkan bau kaki

Saat Anda melepas sepatu, bisa saja ada bau yang tidak sedap dan berasal dari kaki Anda. Keadaan ini tentunya akan sangat mengganggu, apalagi saat Anda berada di tempat umum. Orang-orang disekitar kemungkinan akan terganggu dengan bau tersebut. Jika Anda mengalami masalah seperti ini, Anda bisa coba merendam kaki menggunakan air garam. Dengan cara ini bakteri yang pada kaki bisa menghilang sehingga mencegah adanya bau kaki.

2. Mengatasi kulit kaki yang kasar dan pecah-pecah

Anda juga bisa memanfaatkan rendaman air garam untuk mengangkat kulit mati yang menyebabkan kasar dan pecah-pecah. Rendaman air garam ini dapat memberikan efek segar pada kulit kaki. Sebagai tambahan nya, Anda bisa menambahkan 2-3 tetes minyak zaitun pada air garam. Minyak zaitun akan membantu untuk menghaluskan kulit kaki.

3. Mengatasi flu, meriang dan juga batuk

Selain dapat mengatasi masalah pada kaki, dengan merendam kaki pada air garam juga bisa mengatasi flu, meriang disertai dengan batuk. Dengan merendam kaki, Anda dapat mengeluarkan keringat, sehingga membuat tubuh menjadi lebih segar.

4. Untuk melakukan relaksasi

Manfaat air garam pada kaki selanjutnya adalah untuk bisa memberikan efek relaksasi. Anda bisa merendam kaki selama 15-20 menit agar tubuh benar-benar terasa nyaman dan rileks.

5. Melancarkan sirkulasi darah

Rendaman air garam pada kaki juga sangat bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi pada darah. Tidak hanya air garam, jika Anda menggunakan air hangat biasa juga cukup bisa membantu pada sirkulasi darah.

6. Menghilangkan adanya bakteri dan kuman yang bersarang di kaki

Merendam kaki dengan air garam juga bisa menghilangkan bakteri dan kuman yang akan menyebabkan kaki bau, kasar dan yang lainnya. Anda bisa merendam kaki rutin minimal 3 kali dalam seminggu dalam waktu 15-20 menit.

Berikut adalah langkah merendam kaki menggunakan air garam:

  1. Siapkanlah air hangat yang sudah dicampurkan dengan garam secukupnya dalam baskom.
  2. Agar bisa memberikan efek wangi pada kaki, Anda bisa menambahkan bunga mawar atau bunga lainnya.
  3. Untuk menghilangkan bakteri pada kaki, Anda bisa merendam kaki selama 15-20 menit.
  4. Gosok lah bagi tumit menggunakan sikat khusus kaki.
  5. Setelah selesai Anda bisa membilas nya dengan air hangat, kemudian keringkan dengan handuk atau lap khusus kaki.
  6. Agar semakin melancarkan peredaran darah, Anda bisa memijat telapak kaki setelah kering.

Manfaat air garam untuk kesehatan

Air garam juga bisa dimanfaatkan untuk beberapa permasalahan kesehatan lainnya, seperti:

  • Membuat tubuh nyaman

Selain merendam kaki, Anda juga bisa mandi dengan air garam setelah melakukan aktivitas seharian. Manfaat mandi air garam dpat membuat otot yang kaki menjadi lemas, melancarkan peredaran darah dalam tubuh, merelaksasikan tubuh, mengatasi rasa pegal, mengatsi bau badan akibat keringat, menghilangkan iritasi dan membuat Anda bisa beristirahat dengan nyenyak

Sponsors Link

  • Menghilangkan masalah mulut

Dengan berkumur menggunakan air garam Anda juga bisa menghilangkan masalah mulut seperti sakit tenggorokan, bau mulut dan sakit gigi. Anda bisa berkumur dalam waktu 5 menit untuk meringankan sakit gigi dan tenggorokan. Sedangkan untuk menghilangkan bau mulut, Anda bisa berkumur rutin 3-5 menit dalam sehari.

  • Scrub untuk kesehatan wajah

Untuk mengangkat sel kulit mati dan juga membuat kulit menjadi halus dan sehat, Anda bisa membuat scrub dari minyak zaitun, minyak wijen ½ cangkir, kemudian campur kan dengan air garam. Ini adalah scrub alami yang dinilai sangat efektif untuk menyehatkan kulit Anda.

Itulah manfaat rendaman air garam untuk kaki dan kesehatan yang dapat Anda ketahui. Anda bisa berendam air garam saat sedang istirahat atau bersantai di rumah.

, ,



Oleh :
Kategori : Herbal