Sponsors Link

5 Manfaat Sambiloto untuk Asam Urat dan Cara Mengolahnya

Sponsors Link

Asam urat merupakan sebuah penyakit yang sangat dihindari oleh banyak orang. Penyakit ini begitu menyiksa penderitanya karena akan menimbulkan rasa nyeri yang begitu luar biasa di tubuh. Rasa nyeri ini disebabkan oleh tekanan atau ikatan zat purin yang merupakan penyebab asam urat. Zat purin ini menekan dan menusuk bagian persendian manusia sehingga menimbulkan rasa nyeri yang begitu tak tertahankan.

ads

Kehadiran zat purin di dalam tubuh manusia ini diawali dari tumpukan lemak atau kolesterol jahat yang bertransformasi menjadi zat purin. Lemak atau kolesterol ini menumbuhkan zat purin yang mengakibatkan asam urat. Oleh sebab itu, pengobatan asam urat sangat berfokus pada metode atau langkah menghancurkan ikatan-ikatan lemak tersebut. Dengan menghancurkan ikatan lemak maka kadar zat purin di dalam tubuh akan berkurang.

Baca juga:

Banyak sekali pengobatan bagi penyakit asam urat. Pengobatan-pengobatan bagi penyakit ini terbagi atas pengobatan secara medis dan pengobatan secara tradisional (herbal). Belakangan ini, pengobatan herbal lebih cenderung dipilih oleh masyarakat karena pengobatan ini memiliki efek samping yang rendah bagi tubuh manusia dibanding dengan efek samping pengobatan medis. Selain itu, obat herbal juga dinilai lebih terjangkau untuk dibeli.

Salah satu pengobatan asam urat menggunakan metode pengobatan herbal ini ialah pengobatan menggunakan sambiloto. Sambiloto merupakan sebuah tumbuhan yang berguna mengurangi kadar asam urat di dalam tubuh manusia. Manfaat sambiloto untuk asam urat ini masih terus dikembangkan oleh ilmuwan sehingga kegunaannya benar-benar dapat dioptimalkan.

Kandungan Sambiloto yang Beraneka Ragam

Sambiloto (Andrographis paniculata) merupakan tanaman herbal yang berasal dari India. Tanaman ini telah tersebar ke berbagai belahan dunia terutama pada daerah tropis. Sambiloto dapat tumbuh di dataran rendah hingga dataran dengan ketinggian 700 meter. Tanaman ini tumbuh dengan tinggi sekitar 1 meter. Tanaman ini mengandung banyak kandungan berkhasiat terutama pada bagian daunnya.

Kandungan alami sambiloto dapat ditemukan di beberapa bagian tanaman tersebut. Sambiloto memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi di dalamnya. Kandungan kalium ini berguna untuk menggempur kadar gula darah di dalam tubuh dan menurunkan tekanan darah. Selain kalium, sambiloto juga memiliki kandungan lain yaitu zat alkene, keton, kalsium dan natrium. Kandungan-kandungan ini secara bersama-sama menjadikan sambiloto sebagai tanaman berkhasiat bagi pengobatan.

Zat lain yang ada di dalam sambiloto (khususnya di dalam akar) ialah flavonoid. Kandungan ini sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Pada dasarnya flavonoid berguna untuk melindungi sel hati dari zat-zat toksik yang masuk ke dalam diri manusia. Oleh sebab itu, Anda harus lebih sering mengonsumsi zat ini sehingga bisa lebih sehat.

Baca juga: Khasiat Sidaguri untuk Asam Urat.

Manfaat Sambiloto Untuk Asam Urat

sambilotoTanaman yang bisa digunakan sebagai obat herbal penderita asam urat diantaranya adalah sambiloto. Sambiloto memiliki berbagai macam manfaat. Manfaat sambiloto untuk penyakit asam urat ini sangat berguna bagi Anda yang menderita kadar asam urat dalam tingkat tinggi atau kronis.

Jika Anda adalah seseorang yang ingin sembuh dari asam urat tingkat tinggi maka Anda layak mencoba mengolah atau meracik sambiloto dan rasakan manfaat sambiloto untuk asam urat.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat sambiloto untuk asam urat yang perlu Anda ketahui:

1. Menurunkan Penumpukan Lemak dan Kolesterol di Dalam Tubuh

Asam urat merupakan dampak dari masuknya atau penumpukan kadar lemak dan kolesterol di dalam tubuh. Lemak di dalam tubuh yang hanya mengendap dan tidak terpakai sebagai lemak produktif akan menghasilkan produk sampingan yang lebih berbahaya yaitu zat purin. Keberadaan zat purin inilah yang menjadi penyebab utama munculnya asam urat di dalam tubuh. Zat purin yang tidak terolah akan menjadikan tubuh terkena asam urat.

Sponsors Link

Manfaat daun sambiloto untuk asam urat kali ini ialah sebagai penetralisir kadar lemak dan kolesterol di dalam tubuh. Kadar lemak dan kolesterol dapat terurai saat Anda mengonsumsi sambiloto. Dalam hal ini, kandungan aktif sambiloto dapat menguraikan penumpukan lemak dan kolesterol di dalam tubuh. Penumpukan lemak biasa terjadi di dinding usus sehingga menyebabkan nutrisi lain tidak dapat terserap.

Anda dapat memanfaatkan sambiloto sebagai penghancur kadar lemak dengan cara mengolahnya menjadi makanan atau minuman herbal. Dengan lemak yang telah terurai maka tubuh Anda akan lebih kuat dan sehat.

2. Sebagai Antioksidan bagi Tubuh

Manfaat sambiloto untuk asam urat yang berikutnya ialah sebagai pemasok zat antioksidan di dalam tubuh. Zat antioksidan sangat diperlukan oleh tubuh karena keberadaan zat ini dapat mengikis potensi penyakit yang hendak masuk ke dalam tubuh. Selain itu, antioksidan juga sangat berguna sebagai benteng pertama bagi tubuh saat diserang oleh bakteri, virus maupun jamur.

Sambiloto memiliki peran menciptakan zat antioksidan di dalam tubuh Anda. Peran zat antioksidan ini dapat Anda dapatkan saat Anda menderita asam urat. Kerusakan jaringan tubuh akibat asam urat dapat diobati dan disterilkan oleh antioksidan dari sambiloto. Selain itu, sambiloto juga akan mencegah asam urat datang kembali ke dalam tubuh Anda. Baca juga: Pantangan Makanan bagi Penderita Asam Urat.

3. Menjaga Kesehatan Otot dan Sendi Tubuh

Manfaat ini diperoleh dari kandungan kalium yang ada di dalam sambiloto. Kadar kalium sangat berguna bagi pembaharuan sel-sel otot dan sel-sel sendi pada tubuh Anda. Kalium juga berfungsi sebagai penyedia sarana regenerasi sel-sel tubuh yang lain. Oleh sebab itu, kandungan ini sangat penting bagi Anda yang mengalami asam urat.

Asam urat menyebabkan kerusakan pada persendian dan otot-otot pada tubuh Anda sehingga menimbulkan rasas sakit yang luar biasa. Dalam hal ini, Anda perlu mengonsumsi sambiloto dalam takaran yang cukup sehingga otot-otot persendian yang rusak akibat adanya asam urat dapat kembali membaik. Selain membaik, otot-otot persendian juga akan diregenerasi atau diperbaharui oleh kandungan kalium yang ada di sambiloto.

ads

4. Menjaga Daya Tahan Tubuh (Imunomodulator)

Sambiloto juga memiliki peran yang besar dalam menjaga imunitas tubuh. Dalam hal ini, tubuh Anda akan terjaga atau terhindar dari penyakit mematikan seperti asam urat. Tubuh yang sehat akan membawa Anda menuju hidup yang lebih berkualitas. Oleh sebab itu, Anda perlu mengonsumsi tumbuhan sambiloto ini dengan kadar yang cukup.

5. Sebagai Pereda Inflamasi atau Peradangan Tubuh

Salah satu ciri-ciri atau karakteristik dari asam urat ialah menimbulkan inflamasi bagi tubuh Anda. Inflamasi ini merupakan reaksi normal dari tubuh Anda saat tubuh Anda mengalami peradangan di salah satu bagian tertentu. Asam urat juga dapat menjadi salah satu penyebab inflamasi atau pembengkakan bagi tubuh Anda. Oleh sebab itu, Anda perlu menggunakan sambiloto sebagai obat anti inflamasi saat tubuh Anda terkena asam urat.

Baca juga: Asam Urat pada Ibu HamilAsam Urat pada Lansia.

Cara yang Benar Mengolah Sambiloto

Sambiloto merupakan tanaman herbal yang mengandung berjuta manfaat dalam menangani asam urat. Manfaat sambiloto untuk asam urat sendiri sudah banyak dibuktikan oleh berbagai kalangan yang mendapatkan kesembuhan setelah mengonsumsi sambiloto sebagai obat asam uratnya. Khasiat yang luar biasa dari sambiloto ini disebabkan oleh kandungan yang luar biasa dari sambiloto sendiri.

Kandungan yang luar biasa dari sambiloto dapat Anda dapatkan saat Anda mengonsumsi sambiloto sebagai obat asam urat. Khasiat sambiloto hampir sama dengan daun-daunan lain yang dapat menyembuhkan asam urat seperti daun sirsak, daun kelor ataupun daun serai. Khasiat-khasiat herbal ini sangatlah berguna bagi tubuh Anda.

Baca juga:

Untuk memperoleh kandungan yang luar biasa dari sambiloto, Anda perlu tahu cara pengolahan sambiloto dengan benar. Pengolahan sambiloto ini sama halnya dengan pengolahan bahan-bahan di atas yaitu harus diolah sesuai dengan penggunaannya. Anda dapat memperoleh informasi terkait cara pengolahan sambiloto, sebagai berikut:

  1. Persiapkan beberapa tanaman sambiloto yang masih segar dan baru saja dipetik
  2. Bersihkan tanaman-tanaman tersebut dengan air mengalir yang masih hangat sehingga lebih steril
  3. Rebus tanaman sambiloto dengan 300ml air (1 gelas) dan tunggu hingga mendidih
  4. Jika sudah mendidih, saring hasil rebusan sambiloto dan tunggu hingga dingin
  5. Minum air ekstrak sambiloto secara rutin dan rasakan manfaatnya

Sambiloto juga dapat Anda gunakan sebagai obat luar saat Anda mengalami pembengkakan akibat asam urat. Obat ini dapat Anda buat sendiri dengan cara menumbuk sambiloto sampai halus kemudian oleskan cairan hasil tumbukan sambiloto ke bagian tubuh yang bengkak akibat asam urat. Lakukan hal ini secara rutin maka lama kelamaan pembengkakan yang Anda alami akan mengalami pengempesan.

Manfaat dan cara pengolahan sambiloto sangat beraneka ragam. Anda dapat memperoleh dan mempelajari cara pengolahan tanaman ini sehingga Anda memiliki pilihan obat herbal yang baik bagi kesehatan Anda terutama dalam menangani penyakit asam urat. Selamat mencoba.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal