Sponsors Link

7 Cara Menghilangkan Asam Urat Tinggi Secara Herbal Terampuh

Sponsors Link

Asam Urat merupakan penyakit yang disebabkan karena banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung purin. Penderita asam urat biasanya merasakan nyeri pada persendian, baik bagian persendian tangan maupun kaki. Hal ini karena zat purin yang masuk ke dalam tubuh mengkristal dan mengendap di bagian sendi, sehingga daerah sendi terasa nyeri. Bahaya asam urat tinggi apabila dibiarkan dan tidak segera diatasi, maka penyakit asam urat ini akan menjadi komplikasi bagi penyakit lainnya. Sebenarnya, zat asam urat terbentuk secara alami melalui hasil metabolisme tubuh dan tidak bisa dihilangkan. Hanya saja kadar asam uratnya harus dalam keadaan normal. Kadar asam urat yang tinggi akan memicu terjadinya penyakit asam urat.

ads

Lalu, bagaimana cara menghilangkan asam urat tinggi? Berikut beberapa cara yang perlu Anda lakukan apabila Anda salah satu penderita penyakit asam urat, yaitu:

  1. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Bagi Anda yang kurang asupan air mineral atau biasa disebut air putih, sangat rentan terhadap berbagai jenis penyakit. Salahsatu penyakit yang disebabkan karena kurang minum air putih, yaitu asam urat. Sebenarnya, mengonsumsi makanan yang berpurin boleh saja, karena zat purin itu sendiri memiliki manfaat bagi sel tubuh. Namun, harus diimbangi dengan perbanyak konsumsi air putih. Mengapa? Karena fungsinya air putih dapat melarutkan zat yang ada di dalam tubuh.

Apabila Anda menggemari makan makanan berpurin, tetapi tidak diimbangi dengan mengonsumsi air putih secara teratur, maka tidak heran jika Anda terkena penyakit asam urat. Bagi Anda penderita asam urat tinggi, dianjurkan perbanyak minum air putih untuk membantu melarutkan zat purin yang berlebihan di dalam tubuh. Usahakan meminum air putih secara teratur sebanyak 2 liter per hari. Hal ini dilakukan setiap hari dan tidak dilakukan cukup sekali sampai kadar asam urat dalam tubuh kembali normal.

  1. Perbanyak Konsumsi Vitamin C

Cara selanjutnya dalam menghilangkan asam urat tinggi dapat dilakukan dengan banyak mengonsumsi vitamin C. Sumber vitamin  C yang  bagus untuk asam urat  dapat ditemukan di mana saja, yaitu di buah-buahan, di dalam sayuran-sayuran jenis tertentu, dan diberbagai suplemen multivitamin C. Namun, vitamin yang alami dan aman dikonsumsi, yaitu vitamin yang berasal dari dalam buah dan sayuran. Buah-buahan yang mengandung kayak vitamin C, diantaranya lemon, jeruk, jeruk nipis, dan sebagainya. Manfaat lemon untuk asam urat dapat di olah menjadi minuman. Vitamin C merupakan vitamin yang larut dari dalam air, sehingga mampu menetralisir zat purin yang mengendap dan menghilangkan asam urat tinggi.

  1. Konsumsi Sari Cuka Apel dan Madu Secara Teratur

Sari cuka apel merupakan hasil dari fermentasi buah apel dan cuka. Setelah difermentasi, larutan sari cuka apel mengandung kalium yang berfungsi menurunkan kandungan asam urat yang tinggi. Kalium mampu mencegah penumpukan zat purin yang mengendap di dalam sendi. Selain itu, teruntuk sari cuka madu merupakan racikan yang dibuat untuk menurunkan asam urat yang tinggi. Kandungan cuka madu memiliki sifat basa yang tinggi sehingga mampu menetralkan asam urat di dalam tubuh dan mampu menghilangkan asam urat tinggi. Cuka madu sering dikenal dengan nama propolis. Propolis ini merupakan kumpulan resin lebah yang mampu memberikan sifat basa di dalam tubuh.

  1. Minum Teh Hijau Secara Teratur

Teh hijau memang memiliki kandungan zat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan zat yang bermanfaat beberapa diantara, yaitu mengandung antioksidan yang mampu menetralisir racun dari dalam tubuh. Selain itu, kandungan oksidan pelifenolnya mampu mencegah produksi xantine oxidase (XO) yang berlebihan sebagai pemicu asam urat. Meminum teh hijau secara rutin dan teratur mampu mengurangi serta menghilangkan asam urat tinggi. Cukup dikonsumsi sebanyak dua kali sehari setiap harinya. Teh hijau aman dikonsumsi bagi ibu hamil dan menyusui, sehingga bisa dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui yang mengalami asam urat.

Sponsors Link

  1. Mengatur Pola Hidup

Pola hidup yang salah dapat memicu berbagai jenis penyakit yang membahayakan kesehatan tubuh. Khususnya bagi penderita asam urat tinggi sangat diperlukan pola hidup yang baik dan sehat. Mengatur pola hidup bagi Anda yang menderita asam urat, tentunya harus diperhatikan. Bagi Anda yang memiliki masalah terhadap kelebihan berat badan (obesitas), Anda perlu mengatasinya. Hal ini disebabkan pengaruh obesitas pada asam urat yang merupakan salahsatu faktor penyebab terjadinya asam urat selain karena faktor usia. Mengapa? Karena seseorang yang obesitas pastinya karena mengonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung lemak jenuh, manis-manis, dan protein yang tinggi.

Makanan berpurin biasanya ditemukan di dalam makanan yang mengandung lemak jenuh dan protein tinggi, sehingga akan mempengaruhi seseorang terkena asam urat. Selain itu, bagi Anda yang mengalami obesitas, tentunya harus melakukan olahraga rutin agar terjaga kesehatannya. Jadi, bagi Anda yang ingin menghilangkan asam urat tinggi atau bahkan mencegah terjadinya asam urat, maka Anda harus mengatur pola hidup yang sehat, seperti rutin berolahraga, diet rendah purin, dan sebagainya.

  1. Mengatur Pola Asupan Makanan

Bagi penderita asam urat tentunya sangat rentan terhadap asupan makanan yang dikonsumsi. Tidak semua jenis makanan dapat dikonsumsi. Hal ini dikarenakan ada beberapa jenis makanan yang justru menjadi pantangan bagi penderita asam urat dan makanan yang dianjurkan bagi penderita asam urat. Ada beberapa jenis makanan yang menjadi pantangan bagi penderita asam urat, yaitu makanan yang mengandung purin tinggi. Sedangkan makanan yang dianjurkan bagi penderita asam urat, yaitu diantaranya mengonsumsi makanan bersifat basa, makanan yang mengandung kalium tinggi, makanan berkarbohidrat kompleks, dan sebagainya.

Sponsors Link

Makanan yang mengandung basa mampu menetralisirkan zat asam urat yang tinggi. Makanan yang mengandung kalium mampu mambantu meningkatkan pengeluaran asam urat pada ginjal. Selain itu kalium juga mampu mencegah pembentukan kristal asam urat di dalam ginjal. Manfaat kalium selain dapat mengatasi asam urat, kalium juga dapat mencegah terjadinya batu ginjal. Kandungan kalium terdapat pada beberapa makanan diantaranya, pisang, kentang, tomat, yogurt, dan lain-lain. Teruntuk makanan yang berkarbohidrat kompleks mampu mengatasi asam urat karena dapat mengurangi kadar fruktosa dalam tubuh yang dapat menyebabkan terjadinya asam urat. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks diantaranya, yaitu beras merah, gandum, oats, kentang, jagung, labu, dan sebagainya.

Mengatur pola makan yang dimaksud ialah bagi Anda penderita asam urat perlu memperhitungkan jumlah purin yang masuk dalam tubuh. Purin memang perlu, tapi tidak berlebihan. Selain itu asupan nutrisi lainnya yang perlu dikonsumsi bagi penderita asam urat juga harus diperhatikan, seperti kandungan fruktosanya agar tidak berlebihan, kandungan kaliumnya yang sangat diperlukan tubuh, dan lain-lain.

  1. Mengonsumsi Obat Herbal

Alternatif terakhir yaitu dengan mengonsumsi obat herbal. Apabila Anda yang menderita asam urat sudah melakukan beberapa cara tersebut teapi tidak turun juga asam uratnya, maka tindakan yang Anda harus lakukan mengonsumsi obat herbal. Bagi Anda yang sedang menyusui dan termasuk wanita hamil, obat herbal aman dikonsumsi. Obat herbal asam urat bisa diracik sendiri dengan ramuan beberapa jenis buah dan tanaman penurun asam urat. Namun jika Anda tidak ingin ribet dengan harus mengolah racikan obat herbal, Anda dapat membelinya di toko herbal terdekat atau via online.

Itulah beberapa cara yang dapat digunakan untuk menghilangkan asam urat tinggi. Anda bisa melakukan dan mencobanya sendiri. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan