Sponsors Link

7 Cara Menghilangkan Nyeri Asam Urat dengan Cepat

Sponsors Link

Rasa nyeri menjadi gangguan yang sering dialami oleh banyak orang dengan berbagai penyebab. Salah satu penyebab paling umum dari rasa nyeri ialah penyakit asam urat. Menjadi penyakit dengan jumlah penderita yang terus meningkat di Indonesia, penyakit asam urat yang juga disebut gout ini tentu sudah tidak asing di telinga Anda. Bahkan karena tingginya kemungkinan asam urat itu kambuh, maka setiap gejala yang biasa terjadi karena asam urat akan dianggap sebagai asam urat. Padahal, belum tentu gejala yang umum dialami seperti rasa nyeri disebabkan oleh asam urat.

ads

Pengertian penyakit asam urat secara singkat ialah penumpukan kristal asam urat pada persendian. Kebanyakan kasus penumpukan asam urat ini terjadi di tangan, kaki, lutut, dan siku. Asam urat sendiri berasal dari zat purin yang telah diproses dalam sistem metabolisme. Dalam tubuh, asam urat memiliki kadar normal tertentu sehingga ketika menjadi terlalu tinggi baru disebut sebagai penyakit. Karena memiliki gejala yang mengganggu aktivitas dan mudah dikenali, seperti rasa nyeri, kaku, peradangan, sensasi panas, dan menyebabkan pusing maka penderita harus mampu mengatasi gejalanya di saat gejala tersebut muncul secara tiba-tiba.

Rasa nyeri menjadi gejala umum yang hampir pasti dialami oleh penderita asam urat pada waktu dan durasi tak menentu. Maka berikut ini 7 cara menghilangkan nyeri asam urat dengan cepat sehingga ketidaknyamanan akan berlangsung singkat:

1. Mengompres Bagian Tubuh Dengan Es

Penyakit asam urat dapat dikenali dengan nyeri yang muncul pada bagian tubuh tertentu seperti jari kaki dan tangan, pergelangan kaki dan tangan, siku, atau lutut. Sifat balok es yang menyegarkan akan meredakan sensasi panas pada kulit di sekitar bagian tubuh yang nyeri. Maka Anda dapat memanfaatkan balok es yang dibalut kain sebagai kompres selama 15-20 menit. Namun cara ini dapat dilakukan hanya ketika berada di rumah atau tempat bersantai saja.

2. Mengonsumsi Obat Anti-inflamasi Nonsteroid

Obat anti inflamasi seperti natrium naproxen dan ibuprofen menjadi salah satu pilihan cepat dalam menghilangkan nyeri akibat asam urat yang praktis dibawa ketika bepergian. Namun bahan kimia yang terkandung di dalamnya dapat memicu efek samping obat asam urat dan tidak boleh dikonsumsi oleh penderita tertentu, seperti memiliki alergi, gangguan tekanan darah, ginjal, dan lambung sehingga harus mendapat resep dokter.

3. Berbaring dan Meninggikan Posisi Organ Tubuh yang Nyeri

Ketika rasa nyeri menyerang secara tiba-tiba, Anda dapat segera beristirahat dalam posisi berbaring dan meletakkan organ tubuh yang nyeri lebih tinggi, misalnya mengangkat tangan atau meninggikan posisi kaki dengan menggunakan bantal atau selimut. Anda juga dapat melepas atau melonggarkan pakaian, misalnya melipat lengan pakaian untuk nyeri siku atau melepas celana panjang untuk lutut yang nyeri.

4. Mengoleskan Krim atau Salep Untuk Asam Urat

Selain obat yang dikonsumsi yang melewati sistem pencernaan, Anda juga dapat mengoleskan obat berupa krim atau salep pada bagian yang nyeri. Hal ini akan meredakan nyeri, memberikan sensasi segar, serta mengurangi pembengkakan dan perubahan warna kulit. Obat oles untuk asam urat juga praktis dibawa kemana-mana serta efisien karena tidak membutuhkan air putih atau pembantu mendorong obat seperti tablet atau kapsul. Namun, beberapa obat oles memiliki wangi yang mungkin mengganggu orang lain di sekitarnya.

5. Mengoleskan Minyak Gosok Hangat

Minyak gosok yang hangat atau tidak terlalu panas mampu menghilangkan nyeri dengan cepat karena memiliki efek relaksasi yang langsung diserap dengan mudah oleh kulit. Sebaiknya Anda tidak menggunakan minyak gosok yang terlalu panas agar tidak memperparah nyeri. Namun, cara ini kurang efisien karena dapat menimbulkan bau yang tajam dan membuat tangan menjadi berminyak.

Sponsors Link

6. Menenangkan Diri atau Rileks

Ketika nyeri menyerang di tengah padatnya aktivitas, mencoba untuk rileks juga dapat meredakan nyeri secara alami. Hal ini menjadi stimulan bagi diri sendiri untuk tidak panik yang dapat disertai aktivitas yang menenangkan pikiran seperti mendengarkan musik, melihat majalah atau film, maupun meditasi.

7. Mengonsumsi Air Infuse Water dan Teh

Melalui minuman kaya nutrisi, ternyata rasa nyeri akibat asam urat dapat diatasi secara cepat sekaligus mengatasi dehidrasi. Air mengandung infuse water berarti mengandung buah-buahan asam atau vitamin C dan kandungan herbal lain seperti ekstrak dedaunan sehingga berkhasiat serupa dengan pengobatan herbal. Bolehkah penderita asam urat minum teh? Ternyata teh mengandung zat anti radang sehingga baik dikonsumsi hingga 4 kali sehari sebanyak setengah gelas. Kedua jenis minuman ini dapat merelaksasikan pikiran karena aromanya namun tidak baik dikonsumsi oleh penderita gangguan ginjal.

Asam urat yang dapat menimbulkan kerusakan sendi hingga kelumpuhan dapat diderita oleh semua orang, mulai dari orang tua pada umumnya hingga pemuda. Jika rasa nyeri dapat diatasi dengan cepat melalui pertolongan pertama pada asam urat, maka diharapkan penderita dapat melanjutkan aktivitasnya dan mencegah penyakit asam urat menjadi lebih parah jika gejala hanya dibiarkan saja.

, , ,



Oleh :
Kategori : Pengobatan