Sponsors Link

6 Menu Diet Penderita Asam Urat dan Kolesterol Tinggi

Sponsors Link

Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit asam urat dan kolesterol tinggi, tentu harus menghindari makanan maupun minuman yang dapat menjadi pencetus penyakit tersebut. Keluhan rasa sakit yang luar biasa terjadi jika Anda kurang memperhatikan asupan yang dikonsumsi. Bagi Anda yang sedang menjalani diet sehat, pilihlah makanan dengan menu rendah purin dan lemak jenuh.

ads

Yang terpenting dalam mengatur menu diet untuk penderita asam urat, perhatikan nilai gizi atau nutrisinya yang dapat mencukupi kebutuhan energi Anda untuk beraktivitas. Jangan karena ingin diet Anda tidak mengindahkan hal apa saja yang menjadi penyebab penyakit Anda kambuh.

Selain itu, dengan menghindari makanan pemicu asam urat semakin tinggi, maka dapat meringankan gejala gout, dan Anda juga bisa mengkonsumsi ramuan herbal dari alam yang bisa membantu menjaga kestabilan kadar asam urat dan kolesterol dalam darah. Jika Anda lebih menyukai cara alami sebagai menu sehat hal ini bisa menjadi pilihan. Secara bahan alami yang mudah didapat dengan harga yang murah.

Lalu menu apa saja yang disarankan bagi penderita asam urat dan kolesterol? Dikarenakan penyakit ini saling berhubungan maka pilihan menu diet berikut bisa Anda jadikan menu pilihan di rumah, Anda bisa membuat sendiri karena lebih sehat dan higienis. Berikut menu diet penderita asam urat dan kolesterol:

1. Makanan yang Memiliki Serat Tinggi

Makanan yang satu tentu tidak boleh dilewatkan bagi Anda penderita penyakit asam urat dan kolesterol. Serat akan membantu proses pencernaan dan penyerapan sari makanan dalam tubuh. Dengan serat yang cukup, maka dapat membantu pengeluaran kelebihan zat purin dalam darah serta meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu makanan yang berserat juga mampu mengatasi kolesterol yang menempel pada pembuluh darah. 

Makanan kaya serat banyak terdapat pada buah dan sayuran contoh makanan kaya akan serat:

  • Brokoli
  •  Oats
  •  Seledri
  • Wortel
  • Tomat
  • Pisang
  • Alpukat dan lainnya

2. Makanan Kaya Vitamin

Selain sehat tentu menu pilihan Anda harus juga banyak mengandung vitamin yang berguna sebagai kekebalan imun dan membantu metabolisme normal pada tubuh. Adapun jenis makanan yang bisa dikonsumsi yaitu sayur dan buah-buahan yang rendah purin, susu skim serta ikan yang boleh dimakan penderita asam urat dan kolesterol.

3. Hindari Penggunaan Minyak Jenuh

Dalam memilih menu sehat tentu tidak terlepas dari yang namanya menu masakan, apalagi makannya dimasak menggunakan minyak jenuh. Hal ini akan semakin memperparah kandungan zat berbahaya dalam tubuh, karena lemak jenuh akan menurunkan kemampuan tubuh mengeluarkan asam urat.

Sponsors Link

4. Hindari Mengkonsumsi Minumal Beralkohol

Pengaruh alkohol pada asam urat maupun kolesterol sama-sama berbahaya. Baik alkohol dengan kadar rendah sampai yang tinggi, tidak disarankan bagi penderita asam urat dan kolesterol. Hal ini dapat memacu gejala penyakit Anda semakin parah, bahkan juga bisa memicu penyakit lain muncul. Beralihnya pada air minum atau air mineral lainnya, selain aman tentu lebih sehat bukan?

5. Perbanyak Konsumsi Air Putih dan Rutin Berolahraga

Selain makanan, minuman juga memiliki dampak yang sama jika Anda tidak memperhatikannya. Olah sebab itu alangkah baiknya rutin minum air putih minimal 8 gelas / hari. Air putih bagus untuk menetralisir racun dalam tubuh dan melancarkan pembuangan zat berbahaya. Pilihlah jenis olahraga ringan yang menurut Anda sesuai dengan kondisi kesehatan.

Sponsors Link

6. Alternatif Menu dari Bahan Alami (Herbal)

Tidak ada salahnya jika Anda memiliki kegemaran mengolah obat herbal untuk asam urat yang dimanfaatkan sebagai pencegahan penyakit, baik asam urat maupun kolesterol. Kelebihan bahan alami diantaranya murah, mudah didapat dan terjamin tanpa efek samping. Beberapa bahan alami yang bisa dicoba diantaranya daun sambiloto, sidaguri, brotowali, dll.

Itu beberapa contoh menu diet penderita asam urat dan kolesterol yang wajib Anda lakukan untuk mencegah penyakit semakin parah. Selain menu sehat tentunya Anda juga harus menjaga berat badan tetap ideal, memang terlihat sulit untuk mengecilkan postur badan jika Anda memiliki obesitas atau kegemukan. Dengan rutin menjaga pola makan seimbang serta olahraga ringan teratur, paling tidak mengurangi penyakit dan mengurangi berat badan Anda.

Menu yang dikonsumsi pun harus dilihat secara penyajiannya, alangkah baiknya tidak terlalu banyak menggunakan minyak dalam proses memasaknya. Berikut penyajian yang aman dan sehat bagi penderita penyakit asam urat dan kolesterol:

  • Menu dengan cara dipanggang atau dibakar. Gunakan teflon atau panci tahan panas untuk proses memasak makanan.
  • Menu dengan cara ditumis, gunakan margarin sebagai pengganti minyak. Karena margarin tidak mengandung kadar lemak jenuh.
  • Menu dengan direbus. Rebus maupun dikukus bisa mengurangi minyak, proses perebusan dan kukus tidak boleh terlalu lama.

Dengan menu andalan selain enak rasanya, bahan yang terpilih serta penyajiannya tentu membuat tubuh Anda lebih sehat. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

, , , , ,