Sponsors Link

Menu Makanan untuk Penderita Diabetes, Kolesterol dan Asam Urat yang Aman

Sponsors Link

Belakangan ini, berbagai macam jenis penyakit degeneratif menjadi salah satu penyakit berbahaya dan banyak diderita oleh berbagai kalangan usia di masyarakat dan tidak lagi hanya fokus sebagai penyakit tua tau penyakit yang di derita oleh mereka dengan usia relatif tua. Beberapa penyakit yang populer dimasyarakat tersebut diantaranya seperti diabetes atau peningkatan kadar gula darah, kolesterol atau tingginya lemak jahat di dalam tubuh, dan penyakit asam urat.

ads

Ketiga jenis penyakit tersebut memang saling berhubungan dan termasuk ke dalam komplikasi masing masing. Artinya, seseorang yang mengalami kolesterol beresiko mengalami penyakit asam urat maupun diabetes, seseorang yang mengalami diabetes juga akan beresiko memiliki komplikasi asam urat dan kolesterol, begitu juga dengan penderita asam urat yang juga dapat mengalami penyakit kolesterol serta diabetes jika keadaannya semakin parah.

Ada hubungan penyebab utama yang dapat disimpulkan dari kondisi penyakit diabetes, asam urat, dan kolesterol yakni terkai konsumsi makanan yang memicu tingginya kadar ketiganya tersebut. Untuk dapat mengatasi dan mencegah semakin parahnya penderita komplikasi ketiga penyakit tersebut maka perlu ada pengatur terkait makanan apa saja yang dapat dikonsumsi. Berikut penjelasan mengenai menu makanan untuk penderita diabetes, kolesterol, dan asam urat yang perlu diperhatikan agar tidak menyebabkan semakin parahnya kondisi penyakit yang diderita dalam ulasan di bawah ini.

  1. Makanan yang tidak mengandung gula tinggi, purin, dan lemak jahat

Pengaturan makanan pada penderita asam urat, kolesterol, dan diabetes sebenarnya cukup sederhana yakni cukup menghindari konsumsi makanan dengan kandungan gula tinggi yang dapat meningkatkan kadar gula di dalam darah, makanan yang berlemak agar tidak menyebabkan tumpukan lemak jahat di dalam darah semakin tinggi, serta makanan tinggi purin karena memang makanan tersebut dapat dimetabolisme oleh enzim xanthin oksidae dalam proses pembentukan asam urat di dalam tubuh yang menjadikan kadarnya tinggi.

Makanan yang perlu dihindari bagi penderita asam urat seperti jerohan, kacang kacangan, seafood seperti kerang dan udang. Makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes seperti daging tanpa lemak, kayu manis, bawang putih, coklat manis, kopi manis, dan makanan maupun minuman manis lainnya serta minuman kaleng. Sedangkan untuk penderita kolesterol, makanan yang perlu untuk dihindari seperti daging berlemak, produk susu tinggi lemak, santan minyak kelapa sawit, dan camilan kue ataupun biskuit.

  1. Makanan berserat tinggi

Jenis menu makanan untuk penderita diabetes, kolesterol, dan asam urat lainnya adalah makanan dengan kandungan serat tinggi. Makanan dengan kandungan serat tinggi dapat membantu memperlancar sistem pencernaan tubuh dan proses metabolisme makanan di dalam tubuh. Serat juga dapat membantu meningkatkan penyerapan sari sari makanan sehingga asupan nutrisi yang diperoleh lebih baik. Serat dapat menyerap asam di dalam darah sehingga membantu menurunkan kadar asam urat dan baiknya metabolisme akan membantu mengatur kadar lemak di dalam darah. Serat sendiri juga tidak berbahaya bagi penderita diabetes.

  1. Buah buahan

Jenis menu makanan yang sehat dan aman bagi penderita diabetes, asam urat, dan kolesterol lainnya adalah buah buahan. Beberapa jenis buah seperti apel, melon, dan jeruk sangat baik bagi penderita asam urat dan tentunya baik pula bagi mereka yang juga menderita diabetes maupun kolesterol. Buah buahan aman untuk penderita diabetes meskipun memiliki rasa yang manis karena kandungan gula pada buah tidak secara signifikan dapat menyebabkan peningkatan kadar gula di dalam darah termasuk karena jenis gulanya adalah fruktosa.

Buah alpukat juga baik untuk penderita komplikasi tiga jenis penyakit ini karena meskipun bertekstur berlemak namun tidak memiliki kandungan lemak. Selain buah alpukat, buah ceri juga sangat baik dikonsumsi oleh penderita penyakit asam urat maupun kolesterol karena mambantu menjaga kadar keduanya untuk selalu dalam batas yang normal baik itu kolesterol maupun kadar asam urat normal di dalam tubuh. Buah sebaiknya dikonsumsi dalam bentuk aslinya tanpa pemanis tambahan maupun olahan lainnnya.

Sponsors Link

  1.  Makanan dengan pengolahan yang tepat

Menu makanan untuk penderita diabetes, asam urat, dan kolesterol harus diperhatikan dengan baik karena memang konsumsi makanan yang salah sangat berbahaya bagi kesehatan penderitanya. Makanan yang dikonsumsi selain harus bebas dari purin, lemak jahat, dan gula juga perlu untuk diproses dengan benar. Proses yang paling mudah dan aman untuk menghasilkan menu makanan untuk penderita diabetes, kolesterol, dan asam urat adalah perebusan dengan penambahan garam sangat sedikit. Makanan tinggi garam sangat berbahaya bagi penderita komplikasi penyakit asam urat, kolesterol, dan diabetes karena dapat menyebabkan beberapa dampak berbahaya bagi kesehatan salah satunya penyakit jantung.

  1. Asupan protein dari ikan laut

Selain buah, sayuran tentu juga baik bagi penderita asam urat, kolesterol, dan diabetes. Sayuran akan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian penderita kompilasi tiga penyakit tersebut namun tetap saja dibutuhkan asupan protein yang tidak bisa diperoleh dari hanya konsumsi sayuran saja. Asupan protein yang baik bagi penderita asam urat, kolesterol, dan diabetes adalah protein nabati namun tidak menutup kemungkinan juga protein hewani yang paling minim dampaknya dan paling banyak kandungan nutrisinya.

Konsumsi ikan laut yang masih dalam kondisi segar lebih disarankan sebagai menu makanan untuk penderita diabetes, kolesterol, dan asam urat karena kandungan nutrisinya yang tidak dan lebih tidak mengandung banyak lemak atau bahkan zat purin. Ikan dapat diproses dengan cara merebusnya.

Itulah beberapa jenis menu makanan untuk penderita diabetes, kolesterol, dan asam urat  yang aman dikonsumsi dan tidak menyebabkan kenaikan kadar diabetes, asam urat, maupun kolesterol di  dalam darah.

, , ,



Oleh :