Sponsors Link

Menu Sehari Diet Rendah Purin Paling Menyehatkan

Sponsors Link

Peradangan pada sendi yang disebabkan karena kandungan asam urat dalam darah biasanya diawali dengan gejala tidak nyaman pada persendian. Penumpukan asam urat yang berlebihan menyebabkan timbunan cairan pada persendian. Selain bengkak, merah dan sangat menyakitkan juga membuat gerakan sendi menjadi tidak fleksibel lagi. Biasanya jika sudah terjadi kondisi ini maka sudah terbentuk kristal-kristal asam urat pada persendian yang membuat sendi sangat sakit.

ads

Kondisi penyakit inilah yang sering disebut dengan istilah penyakit asam urat. Sebenarnya ketika sudah pernah terkena kondisi ini maka kemungkinan bisa berulang dan akan lebih parah. Ada beberapa penyebab asam urat sering kambuh yang sering dipicu oleh kebiasaan atau gaya hidup. Sebenarnya kondisi ini bisa dirawat dengan cara yang sangat mudah namun harus konsisten. Langkah yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan yang rendah purin. Nah berikut pedoman menu sehari diet rendah purin paling menyehatkan.

1. Sayuran

Banyak penderita asam urat tinggi yang merasa resah ketika akan memasak sayuran. Hal ini karena beberapa dokter menyarankan untuk tidak makan sayuran tertentu seperti sayuran yang tinggi purin, diantaranya  bayam, jamur, asparagus dan sayuran hijau lain. Sementara sayuran ini juga sumber nutrisi. Namun menurut penelitian yang diterbitkan pada tahun 2012, menyatakan bahwa tidak ada hubungan antara penyakit asam urat  dan sayuran sehat tersebut. Berikut rekomendasi sayuran yang disarankan untuk penderita asam urat.

  • Sayuran rendah purin: sayuran yang termasuk rendah purin bisa menghasilkan kurang dari 100 mg per makanan. Beberapa sayuran yang termasuk dalam golongan ini seperti bit, selada, kentang, mentimun, labu kuning, dan labu putih. Menurut penelitian sayuran ini menghasilkan kurang dari 50 mg purin sehingga cukup aman.
  • Sayuran sumber antioksidan: kadar asam urat yang sangat tinggi ternyata bisa menyebabkan pengaruh asam urat terhadap jantung. Karena itu untuk menjaga jantung maka harus mengonsumsi sayuran yang kaya dengan antioksidan. Hanya saja jenis sayuran yang kaya dengan antioksidan tapi rendah purin adalah seperti terung, kubis merah, paprika merah, dan wortel. Semua makanan ini juga kaya dengan likopen.
  • Sayuran sumber serat: sayuran kaya serat sangat penting untuk menjaga agar penyerapan nutrisi lebih lambat sehingga baik untuk menjaga kadar asam urat yang rendah. Sumber serat terbaik adalah seperti wortel, kangkung, dan bawang merah. Ketiga jenis makanan bisa dikonsumsi bersamaan.

Beberapa sayuran tinggi purin sebenarnya masih bisa dikonsumsi tapi harus sangat jarang. Misalnya seperti asparagus, kacang panjang, lentil, jamur, kacang polong dan sayuran kering.

2. Daging

Daging sebenarnya tidak dianjurkan untuk orang yang sedang diet rendah purin. Hanya saja makan daging tetap diperlukan karena ini sumber protein dan energi untuk tubuh. Jenis daging yang direkomendasikan dalam jumlah yang sangat rendah atau sekitar 400 gram per minggu adalah seperti daging sapi, daging ayam tanpa lemak, udang, tiram dan kepiting. Beberapa orang yang sedang diet rendah purin mungkin juga tidak bisa makan daging ini sehingga menu ini bisa dihilangkan.

3. Minuman

  • Minuman buah: Minuman untuk orang yang sedang diet rendah purin juga harus dikendalikan. Berbagai jenis minuman yang mengandung soda sebaiknya tidak dikonsumsi dan sangat dilarang. Salah satu minuman untuk asam urat yang sangat disarankan ketika asam urat tinggi adalah jus buah cerry. Semua jenis golongan buah cerry seperti stroberi, crancberry, blueberry bisa dikonsumsi ketika asam urat sangat tinggi. Periode minum selama dua hari sekali kemudian berhenti selama beberapa hari.
  • Air mineral. Air mineral sangat penting untuk menurunkan asam urat yang tinggi. Para pakar menyarakan untuk minum setidaknya lima sampai delapan gelas per hari. Jarak waktu minum harus diatur sehingga bisa menghilangkan penumpukan kristal asam urat. Hanya saja jumlah air yang diminum harus diatur lagi sesuai kondisi penyakit jika terjadi komplikasi.
  • Kopi. Untuk penderita asam urat yang sudah terbiasa minum kopi memang harus menghindari atau menurunkan konsumsi kopi. Jika tetap ingin minum kopi maka harus jenis kopi yang tidak mengandung kafein. Sementara itu minuman yang mengandung kafein seperti teh ternyata tidak berpengaruh untuk asam urat.
  • Produk susu. Penderita asam urat sebaiknya juga tidak takut untuk minum susu. Susu yang mengandung lemak dalam jumlah yang rendah tidak berpengaruh pada kenaikan asam urat. Jadi tidak masalah untuk minum susu rendah lemak dan yogurt.

4. Ikan

Penyakit asam urat memiliki hubungan yang sangat erat dengan peradangan. Saat terjadi peradangan maka menyebabkan rasa sakit pada persendian. Salah satu obat alami yang disarankan adalah makanan yang mengandung bahan antiinflamasi, seperti ikan. Semua jenis ikan yang mengandung bahan omega 3 bisa menjadi obat peradangan. Beberapa jenis ikan yang disarankan seperti salmon. Sementara jenis ikan seperti makarel, tuna, hiu dan ikan yang lebih besar sebaiknya tidak dikonsumsi.

5. Biji-Bijian

Sumber biji-bijian juga banyak dihindari penderita asam urat. Hal ini disebabkan bahwa makanan yang kaya dengan produk biji bisa mengandung karbohidrat yang sangat tinggi sehingga bisa menyebabkan asam urat. Tapi ternyata biji-bijian kaya dengan vitamin B yang  bisa melindungi tubuh dari komplikasi penyakit asam urat. Beberapa sumber makanan biji-bijian yang disarankan seperti: beras merah, barley, gandum utuh, bulgur, quinoa, sorgum, dan gandum hitam.

6. Sumber Rempah-rempah

Rempah-rempah ternyata bisa menjadi bumbu yang akan mengurangi peradangan. Hal ini karena rempah-rempah mengandung senyawa khusus yang menjadi sumber anti inflamasi. Berikut ini beberapa rempah yang disarankan:

  • Bawang putih: bawang putih yang memberi rasa gurih mengandung diallyl disulfide yang akan membatasi peradangan dan menurunkan efek sitokin pada saat asam urat tinggi.
  • Kunyit: kunyit akan menghambat kerja sitokin dan enzim inflamasi sehingga mengurangi nyeri sendi dan bengkak pada persendian.
  • Jahe: jahe mengandung gingerol dan shogaol yang mengurangi peradangan dan sangat baik dikonsumsi dalam bentuk segar seperti campuran minuman.
  • Kayu manis: kayu manis adalah rempah yang mengandung asam cinnamic yang baik sebagai sumber antioksidan. Sangat baik dicampur dengan jus berry.

Itulah menu sehari diet rendah purin paling menyehatkan. Pada dasarnya semua makanan itu bisa dikonsumsi sehari-hari dan diolah dengan sedikit minyak dan garam. Selain untuk menu sehari-hari juga disarankan untuk menu harian ketika asam urat tinggi.

, , ,



Oleh :