Sponsors Link

10 Minuman Penyebab Asam Urat Tinggi yang Wajib Dihindari

Sponsors Link

Penyakit asam urat adalah kondisi radang yang terjadi pada bagian sendi. Penyakit ini pada umumnya disebabkan oleh zat purin yang masuk ke dalam tubuh dalam kadar yang berlebihan. Terlalu banyak lemak dalam tubuh juga bisa menyebabkan timbul penyakit asam urat akut, karena purin dalam tubuh yang menyatu dengan lemak akan sulit dikeluarkan lewat saluran urin. Beberapa gejala asam urat yang akan dirasakan penderita diantaranya:

ads
  • Terserang rasa nyeri pada bagian sendi kaki dan tangan.
  • Pada gejala awal biasanya akan menyerang bagian jempol kaki.
  • Sendi mengalami rasa panas dan kesemutan.
  • Bagian sendi berwarna kemerahan.
  • Jika kondisinya semakin parah bagian sendi akan menjadi bengkak.
  • Rasa sakit biasanya akan menyerang pada malam hari atau setelah bangun tidur.
  • Pada kondisi tertentu ada penderita yang bahkan sama sekali tidak bisa menggerakkan persendiannya sama sekali.
  • Gejala asam urat yang timbul biasanya akan berselang dalam beberapa jam, atau 1 minggu dan paling lama hingga 1 bulan.

Lalu, bagaimana purin bisa menumpuk di dalam tubuh? Penumpukan purin bisa disebabkan karena faktor konsumsi minuman yang sembarangan. Berikut adalah 10 minuman penyebab asam urat tinggi wajib dihindari:

1.Bir

Bir adalah salah satu jenis minuman yang memiliki kandungan alkohol dan sudah banyak dipasarkan di supermarket. Mengkonsumsi bir akan sangat memiliki resiko tinggi bagi penderita asam urat. Alkohol pada dasarnya memang tidak baik jika dikonsumsi berlebihan karena dapat mengakibatkan adanya kerusakan pada organ tubuh. Selain itu, jika alkohol terlalu banyak masuk ke dalam tubuh dan tercampur dengan zat purin, maka ginjal akan semakin kesulitan mengolahnya dengan baik. Akibatnya purin tidak dapat dikeluarkan melalui saluran urin dan ginjal malah akan menjadi rusak.

2. Wine

Sama hal nya dengan minuman bir, wine juga adalah jenis minuman yang memiliki kandungan alkohol. Bagi yang memiliki riwayat penyakit asam urat kemudian terlalu berlebihan mengkonsumsi wine, maka akan sangat beresiko pada peningkatan kadar asam urat dalam tubuh. Sehingga, ada baiknya Anda juga bisa menghindari wine. Jika memang ingin mengkonsumsi nya, usahakan tidak terlalu berlebihan dan masih dalam batasan tertentu.

3. Kopi

Banyak sekali orang yang menyukai minum kopi bahkan sampai lebih dari 1 cangkir dalam seharinya, karena memang menurut orang yang menyukai nya, kopi dapat menjadi minuman penambah energi. Namun tahukah Anda?  Bahwa kandungan kafein dalam kopi juga dapat menjadi salah satu pemicu penyakit asam urat, sehingga bagi Anda yang memiliki penyakit asam urat sebaiknya bisa menghindari konsumsi kopi dengan berlebihan. Kafein yang ada pada kopi bisa menyebabkan asam urat jika dikonsumsi rutin dan dalam jangka waktu panjang, ditambah dengan takaran nya yang tinggi. Baca juga: Sayur yang Dilarang untuk Asam Urat.

4. Teh

Selain pada kopi, kafein juga terkandung dalam teh. Namun tidak semua teh dapat menyebabkan asam urat. Jika Anda memang penikmat teh ada baiknya Anda mengkonsumsi teh yang baik untuk kesehatan yaitu teh hijau. Selain dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh, teh hijau juga dipercaya sebagai salah satu minuman yang dapat menurunkan kadar lemak dalam tubuh secara efektif. Baca juga: Daun untuk Menurunkan Asam Urat.

5. Susu Kedelai

Salah satu minuman yang dapat menyebabkan asam urat dalam tubuh semakin memburuk adalah susu kedelai. Bahan dasar dari susu kedelai adalah kedelai yang biasanya digunakan juga untuk bahan dasar pembuatan tempe. Bahan kedelai ini yang menyebabkan susu kedelai sangat berpotensi memicu terjadinya asam urat. Sehingga, ada baiknya bagi Anda yang memiliki riwayat asam urat dapat menghindari minuman yang satu ini. Atau bagi Anda yang memang belum terserang asam urat, sebaiknya juga kurangi konsumsi susu kedelai berlebihan untuk menghindari penyakit asam urat. Baca juga: Khasiat Sidaguri untuk Asam Urat.

Sponsors Link

6. Sari Kacang Hijau

Sari kacang hijau, adalah jenis minuman yang sudah lama dimanfaatkan orang-orang untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Tetapi dibalik kandungan manfaat sari kacang hijau, ternyata terdapat zat yang dapat membahayakan jika dikonsumsi berlebihan oleh penderita asam urat, yaitu purin. Kadar zat purin yang ada dalam sari kacang hijau berkisar antara 90 hingga 100 mg. Sehingga ada baiknya, jenis minuman sari kacang hijau benar-benar dihindari oleh penderita asam urat. Baca juga: Manfaat Sambiloto untuk Asam Urat.

7. Minuman Mengandung Soda

Bagi Anda penggemar soda, sebaiknya mulai mengurangi konsumsi soda dengan berlebihan. Karena terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi soda bisa menyebabkan terjadinya resiko asam urat sangat tinggi, dan akan merusak pada bagian sendi. Bahkan soda tidak hanya memicu asam urat saja, penyakit lain yang dapat disebabkan karena konsumsi soda berlebihan adalah berkurangnya fungsi ginjal dan juga terjadi penyempitan pada pembuluh darah yang akan menghambat saluran darah menuju otak dan jantung. Baca juga: Manfaat Jahe untuk Asam Urat.

8. Jus Mangga

Tidak semua jenis jus dapat bermanfaat untuk tubuh. Karena nyatanya, jus mangga memiliki kandungan kalori cukup tinggi dan akan mengakibatkan pada kenaikan berat badan. Kondisi berat badan yang berlebihan adalah salah satu faktor pemicu terjadinya asam urat. Sehingga saat Anda meminum jus mangga, bukannya akan menurunkan kadar kalori dalam tubuh malah akan menaikkan kadar kalori nya. Ada baiknya, bagi penderita asam urat menghindari konsumsi jus mangga berlebihan dan bisa menggantinya dengan jus lain yang dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh, seperti jus apel.

ads

9. Air Kepala Muda

Kelapa mudah merupakan buah yang memiliki kandungan elektrolit dan kalium yang tinggi terutama pada airnya. Kandungan inilah yang akan mengganggu pada orang yang memiliki kelainan fungsi ginjal. Saat meminum air kelapa, maka ginjal akan sulit untuk melakukan sekresi zat tubuh. Jika semakin parah maka akan memicu pada peningkatan purin, karena purin dalam tubuh tidak dapat diolah dengan baik.

10. Jus Buah Kemasan

10 minuman penyebab asam urat tinggi wajib dihindari selanjutnya adalah jus buah kemasan. Saat ini banyak sekali jus kemasan yang dijual di supermarket. Memang sangat praktis, karena Anda tinggal meminumnya dan tidak perlu repot-repot untuk mengolahnya. Tapi tahukah Anda? Bahwa jus kemasan juga bisa menjadi pemicu asam urat. Pada minuman kemasan biasanya akan terdapat kandungan pemanis buatan dan zat lain yang dapat mengakibatkan asam urat, sehingga minuman tersebut tidak lagi alami dan bukan dari sari buah alami. Ada baiknya Anda mulai menghindari mengkonsumsi minuman seperti ini, dan lebih memilih jus untuk asam urat dengan olahan sendiri.

Tips Konsumsi Minuman untuk Penderita Asam Urat

  1. Sebaiknya hindari minuman yang mengandung pemanis dan pewarna buatan terlalu tinggi
  2. Hindari konsumsi alkohol terlalu berlebihan.
  3. Kurangi konsumsi kopi secara berlebihan, jika Anda memang ingin minum kopi bisa menggantinya dengan kopi herbal. Baca juga: Suplemen untuk Asam Urat.
  4. Jika Anda penikmat teh, usahakan memilih teh hijau karena sangat baik untuk kesehatan.
  5. Perbanyaklah minum air putih agar dapat membantu purin keluar dalam tubuh.
  6. Jika Anda memiliki riwayat penyakit ginjal hindari minuman air kelapa.
  7. Jika ingin mengkonsumsi jus, sebaiknya mengolah dan memilih buahnya sendiri.

Faktor Lain Penyebab Asam Urat

Selain karena faktor minuman, ada faktor lainnya yang dapat memicu terjadi serangan asam urat. Beberapa faktor tersebut seperti:

  1. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung purin. Beberapa makanan yang bisa memicu asam urat seperti: asparagus, bayam, jeroan, daging merah, ikan sarden, makarel, kacang kapri, jengkol, buncis, kembang kol, biji melinjo.
  2. Kelebihan berat badan (obesitas). Penumpukan lemak dan kalori dalam tubuh yang terlalu berlebihan juga dapat memicu resiko terjadinya asam urat. Sebab jika purin sudah menyatu dan terhalang oleh timbunan lemak dan kalori, maka ginjal semakin kesulitan untuk mengolah purin. Akibatnya purin malah terus menumpuk hingga melewati batas wajar.
  3. Jenis kelamin. Faktor jenis kelamin juga adalah salah satu pemicu asam urat. Biasanya orang yang menderita asam urat adalah laki-laki, mereka dapat terkena asam urat saat usianya sudah memasuki usia 30 tahun ke atas. Sedangkan untuk wanita, resiko asam urat biasanya menyerang saat sudah memasuki masa menopause. Baca juga: Obat Oles untuk Asam UratObat Asam Urat di Apotik.
  4. Faktor umur. Kebanyakan penderita asam urat orang tua yang sudah lanjut usia. Namun untuk sekarang ini, faktor umur sebenarnya tidak terlalu berpengaruh. Sebab sudah banyak juga anak muda yang terserang gejala asam urat dengan cepat. Ini disebabkan karena faktor gaya hidup yang buruk seperti terlalu sering mengkonsumsi alkohol, rokok, dan yang lainnya.
  5. Faktor genetik. Walaupun genetik sebenarnya tidak terlalu berpengaruh, namun resiko nya tetap bisa saja terjadi. Jika Anda memiliki anggota keluarga yang terserang asam urat, kemungkinan penyakit tersebut bisa menurun.

Itulah pembahasan mengenai 10 minuman penyebab asam urat tinggi wajib dihindari. Resiko terserang gejala asam urat akan semakin tinggi jika Anda terus mengkonsumsi jenis minuman tersebut. Sehingga ada baiknya mulai sekarang, Anda benar-benar menghindari beberapa jenis minuman yang telah disebutkan di atas. Selain minuman Anda juga sebaiknya menghindari pantangan makanan bagi penderita asam urat. Tidak hanya untuk penderita asam urat, sebaiknya Anda yang masih dalam keadaan sehat juga menghindari konsumsi berlebihan minuman diatas, agar terhindar dari resiko terjadinya asam urat. Karena mencegah terjadinya suatu penyakit lebih baik daripada mengobati penyakit yang sudah terjadi.

, , ,