Sponsors Link

9 Minuman untuk Asam Urat Tinggi yang Aman dan Dianjurkan

Sponsors Link

Tidak hanya makanan saja yang harus dijaga oleh penderita asam urat, namun minuman juga. Sekarang Anda juga harus mengetahui minuman seperti apa yang bisa dan aman untuk dikonsumsi penderita asam urat. Anda tentu tidak ingin mengikuti apa kata lidah Anda tanpa mempertimbangkan bagaimana dampaknya bagi tubuh Anda bukan? Yuk simak ulasan tentang kriteria minuman untuk asam urat berikut ini:

ads

1. Tidak mengandung zat purin yang tinggi

Penyebab asam urat adalah tingginya kadar asam urat dalam darah yang dipicu oleh beberapa faktor. Mengonsumsi makanan maupun minuman dan menerapkan gaya hidup yang kurang sehat, merupakan faktor utama penyebab timbulnya asam urat. Salah satu zat yang memicu tidak terkontrolnya asam urat dalam darah adalah purin.

Zat ini akan memicu kadar asam urat menjadi tinggi dan mengkristalkannya di area persendian tubuh Anda. Pengkristalan ini akan memicu radang pada area sendi, rasa sakit, memar, yang berujung pada pembengkakan sendi. Jika Anda memiliki riwayat penyakit asam urat, hindari minuman yang mengandung zat purin tinggi. Contoh minuman yang memiliki zat purin tinggi adalah bir, soda, alkohol, serta beberapa jenis jus campuran buah-buahan. Hindari minuman tersebut ya.

2. Hindari fruktosa

Fruktosa merupakan jenis gula yang sangat berbahaya bagi tubuh Anda. Bukan hanya bagi penderita asam urat saja, bagi semua orang, fruktosa sangat berbahaya apabila dikonsumsi secara berlebihan. Sebenarnya fruktosa ini merupakan salah satu jenis gula yang mudah larut dalam tubuh dengan bantuan air. Namun seiring berjalannya waktu, banyak minimal olahan yang menggunakan fruktosa buatan untuk memaniskan minuman yang mereka produksi.

Minuman dengan fruktosa buatan ini biasanya ditemukan pada minuman dengan cita rasa buah-buahan. Usahakan hindari minuman dengan gula dan fruktosa yang berlebihan, seperti sirup, minuman kalengan buah-buahan, dan hampir semua minuman dingin yang dijual di mini market atau pusat perbelanjaan di sekitar tempat tinggal Anda.

3. Hindari minuman beralkohol

Minuman beralkohol merupakan salah satu minuman yang harus benar-benar dihindari. Ragi yang digunakan untuk membuat alkohol mengandung zat purin yang sangat tinggi, sehingga akan memicu naiknya kadar asam urat dalam darah Anda. Usahakan menghindari minuman jenis ini, meskipun kandungan dalam kemasannya kerap kali tertulis ‘rendah alkohol’ ada baiknya jika Anda tetap menghindarinya.

4. Jangan minum softdrink

Softdrink merupakan jenis minuman yang wajib ada ketika pesta. Namun sayangnya kandungan soda dan gula yang ada dalam minuman jenis softdrink dapat memicu kadar asam urat yang ada dalam darah Anda. Hindari minuman penyebab asam urat ini agar kadar asam urat Anda tetap stabil.

5. Kurangi kafein

Bolehkah penderita asam urat minum kopi? Kopi dan teh merupakan dua minuman yang memiliki kandungan kafein di dalamnya. Pro kontra antara aman atau tidaknya konsumsi kafein untuk penderita asam urat memang masih diperdebatkan. Namun pada akhirnya sebagai jalan yang paling aman, tulisan ini menyarankan bahwa menghindarinya akan jauh lebih baik. Mengapa? Karena salah satu penelitian menyebutkan bahwa kafein dapat memperparah serangan dan rasa sakit akibat asam urat.

Sponsors Link

Contoh Minuman yang Aman Diminum Penderita Asam Urat

Tidak hanya makanan penyebab asam urat saja yang harus diperhatikan, namun minuman juga. Setelah mengetahui minuman yang harus dihindari oleh penderita asam urat, berikut ini merupakan minuman yang bisa dan aman untuk Anda konsumsi:

1. Air putih

Sudah diketahui bahwa air putih memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh Anda, terutama bagi penderita asam urat. Mengonsumsi air putih akan membantu Anda untuk menetralisir kandungan asam urat yang tiba-tiba tidak terkontrol dan mencegah terjadinya serangan asam urat. Jika Anda memiliki riwayat penyakit asam urat maka Anda tidak boleh sampai kekurangan cairan tubuh. Hal ini akan membuat tubuh Anda dehidrasi dan asam urat dalam darah Anda akan segera naik. Duh jangan sampai ya!

2. Cokelat / dark coklat

Buat Anda yang suka minuman cokelat kemasan namun tidak bisa mengonsumsinya kembali, mungkin ini adalah solusi terbaik untuk Anda. Dark cokelat, memiliki warna yang sedikit lebih hitam dari earna cokelat biasanya. Rasanya pun sedikit pahit cika dibandingkan dengan cokelat yang diberi pemanis dan campuran susu di dalamnya. Sebagai salah satu rekomendasi minuman untuk asam urat, Anda dapat melelehkan dark cokelat asli dan mencampurkan sedikit air di dalamnya. Menyeduhnya selagi hangat tampaknya sangat cocok untuk cuaca yang tak menentu, seperti hari ini.

Sponsors Link

3. Susu rendah lemak

Produk olahan dari susu merupakan makanan yang cukup aman untuk dikonsumsi. Sebut saja keju, yoghurt, low fat butter, dan produk olahan susu yang lainnya, sangat aman untuk penderita asam urat. Jika produk olahannya saja aman, bagaimana dengan minuman susu? Jawabannya adalah aman. Dengan konsumsi yang diperhatikan. maka susu rendah lemak sangat aman untuk dikonsumsi bagi penderita asam urat. Seimbangkan juga dengan konsumsi air putihnya juga ya.

4. Jus

Bukan barang yang baru, jika jus untuk asam urat baik dari buah maupun sayur merupakan salah satu minuman yang aman untuk dikonsumsi. Sebagai tips tambahannya, hindari penambahan gula yang berlebihan pada jus buatan Anda. Usahakan tidak menambahkan sirup atau pemanis buatan lainnya yang mengandung fruktosa. Hindari membuat jus campuran dari beberapa jenis buah-buahan atau sayuran juga. Hal ini bukan tanpa alasan, kandungan gula alami yang menumpuk dari beberapa buah yang Anda buat jus akan membuat kadar gula Anda naik dan memicu peningkatan asam urat juga. Perhatikan baik-baik ya.

Ulasan tadi sudah membahas tentang minuman untuk asam urat tinggi yang aman dan dianjurkan untuk dikonsumsi. Yuk mulai perhatikan kesehatan Anda dan asam urat dalam darah Anda sekarang juga.

, , , ,