Sponsors Link

6 Cara Mengatasi Nyeri Leher Karena Asam Urat Tinggi

Sponsors Link

Ada banyak hal yang menyebabkan sakit leher. Penyebab sakit leher dapat berupa postur duduk yang tidak benar, terkilir, salah posisi tidur, terlalu stres atau cemas. Sangat jarang nyeri leher disebabkan karena penyakit asam urat. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa perasaan tidak nyaman pada leher Anda disebabkan oleh asam urat. Beberapa penyebab asam urat di leher adalah kelebihan zat purin, penumpukan lemak, dan konsumsi makanan atau minuman penyebab asam urat.

ads

Secara medis, Anda bisa mengobati asam urat dengan meminum obat-obatan peredam nyeri seperti ibuprofen atau paracetamol. Selain dengan obat medis, cara mengatasi nyeri leher karena asam urat bisa juga dengan cara:

1. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup akan membantu Anda untuk mengatasi nyeri leher akibat asam urat. Banyak bergerak dan beraktivitas membuat nyeri semakin kuat dan meradang. Sendi yang ada pada leher juga dapat membengkak dan akan menimbulkan rasa sakit yang lebih parah. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidak melakukan kegiatan berat saat mengalami nyeri leher akibat asam urat.

2. Membuat obat oles untuk asam urat dengan bahan singkong

Banyak bahan alami yang Anda dapat gunakan sebagai obat oles untuk mengatasi nyeri leher akibat asam urat, salah satunya adalah singkong. Selain untuk dikonsumsi, singkong juga dapat mengurangi rasa nyeri pada sendi. Caranya adalah haluskan singkong dan campurkan dengan 15 gram jahe dan daun sirih. Setelah itu, oleskan singkong pada bagian leher yang nyeri. Tunggu 10-15 menit dan bersihkan.

3. Meminum suplemen penurun asam urat

Anda dapat mengatasi asam urat dengan menggunakan suplemen penurun asam urat. Suplemen tersebut antara lain Jiang Zi Tea yang mana mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh sehingga melancarkan peredaran darah dan terdapat kalsium untuk tulang. Selain itu, ada juga Alfalfa yaitu suplemen dari berbagai jenis kacang yang mengandung vitamin A, B, C, D, E, K, kalsium, potassium, karotin, mineral, dan zat besi. Ada juga suplemen yang komposisinya terdiri dari ekstrak teripang yaitu Jelly Gamat Gold-G yang mengandung glukosamin sulfat dan chondroitin yang baik untuk memulihkan penyakit sendi seperti asam urat pada leher.

4. Membuat kompres

Jika nyeri yang Anda rasakan tidak terlalu parah, Anda dapat mengatasi rasa nyeri sementaranya dengan membuat kompres dengan suhu dingin. Kompres dari suhu dingin akan membantu mengatasi rasa sakit. Cara kompresnya adalah dengan membalut es batu dengan handuk dan kompres ke area leher yang terasa nyeri selama 10-15 menit. Kompres selama dua hari setiap dua jam hingga rasa nyeri berkurang. Anda juga dapat menambahkan minyak peppermint untuk meringankan leher yang kaku dengan cara meneteskan dua tetes minyak peppermint ke mangkuk air dingin, rendam handuk tipis, dan kompres bagian leher selama 10-15 menit.

Sponsors Link

5. Mengobati dengan obat herbal untuk asam urat

Anda juga dapat membuat suplemen sendiri jika tidak mau menggunakan suplemen yang banyak dijumpai di pasaran. Bahan alami seperti tumbuh-tumbuhan dapat membantu Anda mengatasi rasa nyeri leher akibat asam urat. Jenis tumbuh-tumbuhan tersebut adalah:

  • Daun binahong: Daun binahong dapat menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh karena mengandung polifenil, saponin, oleanotik, dan juga minyak astiri.
  • Daun sirsak: Daun sirsak dipercaya mempunyai kandungan vitamin A dan vitamin C yang cukup tinggi untuk mengeluarkan racun dari tubuh sehingga mampu mengurangi rasa nyeri karena penumpukan kristal purin di leher.
  • Daun kumis kucing: Daun kumis kucing mempunyai sifat diuretik yang dapat membuat kristal purin larut dan keluar lewat urin.
  • Daun sidaguri: Daun sidaguri dapat dikonsumsi setelah dipanaskan dengan cara merebus sebanyak 20 gram yang ditambah 3 gelas.
  • Daun salam: Daun salam yang merupakan bahan penyebab makanan juga dapat membantu mengurangi asam urat pada leher dengan cara merebus daun salam dan meminum air rebusannya pada pagi dan malam hari.
Sponsors Link

6. Hindari makanan dan minuman penyebab asam urat

Jika terkena asam urat, Anda harus memperhatikan pola makan dan makanan yang Anda makan. Sekarang ini banyak makanan penyebab asam urat karena mengandung zat purin tinggi. Makanan tersebut dapat berupa:

  • Sayuran : bayam, asparagus, kembang kol, jamur, kacang panjang, buncis
  • Makanan laut: ikan anchovy, ikan sarden, kepiting, ikan tuna, ikan salmon, ikan kakap, lobster, kerang, udang
  • Daging: jeroan, daging bebek, dan daging kalkun
  • Makanan bersantan

Selain makanan, Anda juga harus menghindari minuman-minuman penyebab asam urat seperti alkohol dan minuman bersoda, karena dapat menghambat asam urat keluar dari tubuh.

Itulah enam cara untuk mengatasi nyeri leher karena asam urat. Segera kunjungi dokter spesialis syaraf untuk konsultasi dan mengetahui pengobatan lebih lanjut terlebih jika penyakit yang Anda rasakan disertai demam, tidak segera sembuh, gejala makin parah, dan terlalu nyeri hingga kebas dan dingin.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Pengobatan