Sponsors Link

4 Cara Mencegah Nyeri Sendi Asam Urat Tinggi

Sponsors Link

Salah satu gejala awal yang sering kita rasakan ketika menderita sakit asam urat adalah nyeri sendi. Nyeri sendi pada penyakit asam urat disebabkan oleh menumpuknya asam urat dan membentuk kristal yang yang menancap ke sendi-sendi tubuh. Rasa nyeri pada sendi tersebut juga akan berlanjut kepada pembengkakan dan juga kulit yang kemerahan, Untuk mengatasi dan mencegah terjadinya nyeri sendi asam urat kita bisa melakukan cara-cara dibawah ini,

ads

1. Mengurangi makanan yang mempunyai kadar purin yang tinggi

Zat purin adalah suatu zat yang terdapat di dalam sel yang terdapat pada tumbuhan maupun hewan yang jika masuk ke tubuh akan bermetabolisme menjadi asam urat. Sebenarnya jika kadar asam urat tersebut itu jumlahnya normal, zat tersebut dapat berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi pembuluh darah. Namun jika kadarnya tinggi dan tidak dapat dikeluarkan lagi melalui sistem ekskresi tubuh, maka zat tersebut akan menumpuk dan membentuk kristal asam urat dalam urine yang menjadi penyebab penyakit asam urat.

Maka dari itu, untuk mencegah asam urat sebaiknya kita mengurangi atau membatasi makanan-makanan yang mengandung purin yang tinggi. Beberapa contoh makanan yang mengandung kadar purin yang tinggi yang sebaiknya dihindari pada penderita asam urat adalah sebagai berikut :

  • Daging: Terutama daging merah yang berasal dari hewan seperti sapi dan juga kambing mempunyai kadar purin yang tinggi. Selain dagingnya, organ dalam hewan seperti ati, jantung, usus, dan lainnya juga mempunyai purin yang tinggi
  • Sea food: Berbagai jenis makanan laut seperti kerang, udang, kepiting dan beberapa jenis ikan juga mempunyai kadar purin yang cukup tinggi.
  • Kacang-Kacangan: Kacang-kacangan juga mempunyai kadar purin yang tinggi, Beberapa kacang-kacangan yang mempunyai kadar prin yang tinggi antara lain kacang merah dan juga melinjo
  • Kopi, teh, dan cokelat: Selain mengandung kafein yang tinggi, ternyata kopi, teh dan coklat juga mempunyai purin yang tinggi

2.  Perbanyak minum air putih

Mengkonsumsi air putih sangat penting bagi kesehatan tubuh kita, Dalam sehari kita disarankan untuk minum setidaknya 2 liter atau sekitar delapan gelas air putih. Jika kebutuhan air dalam tubuh tidak mencukupi, maka tubuh akan mengalami dehidrasi. Bagi penderita asam urat, jangan sampai mengalami dehidrasi, karena jika mengalami dehidrasi justru akan meningkatkan asam urat di dalam tubuh sehingga semakin memperparah penyakit asam uratnya.

Salah satu manfaat air putih yang berhubungan dengan asam urat adalah dapat menghilangkan asam urat dari dalam tubuh dalam bentuk urine. Selain air putih, buah-buahan yang mengandung banyak air, seperti semangka, melon,  nanas, dan belimbing dapat juga dikonsumsi untuk mengurangi serta menghilangkan tumpukan asam urat yang ada di tubuh

3. Menerapkan pola hidup sehat

Pola hidup yang sehat adalah cara yang terbaik untuk mencegah dari berbagai macam penyakit, termasuk nyeri sendi karena asam urat. Hal yang pertama dilakukan dalam pola hidup yang sehat adalah mengatur asupan makanan yang ada di tubuh kita. Pastikan makanan yang kita konsumsi tersebut mempunyai gizi yang cukup bagi tubuh kita dan juga sesuai dengan jumlah kebutuhan kalori kita. Jangan terlalu makan berlebihan atau makan makanan yang tidak sehat karena hanya akan menumpuk di tubuh dan menjadi sumber penyakit.

Selain menjaga pola makan, dalam menerapkan pola hidup sehat kita juga harus rutin berolahraga, karena dengan berolahraga metabolisme tubuh kita tetap terjaga sehingga semua sistem yang ada dalam tubuh dapat berfungsi dengan baik. Menghindari berbagai kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol juga termasuk pola hidup sehat yang dapat mencegah kita dari berbagai macam penyakit seperti asam urat. Pola hidup sehat juga membantu kita mencapai berat badan yang ideal sehingga mengurangi resiko kita untuk terkena asam urat. Imbangi juga pola hidup yang sehat dengan istirahat yang teratur dan juga kurangi stress.

4. Memeriksakan kesehatan ke dokter

Jika dibiarkan, asam urat dapat menjadi pertanda munculnya penyakit komplikasi asam urat lainnya yang bisa berakibat lebih parah. Misalnya saja batu ginjal. Asam urat yang menumpuk di sendi jika dibiarkan akan juga bisa menumpuk di  ginjal dan menjadi batu ginjal yang dapat merusak fungsi ginjal. Maka dari itu memeriksakan kondisi kesehatan secara rutin ke dokter kita perlukan untuk mencegah secara dini penyakit-penyakit yang akan muncul, termasuk asam urat itu. Kita juga dapat mengecek apakah kadar asam urat di tubuh kita tersebut masih normal atau cenderung berlebih.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai cara mencegah dan mengatasi nyeri sendi asam urat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menjadi referensi bagi anda yang sedang mencari cara mengatasi nyeri sendi pada asam urat. Terimakasih telah membaca.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Pencegahan