Sponsors Link

Pilihan Obat Alami Asam Urat Di Lutut Yang Aman

Sponsors Link

Asam urat merupakan salah satu senyawa yang terdapat di dalam tubuh hasil metabolisme zat purin oleh enzim xanthin oksidase. Fungsi asam urat di dalam tubuh adalah sebagai antioksidan, neuroprotektif, dan lain sebagainya yang tentunya menjadi senyawa yang memang bermanfaat. Peningkatan kadar asam urat diatas kadar asam urat normal yakni 6,0 mg/dl untuk wanita dan 7,0 mg/dl untuk pria dapat menyebabkan terjadinya penyakit asam urat sebagai salah satu jenis penyakit kronis yang paling banyak terjadi di masyarakat baik mereka yang memiliki usia lanjut maupun tidak menutup kemungkinan bagi yang masih muda.

ads

Penyakit asam urat menjadi salah satu kondisi penyakit yang dapat mengakibatkan beberapa gejala menyakitkan seperti munculnya nyeri dan pembengkakan pada daerah persendian. Gejala penyakit asam urat tersebut muncul karena adanya penumpukan kristal asam urat berbentuk jarum yang terjadi di daerah persendian akibat adanya peningkatan kadar asam urat tersebut yang melebihi dari kadar asam urat normal sehingga menyebabkan eksresinya terhambat.

Asam urat dapat terjadi di berbagai macam persendian tubuh termasuk lutut ketika kristal asam urat yang berbentuk jarum tersebut menumpuk di daerah tersebut. Kondisi penyakit asam urat pada daerah lutut tentu harus diatasi dan dicegah agar tidak terjadi karena dapat menyebabkan gangguan sakit yang kuat dan menjadikan penderitanya sulit beraktivitas. Berikut ini beberapa jenis obat alami asam urat di lutut yang dapat membantu mengatasi kondisi tersebut.

  1. Air Putih

Pengobatan alami pada berbagai jenis penyakit merupakan jenis pengobatan yang paling rendah resiko efek sampingnya namun tidak untuk digunakan dalam kondisi kritis karena memang manfaat yang dapat diperoleh perlu waktu yang lebih lama dibandingkan dengan pengobatan medis. Siapa yang menyangka ternyata mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak dapat menjadi salah satu pengobatan alami untuk penderita penyakit asam urat. Konsumsi air putih yang banyak dapat membantu mengencerkan urine dan mencegah terjadinya penumpukan kristal jarum asam urat sebagai penyebab berbagai macam gejala atau serangan penyakit tersebut. 

  1. Pengaturan pola makan

Pengobatan alami dan menjadi salah satu cara paling efektif dalam mencegah terjadinya penyakit asam urat yang kambuh atau mengatasi asam urat pada lutut adalah dengan mengatur pola makan. Pengaturan pola makan terutama dengan menghindari makanan yang terlalu banyak mengandung zat purin dapat membantu berfungsi sebagai salah satu pengobatan atau obat alami asam urat di lutut. Beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan zat purin tinggi diantaranya seperti daging merah, jerihan, kacang kacangan dan olahannya, serta lain sebagainya.

  1.  Cuka apel

Jenis obat alami untuk asam urat yang terjadi di lutut selanjutnya adalah cuka apel. Cairan atau minuman yang terbuat dari hasil fementasi sari buah apel tersebut dapa mencegah terjadinya penumpukan kadar asam urat di daerah persendian termasuk pada lutut serta dapat membantu dalam mengatasi kondisi peradangan akibat adanya kristal asam urat tersebut. Cuka apel memang dikenal sejak lama baik untuk kesehatan dan mampu menurunkan berat badan sebagai salah satu upaya yang perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya berbagai macam penyakit degeneratif termasuk penyakit asam urat. 

  1.  Jahe

Jahe juga Jenis obat herbal yang dapat membantu mengatasi penyakit asam urat selain sebagai salah satu rempah bumbu masakan. Di dalam jahe terdapat kandungan dua senyawa anti radang atau anti inflamasi gingerols dan shogaol yang dapat membantu dalam mengatasi kondisi peradangan cukup parah akibat adanya penumpukan kristal asam urat di dalam sendi yang berbentuk jarum. Jahe juga mampu bersifat antibakteri dan berperan dalam peningkatan daya tahan tubuh sehingga menjadikan penderita asam urat kesehatannya lebih terjaga. 

  1. Lemon

Lemon maupun buah jeruk dan buah buahan lain yang memiliki kandungan vitamin C tinggi juga dapat digunakan sebagai salah satu obat alami dalam mengatasi penyakit asam urat. Vitamin C dapat membantu meredakan rasa sakit akibat adanya serangan asam urat. Selain memiliki kandungan vitamin C, di dalam buah lemon juga terdapat kandungan kalium yang bermanfaat dalam menjaga fungsi ginjal dan membantu menjaga kadah pH darah serta urin. Penggunaan lemon sebaiknya lebih berhati hati bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit peningkatan asam lambung atau maag karena rasa asam dari lemon yang cukup kuat. 

  1.  Brokoli dan sawi hijau

Beberapa jenis sayuran juga dapat dijadikan bahan alami dalam mengatasi kondisi penyakit asam urat yakni brokoli dan sawi hijau. Brokoli dan sawi hijau memiliki kandungan senyawa yang penting dalam mengatasi penyakit asam urat diantaranya seperti vitamin C, mineral kalsium dan kalium, dan lain sebagainya. Mengkonsumsi brokoli dan sawi hijau dapat membantu meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh penderita asam urat sehingga membantu mengaktifkan sistem perlindungan diri untuk melawan penyakit tersebut.

  1. Rebusan dedauan

Obat asam urat alami selanjutnya adalah rebusan beberapa jenis herbal dan dedaunan. Daun serai, daun dewa, daun salam, daun pegagan, daun sirsak, dan jenis daun lainnya dapat dijadikan rebusan untuk mengatasi kondisi penyakit asam urat dan mencegah agar tidak kambuh lagi tanpa efek samping berarti jika digunakan dalam jangka waktu berkepanjangan. 

Itulah beberapa jenis obat alami asam urat dilutut yang dapat dicoba untuk membantu mengatasi kondisi penyakit asam urat yang sampai saat ini masih banyak penderitanya. Selain jenis obat yang disebutkan diatas masih banyak obat traditional alami yang dapat juga digunakan alam mengatasi asam urat diantaranya seperti buah nanas, buah ceri. daun pepaya. daun pare, bidara, sidaguri, dan lain sebagainya yang dapat dipilih dalam menurunkan kadar asam urat di dalam darah. 

, , , ,



Oleh :
Kategori : Pengobatan