Sponsors Link

Obat Asam Urat Akut Yang Efektif Dan Ampuh

Sponsors Link

Asam urat menjadi salah satu zat yang memiliki manfaat di dalam tubuh sehingga harus diproduksi melalui proses  mekanisme dan metabolisme tertentu. Fungsi asam urat bagi tubuh diantaranya sebagai neuroprotektif, antioksidan, dan warning bagi adanya permasalahan kesehatan yang terjadi di dalam tubuh. Kondisi asam urat yang melebihi kadar asam urat normal yakni 6,0 mg/dl untuk wanita dan 7,0mg/dl untuk laki laki dapat memicu permasalahan kesehatan yang disebut sebagai penyakit asam urat.

ads

Kondisi penyakit asam urat banyak diderita oleh mereka yang sudah memiliki umur tua, namun belakangan penyakit ini juga mulai banyak diderita para kaum muda akiba gaya hidup yang salah dan konsumsi makanan yang banyak mengandung zat purin secara berlebihan. Penderita asam urat akan mengalami gejala yang cukup menyakitkan akibat adanya penumpukan kristal asam urat yakni rasa nyeri hebat pada persendian yang lama lama dapat meningkatn menjadi bengkak.

Kondisi penyakit asam urat dapat menjadi akut ketika kadar asam urat di dalam darah memiliki jumlah yang jauh diatas batas normalnya. Keadaan penyakit asam urat akut tersebut harus dapat ditangani dengan baik dan cepat untuk menghindari adanya kondisi dan dampak pada tubuh yang lebih parah. Dalam proses penanganannya, penggunaan obat asam urat akut sangat dibutuhkan. Berikut ini beberapa jenis obat asam urat yang akut dalam penjelasan di bawah ini.

  • Obat Penurun Kadar Asam Urat

Untuk mengatasi kondisi asam urat akut maka pemilihan jenis obatnya biasanya akan lebih banyak dititik beratkan pada penanganan gejala hebat yang muncul disertai dengan penurunan kadar asam urat. Beberapa jenis obat penurun kadar asam urat yang dapat digunakan dalam mengatasi penyakit asam urat akut diantaranya seperti :

  1. Allopurinol

Allopurinol menjadi salah satu obat penurun kadar asam urat yang paling familiar dan banyak digunakan. Allpurinol memiliki mekanisme kerja dengan cara memberi hambatan pada salah satu enzim penting dalam proses metabolime zat purin untuk menjadi asam urat yakni enzim xantin oxidase. Enzim tersebut memiliki keterlibatan yang sangat besar dalam proses pembentukan asam urat di tubuh. Dengan hambat terhadap enzim tersebut maka asam urat dalam tubuh tidak akan terproduksi dan penumpukan asam urat yang ada dapat diekskresi perlahan oleh ginjal  sehingga masalah penyakit asam urat akut bisa diatasi.

  1. Probenecid

Probenecid untuk asam urat merupakan jenis obat golongan urikosurik yang bekerja dengan cara membnatu ginjal dalam proses mengeksresikan asam urat yang berlebih di dalam darah. Mekanisme kerja yang berbeda dengan allopurinol menjadikan obat ini sebagai alternatif pilihan obat dalam mengatasi terjadinya peningkatan kadar asam urat. Pada beberapa pasien asam urat yang sudah sangat parah, penggunaan obat penurun kadar asam urat jika tidak memberikan hasil dengan peningkatan dosis maka biasanya akan dikombinasikan.

  1. Febuxostat

Jika dilihat dari efektifnya obat febuxostat lebih memiliki efektifitas yang lebih baik dalam menurunkan kadar asam urat di dalam darah dibandingkan dengan allopurinol yang secara mekanisme sebenarnya sama sama obat golongan penghambat enzim xanthin oksidase. Harga dari merek obat yang memiliki kandungan bahan aktif febuxostat lebih mahal dibandingkan dengan obat dengan bahan aktif allopurinol sehingga terkadang menjadi pertimbangan untuk membelinya tanpa ada rekomendasi dari dokter. Merk obat di apotek yang memiliki kandungan febuxostat didalamnya adalah feburic.

  • Obat penghilang gejala asam urat akut

Penderita asam urat yang mengalami masalah asam urat akut akan merasakan sensasi gejala asam urat yang lebih parah akibat tingginya kadar asam urat di dalam darah. Untuk mengatasi kondisi tersebut maka dibutuhkan obat asam urat akut yang sesuai dalam mengatasi gejala hebat yang muncul. Berikut ini beberapa jenis obat yang digunakan untuk mengatasi asam urat akut diantaranya seperti :

  1. NSAID

Obat golongan NSAID atau non steroid antiinflamation drug menjadi pilihan pertama dalam mengatasi masalah gejala yang muncul akibat adanya penyakit asam urat akut. Obat golongan NSAID tersebut berfungsi untuk mengatasi gejala utama asam urat yakni bengkak dan nyeri di daerah sendi. Beberapa obat golongan NSAID yang dapat digunakan untuk mengatasi gejala asam urat diantaranya seperti :

  • Piroxicam yang menjadi salah satu jenis obat NSAID paling banyak digunakan oleh penderita asam urat baik atas resep dokter maupun tidak. Kombinasi allopurinol dan piroxicam menjadi salah satu pilihan obat yang banyak digunakan untuk mengatasi penyakit asam urat.
  • Meloxicam yang digunakan ketika piroxicam tidak mampu mengurangi rasa nyeri akibat serangan asam urat yang muncul.
  • Natirum diclofenac atau yang biasa dikenal dalam merk dagang voltadex menjadi obat golongan NSAID yang juga dapat dikombinasikan dalam proses pengobatan asam urat akut.
  • Celecoxib dengan merk dagang celebrex, novexib, menjadi salah satu NSAID selektif yang dapat membantu mengatasi gejala asam urat.
  1. Colchicine

Cochicine merupakan jenis obat yang dapat digunakan dalam mengatasi masalah gejala asam urat akut. Obat asam urat akut colchicine dapat membantu mengurangi rasa nyeri yang muncul dengan mekanisme yang berbeda dibandingkan NSAID dan  Steroid.

  1. Steroid

Obat golongan steroid digunakan untuk mengatasi gejala nyeri dan pembengkakan hebat pada penderita asam urat akut yang tidak bisa diatasi oleh obat golongan NSAID. Beberapa jenis obat golongan steroid yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah gejala asam urat hebat diantaranya seperti prednison dan methylprednisone.

Itulah beberapa jenis obat asam urat akut yang dapat dijadikan pilihan dalam mengatasi kondisi penyakit asam urat yang sudah sangat parah. Pemilihan jenis obat yang digunakan sebaiknya harus mendapatkan rekomendasi dari dokter terlebih dahulu berdasarkan hasil diagnosis dari dokter. Mengingat kondisi asam urat akut lebih banyak terjadi pada penderita yang memang sudah lama mengalami masalah asam urat maka pemilihan obat biasanya akan dilihat apakah obat yang sebelumnya masih dapat mengatasi atau tidak dan jika tidak maka obat yang digunakan pasti lebih baik dibandingkan obat sebelumnya.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Pengobatan