Sponsors Link

6 Obat Asam Urat Alami Paling Ampuh dan Cara Menggunakannya

Sponsors Link

Kadar asam urat dalam tubuh bisa diketahui dengan melakukan pemeriksaan darah, yang ditandai dengan gejala seperti nyeri pada persendian dan pembengkakan di bagian tubuh tertentu. Penyakit asam urat sendiri biasanya dialami oleh orang dewasa baik perempuan maupun laki-laki, namun pada umumnya dialami oleh laki-laki pada rentang usia 30-50 tahun. Sementara itu pada perempuan biasanya akan mulai muncul ketika memasuki masa menopause.

ads

Untuk menjaga agar kadar asam urat tidak meningkat dan kambuh, sangat penting untuk menghindari pantangan makanan bagi penderita asam urat dan teratur memeriksakan diri untuk mengecek kadar asam urat. Untuk mengatasi asam urat yang tinggi, di samping mengkonsumsi obat obatan kimia terdapat cara lain yang lebih alami, yaitu dengan memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai pengobatan alami. Nah, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai beberapa bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat asam urat alami beserta dengan cara penggunaannya. Simak pembahasannya di bawah ini ya.

1. Jahe

Bumbu dapur yang sering dipakai untuk mengatasi masalah kesehatan salah satunya adalah jahe. Manfaat jahe untuk asam urat adalah karena memiliki kandungan senyawa shogaol dan gingerols yang merupakan anti inflamasi, yang mana merupakan senyawa yang sangat baik untuk penderita asam urat. Jahe dapat diolah menjadi minuman hangat, dengan cara merebus jahe atau merendam jahe yang telah dibakar dengan air panas. Minuman jahe hangat ini bisa ditambahkan madu untuk membuatnya lebih manis, bisa dikonsumsi rutin setiap hari untuk mengatasi nyeri pada persendian dan meredakan pembengkakan yang dialami.

2. Pisang

Buah pisang memiliki kandungan zat purin yang sangat rendah, di mana zat purin adalah penyebab tingginya asam urat dan harus dihindari konsumsi makanan yang mengandung purin di dalamnya. Di samping rendah purin, pisang dapat dijadikan obat asam urat alami karena kandungan vitamin C dan kalium di dalamnya. Kalium merupakan salah satu zat yang bisa memecah kristal asam urat yang menyebabkan nyeri, agar dapat diekskresi dengan mudah melalui urin. Menjadi salah satu buah untuk asam urat tinggi yang baik untuk dikonsumsi, pisang dapat dikonsumsi sebanyak dua buah dalam sehari untuk membantu mengatasi asam urat.

3. Ceri

Di samping memiliki rasa yang manis dan enak, buah ceri memiliki khasiat sebagai anti inflamasi yang bisa mengatasi pembengkakan atau peradangan yang biasanya dialami oleh penderita asam urat. Berlebihannya produksi asam urat di dalam tubuh akan menyebabkan gangguan pada proses eksresinya, sehingga dapat mengakibatkan penumpukan asam urat di persendian maupun organ tubuh. Selain memiliki khasiat sebagai salah satu cara menghilangkan bengkak asam urat, buah ceri juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu menghambat produksi asam urat agar tidak berlebihan di dalam tubuh.

4. Apel

Apel juga dapat dimanfaatkan sebagai obat asam urat alami, karena di dalamnya terkandungan vitamin C yang cukup tinggi dan rendah akan kandungan zat purin. Buah apel juga merupakan buah yang baik untuk penderita rematik, sehingga juga baik untuk penderita asam urat karena bisa menjadi pertolongan pertama pada asam urat dengan meredakan rasa sakit dan nyeri pada persendian. Buah apel dapat dikonsumsi setiap hari sebanyak 2-4 buah dalam satu hari, untuk membantu mengatasi gangguan asam urat. Buah apel juga direkomendasikan untuk orang yang sehat sebagai salah satu cara pencegahan agar tidak mengalami tanda-tanda asam urat.

5. Lemon

Jeruk lemon yang kaya akan manfaat untuk kesehatan, termasuk bermanfaat untuk membantu menyembuhkan penyakit asam urat. Lemon sangat tinggi akan kandungan vitamin C, di mana vitamin C termasuk ke dalam senyawa antioksidan yang baik untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Manfaat lemon untuk asam urat adalah dapat membantu menstabilkan kadar asam urat, membatu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh dan menyembuhkan pembengkakan yang dialami. Untuk mendapatkan manfaatnya, lemon dapat dibuat menjadi jus atau dapat diperas sarinya. Sari lemon kemudian ditambahkan dengan air panas atau hangat dan ditambahkan madu untuk dikonsumsi satu hari sekali.

6. Cuka apel

Selain buah apel, cuka apel yang kaya manfaat juga bisa digunakan sebagai obat asam urat alami. Khasiat cuka apel bisa membantu menurunkan kadar asam urat, mengatasi nyeri pada persendian tulang dan menyembuhkan peradangan akibat asam urat. Cara mengobati asam urat dengan cuka apel secara tepat adalah dengan mencampurkan 1 sendok makan cuka apel, madu secukupnya dan air hangat dalam gelas. Konsumsi minuman cuka apel ini secara teratur dan rutin setiap pagi hari, agar penyembuhan asam urat dapat optimal.

Demikian ulasan mengenai beberapa obat asam urat alami yang bisa digunakan beserta bagaimana cara menggunakannya. Semoga bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal