Sponsors Link

Obat Asam Urat Ampuh Di Apotik Dengan Resep Dokter

Sponsors Link

Penyakit asam urat merupakan salah satu jenis penyakit kronis yang dapat terjadi akibat adanya peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh atau yang disebut sebagai hiperurisemia. Penderita asam urat akan mengalami beberapa gejala mulai dari rasa sakit dan nyeri di bagian bagian sendiri serta munculnya peraangan yang tentu dapat menganggu aktivitas harian dan pastinya menyebabkan kondisi yang tidak nyaman. Munculnya rasa sakti dan nyeri tersebut akibat kadar asam urat yang tinggi tidak dapat diekskresi oleh ginjal dan menetap pada bagian bagian sendi.

ads

Bentuk senyawa asam urat yang berupa kristal jarum tersebutlah yang dapat menimbulkan rasa nyeri terutama di malam hari. Kondisi seseoarang yang mengalami serangan asam urat biasanya dapat terjadi ketika kadar asam urat di tubuh lebih dari keadaan normalnya. Kadar asam urat normal pada tubuh manusia berbeda antara pria dan wanita, pria maksimal 7mg/dl dan wanita 6mg/dl. Meskipun asam urat merupakan jenis penyakit kronis namun kondisi serangannya masih dapat dicegah dan diobati gejalanya.

Mengobati gejala penyakit asam urat dapat dilakukan secara medis maupun dengan jalan traditional. Untuk mengatasi kondisi penyaki asam urat secara medis maka perlu dilakukan pengecekan kadar asam urat terlebih dahulu agar dapat memastikan bahwa kondisi gejala tersebut disebabkan oleh peningkatan kadar asam urat. Beberapa obat asam urat yang banyak terdapat di apotik dapat digunakan mengobati gejala dan menurunkan kadar asam urat agar normal. Berikut ini beberapa obat asam urat ampuh di apotik yang dapat digunakan untuk mengatasi penyakit tersebut.

Jenis obat medis asam urat pertama yang merupakan adalah obat golongan penghambat xanthine-oxidase. Ada dua obat penghambat enzim xanthine-oxidase yang dapat menjadikan proses metabolisme purin tidak menghasilkan asam urat. Obat golongan penghambat xanthine-oxidase yang banyak digunakan di Apotek sebagai cara mengatasi atau menurnkan kadar asam urat diantaranya sebagai berikut ini.

  • Allopurinol, obat ini merupakan salah satu obat yang mungkin paling familiar di gunakan oleh para penderita asam urat. Obat yang berfungsi untuk menurunkan kadar asam urat ini merupakan pilihan pertama dalam terapi atau proses penyembuhan asam urat. Beberapa merk dagang allopurinol diantaranya seperti urica, alofar, algut, nilapur, dan lain sebagainya.
  • Febuxostat, Jika dilihat dari efektifnya obat febuxostat lebih memiliki efektifitas yang lebih baik dalam menurunkan kadar asam urat di dalam darah dibandingkan dengan allopurinol, namun harga dari merek obat yang memiliki bahan aktif febuxostat lebih mahal dibandingkan dengan obat dengan bahan allopurinol. Merk daga obat dengan kandungan febuxostat diapotek diantaranya seperti feburic.

Jenis obat lainya yang juga ampuh digunakan untuk mengatasi gejala asam urat adalah obat golongan NSAID. Obat golongan NSAID atau non steroid antiinflamation drug yang berfungsi untuk mengatasi salah satu gejala utama asam urat yakni bengkak dan nyeri di daerah sendi. Obat yang dapat digunakan untuk mengatasi gejala tersebut dan termasuk dalam golongan NSAID diantaranya seperti :

  • Piroxicam, piroxicam menjadi salah satu jenis obat NSAID yang banyak digunakan pada penderita asam urat. Kombinasi allopurinol dan piroxicam sudah biasa digunakan terutama untuk asam urat tinggi.
  • Meloxicam, meloxicam mungkin masih jarang digunakan dalam pengobatan asam urat namun biasanya ketika piroxicam tidak mampu mengurangi nyeri akibat serangan asam urat maka pilihan pengobatan asam urat tersebut jaruh pada meloxicam.
  • Natirum diclofenac, Natrium diclofenak atau yang biasa dikenal dalam merk dagang voltadex menjadi salah satu obat yang juga dikombinasikan dalam pengobatan asam urat.
  • Celecoxib, jenis obat lain yang juga termasuk dalam NSAID adalah obat celecoxib yang di apotek dijual dengan merk dagang celebrex, novexib, dll.

Selain obat yang disebutkan diatas, ada beberapa jenis obat lain yang dapat digunakan untuk mengatasi asam urat diantaranya seperti probenecid yang digunakan untuk membantu menurunkan kadar asam urat melalui mekanisme golongan obat urikosurik. Selain probenecid, ada juga obat urikosurik lain yang dapat digunakan dalam terapi atau pengobatan asam urat tingkat lanjut yakni colchicine. Cholchicine dapat berfungsi sebagai obat penurun kadar asam urat sekaligus mengurangi gejala yang muncul.

Itulah beberapa jenis obat asam urat ampuh di apotik yang dapat dibeli di apotek dengan resep dokter dan sudah biasa menjadi obat yang digunakan oleh para penderita asam urat. Obat yang disebutkan dapat dikombinasi dalam mengatasi berbagai macam gejala asam urat dan menurunkan kadar asam urat asalkan tidak dalam satu fungsi yang sama. Dalam penggunaan obat obatan tersebut harus tetap diperhatikan beberapa resiko efek samping yang salah jika digunakan dalam dosis dan cara yang berlebihan.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Pengobatan