Sponsors Link

Beberapa Jenis Obat Asam Urat dan Kolesterol di Apotik

Sponsors Link

Penyakit asam urat menjadi salah satu jenis penyakit kronis yang menyebabkan terjadinya kerusakan pada beberapa organ dan memicu komplikasi penyakit lain atau yang disebut sebagai penyakit degeneratif. Penyakit asam urat terjadi akibat adanya peningkatan kadar asam urat normal di dalam darah yang dipicu oleh konsumsi makaanan dengan kandungan zat purin tinggi serta adanya kondisi permasalahan pada proses metabolisme atau pembentukan asam urat di dalam tubuh oleh enzim xanthin oksidase. 

ads

Seperti yang disebutkan diatas, kondisi penyakit asam urat dapat memicu terjadinya penyakit lain yang salah satunya adalah kolesterol. Penyakit asam urat dan kolesterol memiliki pemicu yang sama yakni keselahan dalam pengaturan pola makan yang terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak dan makanan yang memiliki kandungan purin tinggi. Penderita asam urat dan kolesterol perlu menjaga agar kadar keduanya tidak meningkat dan memberikan dampak buruk pada kesehatan.

Untuk mengatur kadar asam urat dan kolesterol maka langkah yang paling tepat adalah mengatur pola makanan. Jika kondisi gejala asam urat disertai dengan kolesterol sudah muncul sebagai pertanda tingginya kadar keduanya di dalam darah maka pilihan mengatasinya adalah dengan terapi obat medis sesuai rekomendasi dokter. Berikut ini beberapa jenis obat asam urat dan kolesterol di apotek yang dapat menjadi pilihan dalam mengatasi kondisi kedua penyakit tersebut atas rekomendasi dan anjuran dari dokter.

  • Obat penurun kadar asam urat

Jenis obat asam urat dan kolesterol di apotek yang pertama adalah obat untuk menurunkan kadar asam urat di dalam darah. Beberapa obat yang digunakan untuk membantu menurunkan kadar asam urat yang tinggi di dalam darah tersebut dan seringkali digunakan dalam resep dokter bagi penderita penyakit asam urat diantaranya seperti :

  1. Allopurinol, merupakan jenis obat asam urat ampuh di apotek yang paling sering digunakan. Allpurinol bekerja dengan cara menghambat kerja enzim xanthin oksidase dalam proses metabolisme zat purin menjadi asam urat di dalam tubuh. Beberapa merk dagang yang terdapat diapotek diantaranya seperti urica, alofar, algut, nilapur, dan lain sebagainya.
  2. Febuxostat, obat penurun kadar asam urat di dalam darah selanjutnya adalah febuxostat yang memiliki efektifitas penurunan kadar asam urat lebih baik dibandingkan allopurinol. Mekanisme kerja obat febuxostat tersebut lebih selektif dalam menghambat kerja enzim xanthin oksidae dalam proses pembentukan asam urat. Merk dagang dari obat yang memiliki kandungan febuxostat di apotek adalah feburic.
  3. Probenecid, Probenecid untuk asam urat merupakan jenis obat golongan urikosurik yang bekerja membantu ginjal dalam proses ekskresi asam urat berlebih di dalam darah. Mekanisme kerja yang berbeda antara probenecid dan allopurinol menjadikannya sering di kombinasikan untuk mengatasi asam urat yang tinggi.
  • Obat penurun kadar kolesterol

Jenis obat selanjutnya bagi penderita kompikasi asam urat dengan kolesterol adalah obat penurun kadar lemak di dalam darah. Ada beberapa jenis obat yang sering diresepkan oleh dokter tersedia di apotek untuk membantu menjaga kadar lemak darah yang diantaranya seperti :

  1. Simvastatin, sama seperti allopurinol, simvastatin menjadi obat pilihan pertama pada penderita kolesterol. Penggunaan allopurinol dan simvastatin tidak menimbulkan reaksi dan interaksi sehingga bisa digunkan bersamaan. Simvastatin bekerja dengan cara  menghambatenzim 3-hidroksi-3-metilglutaril koenzim A reduktase (HMG CoA) di hati yang menjadikan kadar kolesterol dalam darah berkurang.
  2. Atorvastatin, merupakan jenis obat kolesterol turunan atorvastatin dengan efektifitas yang lebih baik dan efek samping minim, Atorvastatin dikenal memiliki harga yang cukup mahal sehingga tidak sepopuler penggunaan simvastatin. 
  3. Statin lainnya, Selain atorvastain, jenis statin lain yang juga dapat ditemui di apotek dan harus membelinya dengan resep dokter adalah pravastatin, rosuvastatin, pitavastatin, lovastatin, dan fluvastatin. Mekanisme kerja obat golongan statin sebenarnya sama saja yakni menghambat enzi HMG Coa yang membantu mempercepat penyaluran kolesterol dan darah ke hati. 
  • Obat penurun gejala asam urat

Penyakit asam urat yang tinggi dapat menyebabkan terjadinya beberapa gejala yang cukup menyakitkan seperti nyeri dibagian persendian yang berkembang menjadi peradangan. Untuk dapat mengatasi nyeri tersebut maka dibutuhkan obat anti nyeri dan radang yang diantaranya sebagai berikut ini. 

  1. Piroxicam, piroxicam menjadi salah satu jenis obat golongan NSAID yang sering digunakan dalam Kombinasi allopurinol dan piroxicam sebagai pengobatan asam urat tinggi. Piroxicam dapat membantu meredakan nyeri yang terjadi akibat penumpukan kristal jarum asam urat di daerah persendian. Obat anti nyeri juga dapat membantu mengatasi salah satu gejala kolesterol yakni nyeri dada.
  2. Meloxicam, meloxicam mungkin generasi lanjut dari obat piroxicam yang memiliki fungsi sama dalam mengatasi gejala nyeri dan bengkak akibat penyakit asam urat. Penggunaan meloxicam masih belum terlalu banyak digunakan dibandingkan piroxicam.
  3. Natirum diclofenac, Natrium diclofenak atau yang biasa dikenal dalam merk dagang voltadex menjadi salah satu nama merek obat yang sudah sangat familiar oleh para penderita asam urat dalam mengatasi nyeri dan bengkak yang muncul.
  4. Celecoxib, jenis obat dengan merk dagang paing dikenal, celebrex, merupakan obat golongan NSAID dengan mekanisme kerja hambat spesifik pada enzim COX sehingga dapat memberikan dampak atau efek samping yang lebih ringan.

Itulah beberapa jenis obat asam urat dan kolesterol di apotik yang dapat digunakan dalam mengatasi kedua jenis penyakit yang saling berhubungan tersebut. Pemillihan obat yang perlu dilakukan sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter karena setiap kondisi asam urat maupun kolesterol bisa jadi berbeda satu sama lain dan membutuhkan jenis obat tertenut. Semua pilihan obat yang disebutkan tersebut hanya dapat digunakan dengan resep dokter.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan