Sponsors Link

5 Jenis Obat Asam Urat pada Lutut Termanjur

Sponsors Link

Asam urat merupakan hasil metabolisme tubuh yang secara kadarnya harus diatur secara normal karena peningkatan atau penurunan kadar asam urat tersebut dapat menyebabkan terjadinya masalah. Peningkatan asam urat khususnya sering kali disebut sebagai penyakit asam urat yang dapat pada dasarnya lebih banyak terjadi pada orang orang tua namun belakangan juga banyak diderita juga oleh para anak anak muda akibat kondisi gaya dan pola hidup yang tidak sehat terutama karena konsumsi makanan yang sembarangan.

ads

Kondisi penyakit asam urat tersebut kebanyakan disebabkan oleh konsumsi makanan dengan kandungan asam urat yang tinggi serta kurangnya aktivitas untuk menjaga kesehatan tubuh. Penderita dapat mengalami kondisi penyakit asam urat ketika kadar asam urat di dalam darah lebih dari 7 mg/dl untuk pria dan lebih dari 6mg/dl untuk wanita. Penderita yang mengalami peningkatan asam urat dapat mengalami nyeri pada bagian sendi dan lebih parahnya lagi akan menyebabkan pembengkakan.

Pembengkakan dan nyeri dalam serangan asam urat sering kali terjadi pada bagian sendi jari jari kaki namun tidak menutup kemungkinan juga dapat menyerang bagian sendi lainnya yang salah satunya adalah daerah lutut. Kondisi serangan penyakit asam urat pada  lutut tentu dapat menimbulkan keadaan yang kurang nyaman bahkan dapat menganggu aktivitas yang dijalani. Untuk mengatasi kondisi tersebut, berikut ini beberapa macam obat asam urat pada lutut yang cukup ampuh dalam penjelasan di bawah ini.

Pengobatan asam urat yang terjadi pada bagian sendi manapun termasuk lutut dapat dilakukan dengan prinsip yang sama karena memang tidak ada bentuk pengobatan khusus dalam upaya untuk mengatasi penyakit asam urat tersebut. Prinsip pengobatan atau cara mengobati asam urat di lutut yakni dengan mengurangi gejala yang ada seperti nyeri pada daerah lutut dan munculnya peradangan. Sembari mengatasi atau mengurangi gejala yang ada, penurunan kadar asam urat di dalam tubuh juga harus dilakukan sehingga penyakit asam urat dapat sembuh.

Pengobatan asam urat sudah dijelaskan secara prinsipnya dibagian ulasan sebelum ini. Mengobati asam urat dapat dilakukan dengan cara cara tradisional maupun menggunakan obat obatan medis sesuai resep dokter. Berikut ini beberapa jenis obat yang dapat dikonsumsi dalam proses mengobati asam urat di lutut tersebut.

  • Obat tradisional / Herbal

Jenis cara pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan obat obatan traditional yang sudah dengan mudah dapat diperoleh. Contoh obat traditional atau obat herbal yang dapat digunakan untuk mengatasi kondisi serangan asam urat yakni samurat, dll.

  • Ramuan traditional

Ramuan untuk asam urat secara tradisional yang dapat digunakan dalam mengobati asam urat adalah dengan menggunakan cuka apel. Minuman Cuka apel tersebut memiliki peran dan manfaat penting yang sudah biasa dikonsumsi oleh penderita asam urat sebelumnya dalam hal membantu mengatasi gejala dan menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh. Cuka apel dapat dibeli di apotek dengan berbagai merek dan pilihan atau juga bisa diperoleh di toko jamu.

  • Obat Medis

Yang dimaksud obat medis disini adalah obat obatan yang diresepkan oleh dokter untuk penderita penyakit asam urat agar dapat kembali normal denga cepat. Obat medis yang digunakan memiliki dua jenis gudang yakni seperti dalam penjelasan dibawah ini.

  • Golongan obat penghambat xanthine-oxidase

Obat medis pertama yang merupakan obat asam urat di apotik adalah obat golongan penghambat xanthine-oxidase. Sejauh ini Ada dua obat penghambat enzim xanthine-oxidase yang berkerja dengan menghambat proses metabolisme purin agar tidak menghasilkan asam urat adalah allopurinol dan febuxosat. Kedua nama obat diatas dapat diperoleh dengan merk yang beraneka ragam. Jika dilihat dari efektifas obat febuxosat dibandingkan allopurinol lebih memiliki efektifitas yang lebih baik dalam menurunkan kadar asam urat di dalam darah dibandingkan dengan allopurinol dan jenis obat lainnya, karena fungsinya yang lebih baik ferovosfat.

  • Golongan obat NSAID

Obat golongan NSAID atau non steroid antiinflamation drug yang berfungsi untuk mengatasi salah satu gejala utama asam urat yakni bengkak dan nyeri di daerah sendi. Obat golongan NSID ini lebih banyak dilakukan eksperimen. Obat yang dapat digunakan untuk mengatasi gejala tersebut dan termasuk dalam jenis atau golongan NSAID contohnya seperti asam mefenamat, piroxicam, meloxicam, natrium diclofenac, kalium diclofenac, dan lainnya. Pilihan obat NSAID yang benar perlu dipertimbangkan berdasarkan resep dokter yang disesuaikan dengan diagnosis medis yang tepat dan tingkat keparahan dari gejala nyeri maupun pembengkakan pada penderita asam urat tersebut.

Itulah beberapa jenis obat asam urat pada lutut yang dapat dikonsumsi. Secara prinsip tidak ada perbedaan yang signifikan dalam proses penyembuhan asam urat pada berbagai macam sendi yang diserang oleh asam urat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan