Sponsors Link

4 Obat Asam Urat untuk Penderita Diabetes dari Bahan Alami

Sponsors Link

Penyakit asam urat merupakan salah satu jenis penyakit yang paling banyak ditemui di Indonesia. Bahkan kita dapat dengan mudah menemukan obat asam urat di apotik yang banyak dijual bebas. Biasanya, penyakit ini menyerang orang-orang yang mulai memasuki usia senja dikarenakan gaya hidup yang tidak sehat dari orang tersebut di masa mudanya, misal, terlalu banyak mengonsumsi makanan dan/atau minuman pemicu asam urat, kurang berolahraga, dan beberapa kebiasaan buruk lainnya.

ads

Namun rupanya, seringkali pasien asam urat tidak hanya menderita satu jenis penyakit yakni asam urat saja. Faktanya di lapangan, dapat diketahui bahwa pasien asam urat biasanya juga mengidap beberapa jenis penyakit lain. Salah satu yang paling sering ditemui adalah pasien asam urat yang juga menderita diabetes.

Diabetes atau yang sering dikenal dengan kencing manis merupakan salah satu jenis penyakit yang tergolong sulit untuk diobati – apalagi dalam kondisi yang sudah parah. Pasiennya pun harus hati-hati benar dalam menjaga pola makan dan gaya hidupnya setelah diketahui mengidap penyakit ini. Oleh karena itu, demi menjaga gaya hidup yang lebih sehat, para pasien diabetes sangat dianjurkan untuk lebih banyak mengonsumsi obat-obatan herbal dan alami daripada obat-obatan kimia yang memiliki efek samping jika terlalu sering dikonsumsi.

Ada beberapa jenis obat untuk penyakit asam urat itu sendiri, seperti obat herbal, obat oles, suplemen dan tentu saja obat medis asam urat. Bagi pasien asam urat yang juga menderita diabetes sendiri, perlu lebih memperhatikan mengenai obat-obat apa saja yang sebaiknya dikonsumsi oleh mereka. Pasien diabetes tentu saja memiliki sejumlah pantangan yang tidak dapat dilanggar, termasuk demi mengobati asam urat yang juga dideritanya.

Untuk itu, akan lebih baik apabila pasien asam urat mengonsumsi obat-obatan yang tidak memicu peningkatan gula darah di dalam tubuhnya sehingga aman bagi para pasien diabetes. Berikut merupakan beberapa jenis obat asam urat untuk penderita diabetes dari bahan alami:

1. Jus Lemon

Jus lemon untuk asam urat dapat menetralkan kelebihan asam urat di dalam aliran darah sehingga berfungsi untuk menetralkan rasa sakit. Cara mengonsumsinya adalah dengan menyampurkan jus lemon dengan satu setengah sendok soda kue, biarkan selama beberapa detik hingga busa menghilang, kemudian ditambahkan ke dalam segelas air. Minuman ini tentu saja aman bagi pasien diabetes karena sifatnya yang alami dan dapat mencukupi kebutuhan vitamin di dalam tubuh. Di samping jus lemon, Anda juga dapat mengonsumsi buah-buahan lain yang kaya akan vitamin C untuk memperkuat jaringan di dalam tubuh.

2. Ceri

Buah ceri memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu di dalam mengobati penyakit asam urat. Selain itu, ceri juga mengandung senyawa anthocyanin yang dapat meredakan peradangan serta meminimalkan kambuhnya penyakit ini. Untuk pasien diabetes sendiri, lebih disarankan untuk memilih buah ceri dengan rasa masam (tidak terlalu manis) untuk menghindari kenaikan gula darah di dalam tubuh. Buah ceri, baik yang manis atau yang asam, memiliki kandungan yang sama sehingga khasiatnya pun sama.

3. Air Dingin (Es)

Air dingin dapat membantu Anda mengurangi rasa sakit akibat dari pembengkakan. Oleh karena itu, air dingin juga bermanfaat dalam mengurangi pembengkakan dan rasa sakit akibat penyakit asam urat. Cara penanganannya adalah dengan merendam sendi yang bengkak ke dalam air dingin selama 10 hingga 15 menit (jangan terlalu lama) dan ulangi hingga beberapa kali. Yang perlu diingat adalah tidak menggunakan cara ini terlalu sering karena dapat menyebabkan kristalisasi asam urat. Penggunaan kompres air dingin ini tentu saja aman bagi pasien diabetes karena termasuk ke dalam pengobatan luar yang aman bagi siapa saja.

Sponsors Link

4. Jahe

Tanaman jahe merupakan salah satu tanaman yang sudah sangat dikenal manfaatnya, termasuk untuk mengobati penyakit asam urat. Ada beberapa cara mengobati asam urat dengan jahe yang dapat digunakan, yakni dengan meminum air rebusannya minimal dua kali sehari, menambahkan ke dalam masakan, atau mengompres bagian yang sakit dengan campuran parutan jahe dan air hangat. Cara ini relatif aman bagi pasien diabetes karena sifatnya yang alami dan tidak meningkatkan gula darah di dalam tubuh.

Demikianlah beberapa alternatif obat asam urat untuk penderita diabetes. Secara umum, hal yang paling utama yang harus diperhatikan di dalam mengobati penyakit ini adalah dengan pola makan yang sehat dan teratur serta gaya hidup yang lebih sehat. Pola makan yang baik dapat dilakukan dengan menambah asupan vitamin di dalam tubuh, baik dari sayur maupun buah-buahan dan tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan karbohidrat atau gula yang berlebihan. Sedangkan gaya hidup yang sehat dapat dilakukan dengan banyak minum air putih, melakukan olahraga, dan istirahat yang cukup. Dengan begitu, tubuh akan lebih segar dan terhindar dari berbagai resiko penyakit.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Herbal