Sponsors Link

5 Jenis Obat Asam Urat Yang Sudah Parah

Sponsors Link

Penyakit asam urat adalah penyakit yang disebabkan karena asupan purin dari luar tubuh yang terlalu berlebihan. Peningkatan kadar asam urat dalam tubuh yang sangat tinggi akan menyebabkan masalah pada bagian sendi, seperti nyeri pada sendi, terasa kesemutan, peradangan, dan tanda-tanda asam urat yang sudah sangat parah bisa menyebabkan adanya pembengkakan pada sendi. Jika sudah begitu, sebaiknya Anda mengkonsumsi 5 jenis obat asam urat yang sudah parah agar bisa segera mengatasinya dan gejala nya tidak meningkat semakin jauh.

ads

1. Allopurinol

Allopurinol merupakan obat medis asam urat yang biasa di resep kan oleh dokter, manfaatnya tentu saja untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh dan juga mencegah enzim yang bisa membentuk zat purin menjadi asam urat. Saat mengkonsumsi obat ini, Anda sebaiknya benar-benar memperhatikan pada dosis dan efek samping. Anda juga sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter jika memiliki riwayat penyakit lain dan sedang mengkonsumsi obat tertentu. Hal ini dilakukan agar mencegah kondisi kesehatan yang semakin memburuk.

Namun kerap kali asam urat bisa terjadi sewaktu-waktu saat mengkonsumsi Allopurino. Ini disebabkan karena penyusutan kristal asam urat pada tulang rawan yang ada pada bagian sendi, akibatnya kadar asam urat akan semakin menurun. Kristal yang telah menyusut akan kebih meduh untuk bisa hilang dari tulang rawan ke rongga sendi. Sehingga akan menyebabkan lapisan sendi dan sinovium mengalami peradangan. Namun kondisi ini akan berhenti seiring berjalannya waktu saat kristal dalam persendian sudah bersih.

2. Meloksicam

Obat asam urat yang sudah parah selanjutnya adalah meloksicam. Obat gerenerik ini dipasarkan dengan merek Arimed, Atrocox 7.5/Atrocox 15, Denilox, Flamoxi, Flasicox, Futamel, Loxil, Loximei, Meflam, Melet, Melogra, Meloxicam Otto, Ostelox, Relox, Remelox, Rhemacox, Velcox, X-Cam, Artrilox, Cameloc, Hexcam, Loxinic, Mecox, Meloxicam OGB Dexa Medica, Meloxicam OGB Medikon, Mevilox dan meloxicam-obat, Meloxin, Mexpharm, Movi-Cox, Movix, Mobiflex, Nulox/Nulox Forte, Paxicam, Remacam, Moxam, Moxic. Obat ini biasa dimanfaatkan untuk mengurangi rasa nyeri pada bagian sendi, mengurangi rasa kaku dan juga bengkak yang diakibatkan oleh asam urat. Meloksicam merupakan obat yang masuk dalam golongan obat anti inflammantory.

3. Piloxicam

Piloxicam merupakan salah satu obat anti inflamasi yang masuk dalam golongan oxicam. Manfaat dari obat ini adalah untuk meredakan rasa sakit asam urat. Obat ini akan membantu adanya peradangan pada penderita asam urat. Namun obat ini hanya akan membantu meringankan gejalanya saja, tanpa menyembuhkan secara total seperti Allopurinol. Cara kerja piloxicam dengan dengan melakukan penghambatan pada bagian enzim yang bisa menyebabkan senyawa dalam tubuh menyebabkan adanya rasa sakit akibat dari peradangan

4. Probenecid

Probenecid merupakan obat asam urat yang juga sering di resep kan dokter. Obat ini biasanya akan digunakan untuk mencegah terjadinya asam urat berkelanjutan. Obat medis ini masuk dalam golongan uricosuric yang bisa menurunkan level pada uric acid pada tubuh dan dengan bantuan ginjal, karena jika kadar uric acid tinggi akan mengakibatkan peningkatan kadar asam urat dalam tubuh. Untuk dosis nya, probenecid biasanya diberikan dokter dengan dosis awal 240 mg oral yang perlu dilakukan tiap 12 jam dalam waktu 1 minggu, dan untuk menjaga kadar asam urat nya biasanya akan diberikan 500 mg oral setiap 12 jam. Tiap bulan juga biasanya dokter akan memberikan peningkatan dosis sesuai dengan kadar asam urat dalam tubuh.

Sponsors Link

5. Ketoprofen

Selanjutnya adalah ketoprofen yang merupakan obat untuk mengurangi rasa nyeri akibat adanya peradangan pada sendi dan juga otot. Asam urat adalah salah satu penyakit yang bisa diatasi dengan ketoprofen. Cara kerja obat ini dengan melakukan penghambatan pada enzim yang bisa menyebabkan rasa nyeri akibat peradangan. Obat ini memiliki beberapa efek samping sepeti merasa mual, ada gangguan pada perut, nyeri pada bagian ulu hati dan juga pencernaan merasa terganggu. Secara medis dosis yang dianjurkan untuk konsumsi ketoprofen adalah 100 hingga 200 mg/hari, dan peningkatan dosis nya akan selalu disesuaikan oleh doktes sesuai dengan kemajuan kondisi penderita asam urat.

Itulah 5 jenis obat asam urat yang parah dan dapat Anda konsumsi sesuai dengan arahan dari dokter. Penyebab asam urat yang paling utama adalah purin, oleh sebab itu Anda sebaiknya menghindari pantangan makanan bagi penderita asam urat yang memiliki kandungan purin cukup tinggi. Anda bisa mengkonsumsi makanan rendah purin agar kondisi asam urat bisa semakin membaik dan kadarnya kembali normal.

, ,



Oleh :
Kategori : Pengobatan