Sponsors Link

Fungsi Obat Gosok untuk Asam Urat Tinggi dan Contoh Herbalnya

Sponsors Link

Asam urat atau juga disebut dengan penyakit gout adalah gangguan kesehatan di mana dapat menyebabkan persendian mengalami nyeri yang amat sangat. Tidak hanya nyeri saja namun biasanya juga akan diikuti dengan pembengkakan pada persendian, yang mana pada umumnya terjadi di daerah jempol kaki.

ads

Kondisi ini akan menyebabkan ketidaknyamanan juga dapat menghambat segala jenis aktivitas yang dilakukan. Untuk mengobati asam urat, banyak cara yang dapat digunakan baik secara medis dengan obat-obatan kimia maupun dengan pengobatan alami seperti dengan ramuan untuk asam urat tradisional atau lainnya. Untuk mengatasi rasa sakit pada sendi, banyak pula yang menggunakan obat gosok atau oles yang saat ini banyak ditemukan di apotek yang bisa digunakan oleh penderita asam urat.

Obat gosok merupakan salah satu pengobatan yang cukup efektif untuk mengurangi sakit akibat mempunyai penyakit asam urat. Di samping dapat diperoleh dengan mudah, obat gosok juga dapat dibuat dengan memanfaatkan bahan-bahan alami dan diracik sendiri. Nah, pada artikel ini akan dibahas mengenai fungsi dari obat gosok untuk asam urat sekaligus cara obat gosok atau obat oles untuk asam urat secara alami. Simak penjelasannya berikut ini.

Apa saja fungsi dan manfaat dari obat gosok?

Untuk penderita asam urat, obat gosok akan membantu kerja obat asam urat dengan lebih berfokus dalam mengurangi nyeri akibat penumpukan kristal asam urat pada persendian. Beberapa fungsi dan manfaat dari obat gosok  untuk penderita asam urat antara lain:

1. Mengurangi pembengkakan

Pembengkakan merupakan hal yang umum dialami oleh penderita asam urat, terutama sering terjadi di daerah kaki. Obat gosok biasanya memiliki kandungan senyawa anti inflamasi yang berfungsi untuk meredakan ciri-ciri kaki bengkak karena asam urat tinggi. Sehingga untuk membantu obat asam urat yang dikonsumsi, obat gosok dapat membantu permasalahan sendi bengkak.

2. Meredakan nyeri persendian

Penderita asam urat biasanya akan mengalami sakit persendian hingga susah bergerak, terutama akan sangat terasa pada saat pagi hari. Menggunakan obat gosok untuk asam urat setiap sebelum tidur dengan memijat mijat pelan secara teratur dapat mengurangi nyeri yang dialami secara efektif.

3. Melemaskan jaringan otot

Jaringan otot di sekitar sendi yang sakit karena asam urat pada umumnya akan terpengaruh, sehingga akan mengalami kontraksi yang membuat sakit dirasakan bertambah parah. Senyawa ini tidak hanya berguna sebagai cara menghilangkan bengkak asam urat namun juga dapat melemaskan jaringan otot yang mengalami kontraksi dengan baik.

Bagaimana cara membuat obat gosok sendiri?

Pada sebagian orang mungkin saja tidak suka menggunakan obat gosok atau oles, baik karena aromanya ataupun karena lebih suka dengan pengobatan alami. Obat gosok untuk asam urat sendiri sebenarnya sangat mudah untuk dibuat sendiri di rumah, dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan. Berikut ini adalah beberapa cara membuat obat gosok sebagai pertolongan pertama pada asam urat maupun sebagai terapi sendiri di rumah yang bisa dicoba, yaitu:

1. Obat gosok daun belimbing wuluh

Jika biasanya belimbing wuluh dimanfaatkan buahnya, untuk mengobati asam urat belimbing wuluh dimanfaatkan daunnya. Cara membuat obat gosok dari daun belimbing wuluh adalah:

  • Siapkan daun belimbing wuluh yang telah dicuci bersih dan kapur sirih.
  • Daun belimbing wuluh ditumbuh sampai lembut, lalu tambahkan kapur sirih sedikit saja.
  • Campur sampai rata, obat gosok siap dipakai sebagai cara mencegah nyeri sendi asam urat tinggi bertambah parah.

2. Obat gosok jahe dan cengkeh

Obat oles atau obat gosok untuk asam urat selanjutnya adalah dengan memanfaatkan jahe dan cengkeh yang memang dikenal mengandung senyawa anti inflamasi. Untuk mendapatkan manfaatnya, cara membuat obat gosok ini adalah:

  • Haluskan jahe yang telah dikupas bersih dengan beberapa butir cengkeh dengan cara ditumbuk.
  • Setelah halus dan tercampur rata, gunakan ramuan ini untuk dioles pada bagian sendi yang nyeri sampai sakit yang dirasakan mereda.

3. Obat gosok daun singkong

Daun singkong juga bisa digunakan untuk obat gosok sebagai obat herbal untuk asam urat tinggi yang baik. Cara meracik obat gosok dari daun singkong ini adalah:

  • Siapkan daun singkong, jahe dan daun sirih lalu tumbuk sampai halus.
  • Jika sudah tercampur merata, aplikasikan pada persendian untuk meredakan sakit yang dirasakan secara teratur.

Obat gosok alami dapat digunakan setiap hari untuk mengoles atau mengompres daerah nyeri, bisa dipakai 3-4 kali dalam sehari sampai nyeri berkurang sepenuhnya. Menggunakan obat gosok racikan sendiri juga tidak perlu khawatir efek samping, karena dibuat dari bahan-bahan alami. Demikian informasi mengenai beberapa fungsi obat gosok untuk asam urat dan cara membuat obat gosok sendiri di rumah. Semoga bermanfaat.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Herbal