Sponsors Link

Obat Lutut Bengkak Karena Asam Urat Yang Ampuh Dan Efektif

Sponsors Link

Penyakit asam urat menjadi salah satu momok permasalahan kesehatan kronik yang sekarang ini tidak hanya dapat menimpa penderita dengan usia yang sudah tua namun dapat juga terjadi pada mereka yang masih muda. Banyaknya permasalahan penyakit yang terjadi akibat adanya peningkatan kadar kristal asam urat di dalam tubuh melebihi batas normalnya tersebut lebih sering disebabkan oleh gaya hidup modern yang tidak sehat dan kurang memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsinya.

ads

Mereka yang lebih banyak mengkonsumsi makanan dengan kandungan zat purin tinggi memiliki resiko mengalami penyakit asam urat lebih dibandingkan yang secara khusus mengatur jenis pola makan untuk dikonsumsi. Penyakit asam urat dapat menimbulkan beberapa gejala seperti nyeri dan pembengkakan terutama pada daerah daerah dimana ada kristal asam urat yang mengendap di daerah tersebut. Gejala yang sering muncul tersebut banyak terjadi di daerah persendian.

Meskipun bukan merupakan kondisi yang sering dialami, kondisi lutut bengkak akibat adanya penumpukan kadar asam urat memang dapat terjadi dan tentu menyebabkan terganggunya aktivitas gerak penderitanya serta menimbulkan rasa nyeri yang cukup hebat sehingga harus diatasi dengan baik. Berikut ini beberapa obat lutut bengkak karena asam urat yang dapat dipahami dan dipilih sebagai bagian dari cara mengatasi kondisi tersebut dalam penjelasan di bawah ini.

  • Obat yang mengatasi bengkak pada lutut

Dalam pilihan obat lutut bengkak karena asam urat ada dua jenis obat yang dapat digunakan yakni obat yang mengatasi masalah bengkak dan obat yang menurunkan kadar asam urat. Kedua obat tersebut harus dikombinasikan dengan baik. Beberapa obat yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah bengkak diantaranya seperti :

  1. Natrium Diklofenak

Natrium Diklofenak merupakan obat golongan NSAID yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah bengkak pada lutut. Mekanisme kerja obat natrium diklofenak untuk asam urat sama dengan obat NSAID lainnya yang bekerja dengan cara menghambat produksi prostaglandin pada tubuh yang berperan dalam pembentukan rasa sakit, nyeri, dan pembengkakan. Memperkecil produksi prostaglandin di dalam tubuh tersebut didapatkan dengan cara menghambat kinerja dari enzim siklooksigenase atau COX sebagai pemebntuk dari prostaglandin tersebut.

  1. Piroxicam

Bengkak yang muncul pada lutut akibat asam urat tersebut tentu akan disertai juga dengan rasa nyeri. Obat golongan NSAID lainnya yang juga dapat digunakan sebagai obat lutut bengkak karena asam urat adalah piroxicam. Piroxicam menjadi salah satu jenis obat untuk mengatasi gejala asam urat yang memang sangat sering digunakan. Mekanisme kerja piroxicam dalam mengatasi bengkak dan nyeri sama halnya dengan obat golongan NSAID lainnya seperti dijelaskan diatas.

  1. Colchicine

Cochicine merupakan jenis obat yang dapat menjadi alternatif dalam mengatasi rasa nyeri dan bengkak di lutut akibat asam urat. Mekanisme kerja yang berbeda dari obat colchicine tersebut dibandingkan NSAID menjadikannya sebagai alternatif pilihan obat ketika jenis obat pereda rasa nyeri golongan NSAID tersebut tidak mampu mengatasi gejala asam urat yang ada. Colchicine tersebut dapat mengatasi gejala asam urat dan mencegah agar kondisi asam urat tidak kambuh lagi.

  1. Steroid

Obat golongan steroid akan digunakan untuk mengatasi gejala nyeri dan pembengkakan hebat pada lutut penderita asam urat ketika obat golongan NSAID dan coldhicine tidak dapat membantu. Beberapa jenis obat golongan steroid yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah gejala asam urat hebat diantaranya seperti prednison dan methylprednisone serta merk dagang obat dengan kandungan golongan steroid diantaranya seperti Meticorten, Sterapred, Sterapred DS.

  • Obat penurun kadar asam urat

Selain jenis obat yang secara langsung mengatasi masalah bengkak pada lutut penderita asam urat maka harus didukung juga obat yang dapat membantu mengurangi kadar asam urat di dalam tubuh. Obat obatan yang dapat mengurangi kadar asam urat tersebut diantaranya seperti.

  1. Allopurinol

Allopurinol merupakan obat penurun kadar asam urat yang paling familiar dan banyak digunakan di masyarakat baik dalam resep dokter maupun tidak. Allpurinol memiliki mekanisme kerja dengan menghambat enzim oxidase sebagai salah satu enzim penting dalam proses metabolime zat purin. Adanya hambatan terhadap enzim tersebut dapat menjadikan proses pembetukan asam urat di dalam tubuh tidak akan terjadi sehingga penumpukan asam urat yang ada dapat diekskresi secara perlahan oleh ginjal  dan kadarnya akan turun hingga normal kembali.

  1. Probenecid

Golongan obat urikosurik ini dapat berkerja dengan mekanisme  membantu ginjal dalam mengeksresikan asam urat yang berlebih di dalam darah. Mekanisme kerja yang berbeda antara obat probenecid untuk asam urat tersebut dibandingkan dengan allopurinol dapat menjadikan obat ini sebagai alternatif pilihan  untuk mengatasi terjadinya peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh. Penggunaan kombinasi obat penurun kadar asam urat dengan mekanisme berbeda membantu mengatasi penyakit asam urat yang sudah sangat parah.

  1. Febuxostat

Febuxostat merupakan obat yang termasuk golongan penghambat enzim xanthin oksidase sehingga dapat menghambat pembentukan asam urat di dalam tubuh sama seperti allopurinol. Perbedaan kedua obat tersebut terletak dari harganya dimana merek obat mengandung bahan aktif febuxostat (feburic) lebih mahal dibandingkan dengan obat dengan kandungan allopurinol. Meskipun mahal, efektifitas penurunan kadar asam urat dari obat febuxostat dalam prosesnya didalam tubuh lebih baik dibandingkan allipurinol.

Itulah beberapa jenis obat lutut bengkak karena asam urat yang perlu diperhatikan dan dijadikan pilihan untuk mengatasi kondisi yang menyakitkan tersebut. Pililhan obat dalam mengatasi masalah asam urat tersebut tentu harus dikonsultasikan dengan dokter agar sesuai dengan kondisi tubuh dan diagnosis yang dilakukan.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Pengobatan