Sponsors Link

10 Obat Oles untuk Asam Urat – Tradisional dan yang di Apotik

Sponsors Link

Penyakit asam urat atau bisa disebut juga gout adalah penyakit yang bisa menimbulkan gejala nyeri tak tertahankan di dalam tubuh, bahkan bisa saja penderita mengalami rasa panas, hingga pembengkakan pada bagian sendi. Walaupun semua sendi yang ada di dalam tubuh memiliki resiko untuk terkena asam urat, namun sendi yang paling sering terkena adalah pada bagian pergelangan kaki, jari tangan dan kaki. Nyeri pada bagian sendi disebabkan karena kenaikan kadar asam urat yang membentuk kristal dan meradang di sela-sela sendi. Namun Anda juga tidak bisa membuat kesimpulan kalau semua nyeri yang ada rasakan pada sendi adalah asam urat.

ads

Beberapa gejala asam urat diantaranya:

  1. Merasakan nyeri pada jempol kaki, ini adalah gejala pada penderita asam urat yang cukup menonjol. Istilah medis menyebutnya ini dengan nama podagra. Rasa nyeri pada jempol bisa hilang setelah beberapa jam atau bahkan bisa berhari-hari
  2. Nyeri berkelanjutan, saat gejala asam urat yang pertama telah hilang, penderita mungkin bisa mendapatkan rasa nyeri selanjutnya, rasa nyeri diakibatkan penumpukan asam urat pada persendian. Rasa nyeri bisa terjadi pada sendi jari kaki atau bahkan bisa menyerang persendian lainnya.
  3. Sering merasakan rasa nyeri mendadak seperti nyeri sendi yang sangat hebat di telapak tangan, jari kaki ataupun betis. Bahkan akan membuat penderita kesulitan untuk beraktivitas.
  4. Nyeri yang tiba-tiba pada malam hari, memang pada umunya nyeri akan datang di malam hari. Bisa saat Anda sedang tidur atau saat Anda terbangun saat pagi hari Anda langsung merasakan sakit yang luar biasa.

Baca juga :

Tentunya gejala asam urat sangat tidak diinginkan oleh Anda, karena bisa menjadi penghambat saat Anda beraktivitas. Anda bisa melakukan pencegahan sejak dini ataupun mengobatinya jika Anda sudah terlanjur merasakan penyakit asam urat.

Beberapa obat mungkin bisa Anda dapatkan saat Anda berkunjung dan berkonsultasi pada dokter. Namun, beberapa obat lainnya bisa Anda buat sendiri dengan alami dan campuran bahan tradisional seperti olahan jahe, olahan daun salam, olahan daun sirsak, olahan sidaguri dan olahan tradisional yang lainnya. Namun tentunya ada juga obat yang bisa Anda olesakan saja pada tubuh tanpa harus mengkonsumsinya. Berikut ini beberapa obat oles untuk asam urat baik tradisional atau yang tersedia di apotik:

1. Obat Oles dari Belimbing Wuluh

Bagi Anda yang sangat menyukai ramuan tradisional, Anda bisa coba membuat obat oles untuk asam urat sendiri dari belimbing wuluh.

Bahan:

  • Daun belimbing wuluh
  • Kapur sirih

Cara mengolah:

  • Cuci daun belimbing wuluh sampai bersih
  • Tumbuh daun wuluh sampai terasa sangat halus
  • Tambahkan daun wuluh yang sudah dibumbuhi dengan sedikit kapur sirih
  • Selesai, Anda bisa menggunakan campuran daun wuluh dan kapur sirih untuk dioleskan pada bagian yang sakit.

Selain menggunakan campuran daun sirih untuk mengolah daun wuluh, Anda bisa mengolahnya dengan cara lain.

Bahan:

  • Siapkan 100 gr daun belimbing wuluh muda
  • Siapkan merica 15 biji
  • Cuka
  • Biji cengkeh sebanyak 10 buah

Cara mengolah:

  • Bersihkanlah semua bahan yang sudah disiapkan
  • Tumbuk semua bahan menjadi halus
  • Tambahkan cuka, lalu aduk dengan merata
  • Selesai, Anda bisa mengoleskannya pada bagian yang terasa nyeri.

Baca juga: Obat Herbal untuk Asam Urat.

2. Obat Oles dari Campuran Jahe dan Cengkeh

Selain daun dari belimbing wuluh, Anda juga bisa membuat oles asam urat secara tradisional dari campuran jahe dan cengkeh.

Sponsors Link

Bahan:

  • Jahe
  • Cengkeh (takarannya sama dengan jahe)

Cara Pengolahan:

  • Tumbuk jahe dan cengkeh hingga halus
  • Campurkan kedua bahan tersebut
  • Selesai, Anda bisa mulai mengoleskannya pada bagian sendi yang terasa nyeri. Saat dioleskan rasa nyeri akan sedikit berkurang.

Baca juga: Cara Mengobati Asam Urat dengan Daun Salam.

3. Obat Oles dari Olahan Singkong

Selain menggunakan olahan belimbing wuluh, cengkeh dan jahe, obat oles tradisional selanjutnya yang bisa Anda buat adalah dari bahan singkong. Singkong sangatlah terkenal di Indonesia, dulunya singkong dikonsumsi untuk sumber karbohidrat, tapi saat ini singkong lebih banyak di olah menjadi bentuk keripik. Namun selain untuk dikonsumsi, ternyata singkong juga memiliki manfaat lain yaitu sebagai obat oles untuk mengurangi rasa nyeri pada sendi.

Bahan:

  • 5 daun singkong
  • 1 batang sirih
  • 15 gram jahe

Cara pengolahan:

  • Haluskan daun singkong
  • Campurkan bersama 15 gram jahe dan daun sirih
  • Selesai, Anda sudah bisa mengoleskannya pada bagian sendi yang terasa sakit

Baca juga: Makanan Penyebab Asam Urat.

4. Obat Oles ChondroMax

Selain menggunakan obat oles tradisional, Anda juga bisa menemukan beberapa obat oles di apotik yang bisa membuat nyeri pada sendi sedikit berkurang. Salah satunya adalah ChondroMax. Obat ini berbentuk krim tropical yang bisa digunakan untuk membantu kesehatan sendi dan mengurangi rasa nyeri. Obat ini dikembangkan oleh teknologi transdermal yang dapat dikombinasikan bersama zat aktif seperti chondroitin sulfate dan glucosamine sulfate, sehingga kombinasi keduanya mampu mengurangi nyeri sendi. Untuk menghasilkan pengobatan yang maksimal menggunakan obat oles ini, Anda bisa menggosokan secara perlahan pada bagian sendi yang sakit agar obat dapat diserap, gunakanlah selama 2 minggu. Baca juga: Obat Asam Urat di Apotik.

5. Minyak Tawon

Obat oles lainnya yang bisa Anda temukan di apotik adalah minyak tawon. Komposisi minyak tawon seperti minyak kelapa yang berkhasiat untuk melembabkan dan melenturkan kulit serta mengandung vitamin A dan E. Ada juga kandungan minyak kayu putih yang bisa membantu pencegahan infeksi kuman. Kandungan selanjutnya adalah cengkeh yang bisa membantu meredakan nyeri pada sendi dan memiliki sifat antiseptik. Kandungan terakhir adalah lada, kunyit, bawang dan jahe yang bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah. Kandungan-kandungan tersebut efektif untuk menurunkan rasa nyeri pada sendi jika dioleskan. Baca juga: Pertolongan Pertama Pada Asam Urat.

ads

6. Aerosol

Obat gosok selanjutnya yang bisa Anda temukan di apotik adalah aerosol. Obat gosok ini memiliki khasiat untuk meredakan nyeri pada sendi, meredakan bengkak dan bisa melancarkan peredaran darah. Cara pemakaiannya tentu saja dipakaikan pada sendi yang terasa nyeri. Anda bisa menggunakan obat gosok ini 3 sampai 5 kali dalam sehari. Anda tidak menganjurkan pemakaian pada lubang hidung, mulut dan mat. Obat ini juga tidak dianjurkan untuk wanita hamil. Baca juga: Bahaya Asam Urat bagi Ibu Hamil.

7. Counterpain

Obat gosok ini juga bisa Anda beli di apotik. Counterpain adalah obat gosok analgesic yang bisa meredakan nyeri sendi, otot, keseleo dan sakit pinggang. Karena biasanya penderita asam urat akan merasakan sakit pada persendian, counterpain bisa sedikit membantu mengurangi rasa sakit tersebut. Counterpain tidak berminyak dan tidak meninggalkan bekas noda jika digosokan. Obat ini memiliki kandungan vanishing cream base yang efektif meredakan sakit sendi, ada juga kandungan methyl salicylate, eungenol dan menthol yang bisa memberikan efek dingin yang meredakan rasa sakit. Baca juga: Jenis Sayur yang Dilarang untuk Asam Urat.

8. Balsem Fleekostel

Balsem flekosteel merupakan obat gosok yang berfungsi meredakan rasa nyeri pada otot dan persendian. Balsem ini mempunyai efek menghangatkan dan bisa menurunkan rasa nyeri secara perlahan. Balsem ini bisa digunakan saat Anda merasakan nyeri sendi atau otot. Bisa karena bekerja berlebihan atau nyeri sendi karena asam urat. Balsem ini tidak berbahaya untuk kulit, sehingga Anda bisa dengan sering menggunakannya.

Kandungan yang ada dalam balsam fleekosteel antara lain:

  • Minyak kayu putih yang dapat meningkatkan metabolisme tingkat sel, minyak ini juga bisa menjadi antibiotik yang alami serta bisa menenangkan penggunanya.
  • Ekstra herbal pada tanaman kumis emas, yang kaya akan zat flavonoid, dan bisa dengan cepat meredakan peradangan pada sendi.
  • Ekstra herbal spongilla adalah bahan baku utama pada balsem ini. Spongilla adalah tanaman kesehatan yang bisa meredakan peradangan, selain itu juga bisa membantu mengobati hematoma sehingga bisa melancarkan sirkulasi darah.
  • Kandungan selanjutnya adalah cabe rawit yang bisa memberikan efek hangat. Khasiatnya adalah menghangatkan sehingga cabe rawit merupakan bahan utama selanjutnya yang ada dalam sobat gosok ini.
  • Minyak rosemary bisa membantu untuk melemaskan otot, melancarkan sirkulasi darah dan mengurangi rasa nyeri pada persendian.
  • Minyak jahe yang bisa membantu meredakan rasa kejang pada kulit serta jaringan sekitarnya. Jahe juga merupakan antibiotik yang ampuh dan mempunyai manfaat meredakan peradangan pada sendi.
  • Minyak kamper, bisa membantu untuk meringankan radang dengan cukup cepat.
  • Minyak kayu manis, berguna untuk melancarkan sirkulasi darah serta menetralkan racun pada tubuh.

Baca juga: Cara Mencegah Asam UratCara Mengobati Asam Urat dengan Daun Kelor.

9. Balsem Lang

Balsem Lang merupakan balsam yang bisa memberikan efek meredakan sakit pada persendian dan otot. Obat analgesik ini merupakan obat yang mampu secara efektif meringankan rasa nyeri akibat penumpukan purin di sela sela sendi. Menggunakan balsam lang dengan rutin bisa membantu para penderita asam urat untuk sedikit meringankan rasa sakit pada persendian. Baca juga: Jenis Penyakit Asam Urat.

10. Balsem Geliga

Balesem otot geliga adalah obat gosok yang dibuat khusus untuk membantu meredakan rasa nyeri pada sendi dan otot. Beberapa kandungan didalamnya seperti methyl salicylate, peppermint, white champor oil, dan base ada yang mampu untuk meringankan rasa nyeri pada persendian. Cara penggunaannya Anda bisa menggosokan balsam pada bagian sendi yang sakit, gunakan 3 sampai 4 kali dalam sehari agar rasa sakit pada persendian semakin berkurang. Baca juga: Cara Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Obat.

Itulah pembahasan mengenai obat oles untuk asam urat yang bisa meringankan rasa nyeri pada persendian. Anda bisa bebas memilih akan menggunakan yang alami atau yang praktis dengan membeli di apotik.

, , , , ,



Oleh :
Kategori : Pengobatan