Sponsors Link

Obat Rematik dan Asam Urat di Apotik Tanpa Resep

Sponsors Link

Penyakit radang sendi yang menyebabkan rasa sakit luar biasa pada sendi memang penyakit yang sering terjadi pada orang tua. Kondisi ini dianggap wajar karena dipengaruhi dari umur dan beban sendi yang terus menerus bertambah. Hanya saja kondisi ini menjadi serius karena penyakit radang sendi juga karena penumpukan kristal asam urat yang akhirnya dinyatakan dengan kadar asam urat yang tinggi. ketika kondisi ini terjadi maka akan sangat menyakitkan, sendi bengkak dan sulit untuk bergerak. Jika sudah begitu maka diperlukan obat rematik dan asam urat di apotik tanpa resep.

ads

Nah masalahnya penyakit asam urat juga sering dihubungkan dengan penyakit rematik. Rematik sendiri adalah penyakit yang akan membuat persendian menjadi bengkak dan sangat sakit. Bisa jadi sendi akan sangat kaku dan tidak bisa digerakkan dengan mudah. Hal ini juga menyebabkan gangguan pada sistem gerak sendi. Jika serangan asam urat dan rematik terjadi bersamaan maka akan sangat menyakitkan. Maka perawatan yang diperlukan adalah obat untuk mengurangi rasa sakit. Berikut ini kami berikan daftar obat rematik dan asam urat di apotik tanpa resep.

1. Semua Obat Non Steroid (NSAID)

Rematik

Semua obat yang termasuk dalam obat anti peradangan atau NSAID adalah obat anti inflamasi non steroid yang berfungsi untuk mengatasi nyeri, sakit dan bengkak pada sendi. Cara kerja obat ini untuk mengontrol rasa sakit, mengurangi rasa sakit dan tidak berefek untuk penyembuhan. Juga untuk mengurangi pembengkakan sendi. Beberapa obat sebagai cara mengobati penyakit asam urat dan rematik seperti piroxicam, ibuprophen, natrium diklofenak, dan meloxicam.

Asam Urat

Nah untuk penderita asam urat maka obat NSAID hanya berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit sementara. Dokter biasanya akan memberikan resep obat ini jika hasil pemeriksaan asam urat sangat tinggi. Sementara itu obat ini juga bisa dibeli bebas namun harus digunakan dengan hati-hati. Beberapa jenis NSAID untuk asam urat tinggi seperti naproxen sodium, indometasin dan ibuprophen.

Efek Samping

Obat yang termasuk dalam NSAID umumnya hanya memiliki efek samping ringan saja. Hanya saja beberapa orang yang sudah sering menggunakan obat ini kemungkinan berisiko mengalami pendarahan usus dan lambung serta gangguan jantung.

2. Obat Kortikosteroid

Rematik

Ketika rematik disertai dengan tanda-tanda asam urat maka rasa sakit bisa sangat parah. Karena itu biasanya obat NSAID tidak banyak membantu. Jadi salah satu solusinya adalah semua obat yang termasuk dalam golongan kortikosteroid. Obat ini akan bekerja untuk mengatasi rasa sakit dan mencegah kerusakan sendi yang lebih parah. Untuk penderita rematik sebaiknya juga tidak menggunakan kortikosteroid dalam waktu yang lama karena proses pengurangan obat harus dengan anjuran dokter. Jadi meskipun tersedia di apotik sebaiknya meminta pertimbangan dokter.

Asam Urat

Semua penderita asam urat yang sudah tidak bisa mengatasi rasa sakit dengan obat NSAID maka bisa mendapatkan kortikosteroid. Beberapa jenis obat ini seperti sterapred dan meticorten. Jenis obat bisa diberikan dalam bentuk suntikan dan pil. Efek samping yang bisa terjadi cukup beragam seperti kenaikan kadar gula darah, mudah marah, dan hipertensi.

Obat Khusus Rematik

1. Golongan Obat DMARDs

Obat ini termasuk jenis obat yang sebenarnya diberikan kepada penderita gejala rematik saja. Obat bisa berfungsi untuk mengatasi rasa sakit dan mencegah kerusakan sendi dan jaringan di sekitarnya. Obat ini termasuk jenis obat modifikasi yang juga sering diberikan untuk penderita kanker untuk mengatasi rasa sakit. Obat ini sangat efektif untuk mengatasi rematik tahap awal dan tidak menyebabkan efek samping.

2. Obat Cox-2 Inhibitor (Siklooksigenase)

Jenis obat yang termasuk dalam golongan NSAID adalah obat siklooksigenase. Jenis obat yang bisa mengatasi pembengkakan dan peradangan pada rematik ini juga termasuk dalam golongan NSAID. Hanya saja jenis obat Cox-2 inhibitor bisa bermanfaat untuk mencegah pembentukan prostaglandin sehingga selain merawat rematik juga bisa mencegah radang lambung dan usus. Jadi ini obat yang sangat aman untuk penderita rematik.

3. Obat Imunopressan

Jenis obat lain yang aman untuk penderita rematik adalah golongan obat imunopresan. Obat ini bermanfaat untuk mengatasi masalah sistem imunitas sehingga bisa mencegah kerusakan pada jaringan tubuh dan persendian.

Beberapa jenis obat yang termasuk dalam golongan ini seperti azatioprin, sulfasalazin dan obat Mtx. Hanya saja beberapa obat tidak bisa dibeli bebas dan harus dengan resep dokter. Dan perawatan dengan obat ini harus hati-hati karena bisa menyebabkan infeksi organ dalam.

Obat Khusus Asam Urat

1. Colchinie

Obat asam urat yang lain adalah jenis obat Colchinie yang bisa mengatasi rasa sakit karena asam urat. Obat ini memiliki manfaat ganda karena bisa digunakan untuk mengobati asam urat yang sudah menahun dan mencegah agar kadar asam urat tidak tinggi. Obat bisa digunakan selama dua kali selama masa kambuh jika disertai dengan demam, bengkak, dan nyeri sendi. Kemudian obat untuk mencegah agar asam urat tidak tinggi atau tidak kambuh biasanya diberikan 1 sampai 2 kali tablet selama perawatan. Hanya saja obat harus digunakan secara hati-hati karena bisa menyebabkan gangguan fungsi ginjal. Karena ada pengaruh asam urat terhadap ginjal.

2. Allopurinol

Allopurinol adalah jenis obat untuk menurunkan kadar asam urat yang tinggi. Cara kerja obat ini menghambat pembentukan asam urat sehingga bisa menurunkan asam urat dengan cepat. Hanya saja obat sering menyebabkan efek samping seperti sakit perut, diare, sakit kepala dan gatal-gatal. Dosis untuk merawat asam urat dengan allopurinol juga harus hati-hati agar bisa mengurangi efek samping.

3. Probenecid

Obat probenecid atau benemid dipercaya bisa menurunkan asam urat tinggi dengan cara mengeluarkan asam urat lewat urin. Hanya saja pengguna obat harus minum air putih yang cukup untuk mengatasi efek asam urat pada ginjal.  Kemudian efek samping obat pada ginjal bisa sangat berat sehingga harus dilakukan secara hati-hati.

Itulah beberapa obat rematik dan asam urat di apotik tanpa resep. Beberapa obat juga harus didapatkan dengan resep karena penyakit ini lebih baik dirawat dengan bantuan dokter.

, ,



Oleh :
Kategori : Pengobatan