Sponsors Link

Obat Tradisional Asam Urat Pada Ibu Hamil Yang Ampuh Dan Aman

Sponsors Link

Penyakit asam urat merupakan salah satu jenis penyakit kronis yang akan berlangsung terus dan dipicu oleh tingginya kadar asam urat di dalam tubuh. Penyakit asam urat akan menimbulkan gejala yang tingkatnya tergantung dari keparahan atau seberapa tingginya kadar asam urat di dalam tubuh melebihi batas normalnya. Penyakit asam urat dapat terjadi pada siapapun dan sekarang tidak mengenal usia baik itu pada wanita maupun pada pria.

ads

Sebagai penyakit yang dapat berlangsung sepanjang usia ketika memang sudah terjadi maka dapat menyerang ibu hamil yang sebelum menjalani kehamilan sudah memiliki riwayat penyakti asam urat tersebut. Asam urat yang terjadi pada ibu hamil perlu mendapatkan penanganan yang benar mengingat ketika serangan asam urat terjadi maka tubuh akan merasakan gejala nyeri hebat dan dapat berlanjut pada pembengkakan di daerah persendian yang dapat menganggu kondisi ibu hamil dalam menjalani proses kehamilannya.

Untuk mengatasi asam urat pada ibu hamil tersebut tentu diperlukan upaya yang benar dan salah satunya adalah menggunakan obat obatan tradisional dibandingkan obat medis. Obat tradisional memiliki efek samping atau dampak buruk yang lebih rendah dibandingkan dengan obat medis sehingga cukup aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan tidak menyebabkan gangguan pada kehamilannya. Berikut ini beberapa jenis obat tradisional asam urat pada ibu hamil yang perlu diketahui terutama yang sudah memiliki riwayat penyakti tersebut.

  1. Menjaga pola makan

Pengobatan atau obat tradisional asam urat pada ibu hamil maupun untuk penderita penyakit asam urat yang pertama adalah dengan menjaga pola makan yang baik. Ibu hamil yang sudah memiliki riwayat penyakit asam urat sebaiknya lebih memilih makanan yang sehat dan tidak menyebabkan terjadinya peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh. Ibu hamil harus menghindari semua jenis makanan yang memiliki kandungan zat purin tinggi seperti jerohan, kacang kacangan, makanan laut, minuman beralkohol, gula, bayam, kembang kol, asparagus, dan lain sebagainya.

  1. Kumis kucing

Selain mengatur pola makan sebagai upaya pencegahan terjadinya asam urat pada ibu hamil, kondisi asam urat yang sudah terjadi dapat diatasi dengan berbagai ramuan tradisional salah satunya adalah kumis kucing. Kumis kucing memiliki kandungan senyawa orthosiponin yang dapat membantu membuang kelebihan kadar asam urat di dalam tubuh serta dibantu dengan sifat umum kumis kucing yang dapat bertindak sebagai diuretik akan mengeluarkan asam urat bersamaan dengan air kencing.

  1. Jahe

Jahe merupakan salah satu jenis tanaman toga yang banyak dimanfaatkan sebagai bumbu dapur. Jahe sudah dikenal luas memiliki manfaat dalam membantu menjaga kondisi kesehatan seseorang. Jahe juga dapat menghangatkan tubuh sehingga sangat cocok menjadi minuman yang dikonsumsi pada saat suhu lingkungan sekitar cukup dingin. Selain itu, jahe ternyata dapat membantu memperlancar sistem sirkulasi darah dan mengeluarkan kadar asam urat di dalam darah sehingga dapat digunakan sebagai obat tradisional asam urat pada ibu hamil.

  1. Cengkeh

Cengkeh juga termasuk dalam obat tradisional atau obat herbal untuk asam urat yang dapat membantu mengatasi kondisi gejala asam urat yakni pembengkakan. Cengkeh dapat digunakan secara oral atau diminum maupun dioleskan pada bagian yang nyeri dan bengkak akibat peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh. Penggunaan cengkeh biasanya akan dicampur dengan jenis herbal lain seperti jahe untuk lebih meningkatkan efektifitas pengobatan asam urat.

  1. Sidaguri

Daun dan akar sidaguri memiliki kandungan senyawa yang baik bagi tubuh dan mampu membantu meredakan peradangan, mengatasi nyeri, dan meluruhkan asam urat melalui kencing. Manfaat tersebut dapat digunakan sebagai obat tradisional asam urat pada ibu hamil yang aman dan minim efek samping. Sidaguri dapat digunakan sebagai obat dalam maupun obat luar untuk mengatasi penyakit asam urat pada ibu hamil.

  1. Bidara

Bidara dikenal luas sebagai tanaman herbal yang digunakan untuk mengatasi beberapa jenis penyakit. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam bidara seperti  flavonoid, keton, kalsium, natrium, alkane dan aldehid ternyata memiliki manfaat yang baik juga dalam mengatasi kondisi penyakit asam urat pada ibu hamil. Bidara dimanfaatkan dalam bentuk rebusan daun bidara yang bisa dicampur dengan bahan bahan lainnya untuk membantu menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh ibu hamil.

  1.  Daun salam

Rebusan daun salam juga menjadi salah satu jenis tanaman obat asam urat dan reumatik  yang aman digunakan pada ibu hamil. Kandungan beberapa senyawa pada daun salam seperti polifenol, tannin, flavonoid dan minyak asiri bukan hanya dimanfaatkan untuk membantu mengatasi penyakit asam urat saja namun juga mengatasi beberapa jenis penyakit lain seperti kolesterol dan gula darah yang tinggi.

  1. Daun sirsak

Rebusan daun sirsak belakangan ini cukup populer digunakan sebagai salah satu ramuan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan mengatasi beberapa jenis penyakit yang salah satunya adalah asam urat. Kandungan vitamin C dan vitamin A serta beberapa nutrisi lain dapat membantu mengatasi bengkak dan nyeri yang terjadi akibat adanya peningkatan kadar asam urat.

  1. Mahkota dewa

Mahkota dewa sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai macam penyakti sudah sangat dikenal luas bahkan banyak tersedia bentuk olahan obat herbal dari tanaman tersebut. Mahkota dewa dapat membantu dalam mengatasi penyakit yang salah satunya adalah asam urat dan sebagai obat herbal tentu efek sampingnya sangat minim bagi ibu hamil.

Itulah beberapa obat tradisional asam urat pada ibu hamil yang dapat diberikan dan tidak menyebabkan dampak buruk pada kehamilan karena efek sampingnya yang minim. Selain obat tradisional yang disebutkan diatas, masih banyak jenis obat lainnya yang dapat digunakan seperti cuka apel, manfaat sambiloto untuk asam urat, temulawak, nanas, daun kelor, daun seledri, anting anting, lemon, dan lain sebagainya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan