Sponsors Link

2 Obat untuk Asam Urat Selain Allopurinol yang Diresepkan Dokter

Sponsors Link

Penyakit asam urat merupakan penyakit peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh yang lebih tinggi dari batas normal yakni 7 mg/dl untuk laki laki dan 6 mg/dl untuk perempuan. Asam urat sebenarnya merupakan hasil metabolisme yang memang sudah ada di dalam tubuh namun kadarnya tidak boleh melebihi batas normal karena dapat menyebabkan terjadinya gangguan ekskresi asam urat yang mengakibatkan penumpukan kristal asam urat di daerah sendi tubuh.

ads

Penumpukan asam urat tersebutlah yang bertanggung jawab terhadap munculnya beberapa gejala penyakit asam urat ini seperti nyeri dan peradangan. Peradangan dan nyeri tersebut muncul akibat bentuk kristal asam urat yang menyerupai jarum. Nyeri dan peradangan menjadi salah satu gejala paling menyakitkan serta mengganggu sehingga jika tidak diatasi dengan benar maka akan mengganggu aktivitas penderitanya. Salah satu cara untuk mengatasi penyakit asam urat tersebut adalah dengan mengkonsumsi obat asam urat di apotik.

Mengenai obat asam urat maka yang paling familiar dikenal adalah allupurinol. Allopurinol merupakan obat dengan golongan antipirai yang berfungsi menurunkan kadar asam urat di dalam darah. Penderita familiar tentu akan sudah sangat paham dan hafal dengan jenis obat ini. Selain allopurinol sebenarnya masih ada obat penurun kadar asam urat lainnya. Obat untuk asam urat selain allopurinol tersebut diantaranya seperti dalam penjelasan dan uraian dibawah ini.

  • Probenecid

Probenecid merupakan jenis obat yang digunakan dalam proses mencegah serta mengatasi serangan yang muncul akibat peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh yang sudah dalam kondisi kronis. Berbeda dengan allopurinol yang bekerja dengan mekanisme menghambat pembentukan atau metabolisme asam urat di dalam tubuh, Probenecid untuk asam urat ini memiliki mekanisme kerja yang dapat membantu ginjal dalam prosesnya mengeluarkan asam urat dari dalam tubuh.

Probenecid merupakan jenis obat urikosuric yang pembeliannya harus menggunakan resep dokter untuk memastikan kebenaran dari obat yang dikonsumsi dengan hasil diagnosis dokter. Sama dengan allopurinol, probenecid tidak dapat mengatasi gejala asam urat yang langsung terjadi namun membantu menurunkan kadar asam urat sehingga kondisi gejala tidak akan muncul. Probenecid biasanya akan diresepkan oleh dokter untuk diberikan dalam upaya menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh dan baru diberikan setelah kondisi serangan mereda.

Obat obatan probenecid memiliki batasan dalam penggunaannya dan tidak boleh dikonsumsi oleh anak di bawah 2 tahun. Penggunaan obat prebenecid ini perlu diawasi dan tidak boleh diberikan kepada wanita yang dalam proses kehamilan, sedang merencanakan kehamilan, menyusui, dan lain sebagainya. Penggunaan probenecid dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam ginjal sehingga jika tidak diperhatikan dengan baik maka dapat meningkatkan resiko terjadinya batu ginjal. Untuk menghindari keadaan tersebut, sering kali dokter memberikan arahan untuk mengkonsumsi banyak air putih.

Selain probenecid, jenis obat lainnya yang juga sebenarnya dikhususkan untuk mengatasi asam urat adalah colchicine. Berbeda dengan probenecid dan allopurinol, obat colchicine ini dapat membantu mengatasi kondisi nyeri dalam serangan asam urat dan mengurangi kadar asam urat sama seperti mekanisme kerja probenecid. Colchicine bekerja dengan cara mengurangi jumlah sel darah putih yang bergerak ke daerah peradangan sehingga peradangan tidak akan terjadi dan dapat membantu meredakan nyeri dalam serangan penyakit asam urat tersebut.

Colchicine tidak digunakan sebagai obat anti nyeri atau penghilang rasa nyeri oleh dokter dan memang lebih banyak digunakan untuk mengatasi serangan asam urat. Colchicine biasanya digunakan bersamaan dengan obat penurun kadar asam urat lainnya di dalam tubuh sehingga kinerjanya menjadi lebih bersinergi. Sama halnya dengan probenecid, colchicine juga merupakan salah satu obat yang patut untuk dihindari penggunaannya pada ibu hamil serta mereka yang merencanakan kehamilan.

Obat Colchicine dapat menyebabkan gangguan pada kesuburan pria sehingga dapat mengganggu proses perencanaan kehamilan. Colchicine hanya dapat dibeli dengan resep dokter dan mungkin tidak semua penderita asam urat mengetahui jenis obat ini. Colchicine baiknya dikonsumsi setelah perut terisi atau setelah makan dengan dosis yang sudah dianjurkan oleh dokter. Sama halnya dengan probenecid, konsumsi colchicine haruslah diimbangi dengan banyak mengkonsumsi air putih.

Itulah kedua jenis obat untuk asam urat selain allopurinol yang dapat membantu menurunkan kadar asam urat secara langsung. Kedua jenis obat tersebut memiliki mekanisme kerja yang sama dan beberapa penelitian menunjukan hasil yang lebih efektif dari penggunaan obat probenecid dan colchicine dibandingkan allopurinol dalam hal menurunkan kadar asam urat di dalam darah. Untuk mengatasi kondisi asam urat, sama halnya dengan allopurinol, masih dibutuhkan obat obatan pereda nyeri dan antiinflamasi yang dapat membantu meringankan gejala serangan asam urat pada penderitanya. Pemilihan obat sebaiknya diserahkan tanggung jawabnya kepada orang yang memang ahli dibidang tersebut yakni dokter agar hal yang terjadi dapat berlangsung dengan baik.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Pengobatan