Sponsors Link

11 Olahraga Penurun Asam Urat Tinggi Paling Direkomendasikan

Sponsors Link

Olahraga, aktivitas ini sangat diperlukan oleh tubuh untuk menjaga kebugaran dan segala sistem yang ada di dalamnya. Aktivitas ini menjadi pilihan yang kerap kali Anda mulai tinggalkan karena asam urat yang menyerang bagian persendian Anda. Rasa sakit, nyeri, dan bengkak pada sendi membuat Anda berpikir ratusan kali untuk berolahraga, namun siapa sangka ternyata olahraga dapat membantu Anda menurunkan kadar asam urat dalam darah Anda. Simak 11 olahraga penurun asam urat yang akan diulas di bawah ini:

ads

1. Melakukan peregangan pergelangan tangan

Peregangan pergelangan tangan ini termasuk ke dalam gerakan latihan gerak persendian yang paling ringan. Latihan pergelangan tangan ini bertujuan untuk menjaga persendian yang berada di area ini, serta menjaga fleksibilitas otot untuk mengurangi rasa kaku yang kadang dirasakan oleh penderita asam urat. Cara melakukan gerakan peregangan pergelangan tangan:

  • Pegang salah satu lengan di depan tubuh, tekuklah siku hingga berada dekat dengan tubuh Anda. Arahkanlah telapak tangan ke atas
  • Peganglah ujung salah satu jari Anda, kemudian tarik tangan yang Anda pegang jarinya ke arah bawah dan pergelangan tangan Anda menghadap ke arah lantai
  • Putarlah area pergelangan tangan dan kibas kibaskan secara perlahan
  • Ulanglah gerakan tersebut 2-4 kali secara bergantian

2. Melakukan peregangan area kepala

Olahraga untuk menurunkan asam urat selanjutnya adalah melakukan peregangan area kepala, yang merupakan jenis peregangan yang mencakup bagian kepala dan leher. Tidak jauh berbeda dengan peregangan pergelangan tangan, peregangan area kepala ini bertujuan untuk menjaga persendian serta otot dari rasa kaku yang kerap kali Anda rasakan selama asam urat menyerang. Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukan peregangan area kepala:

  • Peregangan leher
    • lakukan gerakan memiringkan kepala ke salah satu sisi (kanan atau kiri)
    • kembalilah ke posisi tengah (hadap depan)
    • ulangi gerakan ini dengan hadap sisi bergantian hingga 4-8 kali
    • lakukanlah gerakan yang sama seperti di atas, namun gantilah arah peregangannya menjadi depan dan belakang
    • lakukanlah gerakan memiringkan kepala dengan mengarahkan kepala ke bahu, kemudian miringkan dengan arah memutar 30 derajat ke arah kanan dan kiri secara bergantian
    • pastikan ketika Anda mengarahkan kepala ke belakang, posisi mulut Anda sedikit terbuka dan rahang Anda tetap relaks.
  • Peregangan kepala
    • Lakukanlah gerakan memiringkan kepala ke arah belakang
    • Letakkanlah telapak tangan Anda pada bagian bawah dagu, kemudian tarik rahang Anda ke bawah hingga rahang Anda terbuka.
    • Gunakanlah ibu jari, telunjuk dan jari tengah Anda untuk memegang area dagu Anda
    • Gerakkan kepala Anda dengan tetap memegang daerah dagu, ke arah kiri dan kanan secara bergantian.

3. Berjalan kaki

Berjalan kaki merupakan salah satu jenis olahraga yang masuk ke dalam latihan ketahanan. Latihan ketahanan ini bertujuan untuk membantu perbaikan sirkulasi darah dalam tubuh Anda, membantu kinerja jantung, serta memberikan tempat bagi tubuh membakar karbohidrat dan lemak menjadi energi. Pilihlah pagi hari sebagai waktu yang paling tepat untuk berjalan-jalan sambil menikmati udara sekitar Anda.

Apabila daerah sekitar rumah Anda masih memiliki area berumput dan bertanah, Anda dapat berjalan dengan bertelanjang kaki. Sediakanlah waktu 10-45 menit untuk berjalan kaki. Selain menurunkan dan mencegah asam urat, ternyata berjalan kaki di pagi hari dapat menurunkan berat badan, mencegah osteoporosis, mengontrol gula darah, dan masih banyak manfaat-manfaat lainnya yang bisa Anda nikmati setelah Anda rutin berjalan kaki di pagi hari.

4. Naik turun tangga

Siapa sangka naik turun tangga itu tidak ada gunanya? Yap, bagi penderita asam urat, naik turun tangga merupakan aktivitas yang dapat dilakukan untuk mencegah rasa sakit akibat asam urat yang tiba-tiba menyerang. Naik turun tangga dapat dikategorikan dalam latihan ketahanan seperti berjalan kaki, hanya saja naik turun tangga juga menguatkan bagian persendian di area lutut. Lakukanlah kegiatan naik turun tangga ini 5 – 10 menit dalam sehari, untuk menguatkan persendian yang ada di area kaki. Aktivitas ini terbukti mampu mencegah dan mengurangi rasa sakit yang ada di persendian Anda, apabila dilakukan secara berkala.

Sponsors Link

5. Menari

Selain menjadi kegiatan yang dapat mengusir rasa bosan yang Anda rasakan, ternyata menari memiliki banyak manfaat bagi penderita asam urat. Gerakan-gerakan yang terlihat sederhana ternyata mampu mencegah rasa sakit yang menyerang area persendian di seluruh tubuh. Selain mengurangi stress dan rasa penat akan kegiatan Anda sehari-hari, menari dapat membuat otot Anda menjadi lebih kuat; mengubah asupan karbohidrat, lemak, maupun gula yang tertimbun dalam tubuh hingga menjadi terbakar menjadi energi; mengendalikan berat badan serta memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh Anda.

6. Aerobik

Pada awalnya aerobik termasuk dalam suatu tarian kebugaran. Aerobik sekarang ini lebih dikenal sebagai suatu senam kebugaran yang biasanya sangat diminati oleh kaum hawa. Senam ini sendiri masuk dalam kategori latihan ketahanan atau kardiovaskular. Latihan ini tentu saja melibatkan fisik yang berguna untuk meningkatkan tingkat efisiensi masuknya oksigen dalam sel dan jaringan dalam tubuh, sehingga dapat memperbaiki kinerja organ-organ dalam sistem pernafasan dan peredaran dalam darah.

Senam aerobik ini biasanya melibatkan musik dan gerakan yang sengaja dipadukan untuk memperoleh irama yang sesuai antara keduanya. Biasanya Senam ini terdiri dari tahap pemanasan, inti, dan pendinginan. Aerobik menjadi opsi yang paling menarik untuk Anda yang memiliki riwayat penyakit asam urat. Kombinasi-kombinasi gerakan yang ada dalam senam aerobik dapat membantu persendian Anda kembali bergerak aktif dan menghindarkannya dari rasa kaku dan nyeri. Latihan ini juga dapat menjaga tubuh Anda dari obesitas atau kelebihan berat badan, terutama Anda yang mulai masuk usia awal 30 tahunan.

7. Bersepeda

Sama halnya seperti menari, bersepeda merupakan kegiatan yang melibatkan otot serta persendian secara aktif. Bersepeda termasuk dalam kegiatan latihan kekuatan atau kardiovaskular. Latihan kardiovaskular ini sangat bermanfaat untuk memelihara jantung serta persendian dan otot yang ada dalam tubuh Anda. Bagi Anda yang sedang menjaga berat badan, bersepeda juga dapat membantu Anda mengontrolnya. Keterlibatan otot dan persendian secara aktif dapat mencegah penderita asam urat merasakan sakit akibat tingginya kadar asam urat yang ada dalam darah Anda.

ads

8. Berenang

Berenang tampaknya menjadi salah satu jenis olahraga yang paling banyak diminati oleh para penderita asam urat. Mencegah tekanan pada daerah persendian selama melakukan gerakan, merupakan kelebihan yang dimiliki oleh olahraga air ini. Tekanan pada area persendian yang berkurang drastis saat Anda mulai masuk ke dalam air, membuat rasa sakit yang biasa Anda rasakan saat berjalan maupun melakukan gerakan, sedikit menghilang. Berenang sendiri termasuk dalam golongan latihan ketahanan atau kardiovaskular, sama seperti bersepeda maupun menari. Berenang dapat menjaga bentuk tubuh serta berat badan Anda. Sangat bermanfaat kan?

9. Yoga

Bagi Anda yang memiliki riwayat asam urat tinggi, mencoba yoga sebagai salah satu jenis olahraga yang dapat Anda pilih. Yoga sendiri termasuk dalam aktivitas tubuh dan pikiran yang berfokus pada kekuatan dan tingkat fleksibilitas, serta pernapasan Anda. Aktivitas ini dapat meningkatkan kekuatan mental maupun fisik Anda secara bertahap. Penguatan mental yang dilakukan yoga merupakan dampak positif dari perasaan relaks yang muncul selama aktivitas ini dilakukan secara rutin dan berkala.

Gerakan yang ada dalam jenis olahraga ini dapat meningkatkan fleksibilitas otot serta persendian tubuh Anda. Fleksibilitas otot dan persendian tubuh yang terjaga akan membuat penderita asam urat terhindar dari rasa kaku di area sendi-sendinya. Kekuatan otot yang meningkat secara perlahan akan Anda rasakan apabila Anda rutin melakukan yoga. Apabila Anda merasa kurang percaya diri karena tubuh Anda yang kurang lentur, hilangkan mindset itu mulai dari sekarang! Kelenturan tubuh yang didapat oleh ahli yoga karena latihan yang mereka lakukan secara rutin dan jam terbang yang tinggi. Apabila Anda melakukan yoga secara rutin, bukan hal yang tidak mungkin untuk mendapatkan tubuh yang lentur seperti ekspetasi Anda!

10. Tai chi

Tai chi merupakan seni bela diri yang populer di Cina. Tai chi atau tai chi chuan adalah teknik menggerakkan badan yang dikemas dalam bentuk bela diri. Tai chi menjadi salah satu olahraga yang bermanfaat bagi Anda yang menderita penyakit asam urat. Hal ini dikarenakan jenis gerakan yang ada dalam bela diri ini dilakukan secara lambat dan hati-hati, sehingga tidak gerakan mengagetkan yang membahayakan persendian Anda. Sama halnya seperti yoga, tai chi masuk dalam olahraga yang melatih kekuatan dan peregangan tubuh. Latihan ini membuat tubuh Anda menjadi lentur dan fleksibel, serta mencegah kekakuan pada otot dan persendian akibat pengktistalan asam urat dalam tubuh Anda.

11. Pilates

Apabila Anda sering membaca jurnal, blog, maupun mencoba berbagai macam olahraga, mungkin Anda akan mengetahui perbedaan pilates dan yoga. Kedua olahraga ini memang mirip dan sama-sama populer di kalangan penikmat olahraga relaksasi. Namun bagi Anda yang masih awam dengan istilah pilates, mungkin Anda akan memahaminya setelah membaca tulisan ini.

Jadi pilates merupakan salah satu olahraga relaksasi yang berguna untuk memulihkan tubuh pasca cidera maupun sakit di area persendian akibat asam urat. Pilates berisi gerakan-gerakan yang dapat menguatkan persendian Anda yang lemah dan kaku,serta mencegah kembalinya rasa sakit dan cidera pada persendian. Olahraga ini akan menguji dan menambah kekuatan tulang belakang, punggung, lengan, pinggul, serta paha, biasanya pilates juga mampu membentuk tubuh Anda menjadi ideal berikut dengan perbaikan posturnya.

Berbeda dengan yoga yang memasukkan aspek spiritual melalui meditasi, pilates hanya menghubungkan antara pikiran tubuh Anda supaya selaras. Jika Anda adalah penderita asam urat, pilates memiliki nilai lebih ketimbang yoga, karena gerakan-gerakan yang ada di dalamnya dapat meningkatkan stamina dan kekuatan otot serta persendian tubuh Anda.

Ulasan tentang 11 olahraga penurun asam urat yang menjadi rekomendasi untuk penderita asam urat. Konsultasikan  asam urat yang Anda miliki pada dokter sebelum mencoba salah satu atau beberapa olahraga yang sudah dipaparkan di atas. Tentu manfaat olahraga bagi penderita asam urat ini juga dapat menjaga organ tubuh lainnya, sehingga Anda terhindar dari berbagai penyakit yang membahayakan.

Mengingat asam urat yang dapat meningkat akibat dehidrasi, pastikan Anda mengkonsumsi lebih banyak air putih setiap hari. Mulailah sesi singkat di masa percobaan olahraga yang Anda pilih, kemudian tambah durasi dan tingkat kesulitan yang ada pada olahraga yang Anda pilih. Selain dengan olahraga, sebaiknya kurangi konsumsi makanan penyebab asam urat seperti kacang panjang, daging sapi, kerang, dll. Konsumsi makanan rendah purin seperti aneka buah-buahan, ikan makarel, wortel, jagung, dll. Selamat mencoba dan semoga kadar asam urat Anda kembali normal.

, , ,



Oleh :
Kategori : Pencegahan