Sponsors Link

12 Olahraga Untuk Menurunkan Asam Urat Paling Cepat dan Aman

Sponsors Link

Penyakit asam urat adalah masalah pada tubuh yang akan berkaitan dengan bagian persendian. Penyebab asam urat sendiri pada intinya karena ada penumpukan zat purin yang terlalu banyak. Sebenarnya zat purin tidak terlalu berbahaya asalkan masih dalam kadar batas normal yang dapat ditampung tubuh. Namun jika zat purin sudah semakin menumpuk maka lama-kelamaan akan mengakibatkan pengkristalan, lalu masuk pada sela-sela persendian.

ads

Biasanya purin yang memiliki kadar normal akan diolah oleh ginjal, kemudian akan dikeluarkan melalui saluran urin. Namun jika sudah menumpuk banyak, makan kerja ginjal pun akan ikut terganggu. Apalagi jika diikuti dengan tingginya tingkat kolesterol dalam tubuh, zat purin akan semakin diserap oleh lemak sehingga akan semakin sulit saja untuk dikeluarkan. Baca juga: Penyebab Asam Urat Tinggi di Usia Muda.

Kunci utama dari sebuah kesehatan adalah pola hidup yang sehat. Begitu juga dengan asam urat. Karena kerap kali mereka yang mempunyai pola hidup buruk akan semakin tinggi untuk terkena resiko asam urat. Sekarang ini asam urat tidak hanya berlalu pada orang tua, namun mereka yang masih muda juga sangat sering ada yang sudah mendapatkan penyakit ini. Ini adalah penyebab dari pola hidup mereka yang buruk seperti mengkonsumsi minuman dan makanan mengandung alkohol, mengandung purin atau nikotin.

Selain itu mereka juga sangat gemar mengkonsumsi junk food, soda dan banyak lagi. Asupan buruk yang masuk pada tubuh jika rutin dilakukan akan semakin merusak keseimbangan dan kesehatan tubuh. Lalu bagaimana untuk menghindari terjadinya asam urat? Tentunya saja dengan melakukan pola hidup yang sehat. Namun, bagaimana jika ternyata Anda sudah terserang gejala asam urat? Tentu saja Anda harus segera melakukan pengobatan untuk mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan olahraga.

Berikut merupakan 12 olahraga untuk menurunkan asam urat yang dapat direkomendasikan pada penderita asam urat dan akan sangat baik jika dilakukan secara rutin:

1. Berjalan Kaki

Jalan kaki merupakan olahraga ringan yang sangat sederhana. Namun, Anda jangan menyepelekannya. Sebab Anda bisa mendapatkan manfaat yang cukup besar dengan melakukan aktivitas olahraga ini. Untuk menurunkan kadar asam urat dengan alami, Anda bisa melakukan aktivitas olahraga dengan jalan kaki secara rutin, baik tiap minggu atau akan lebih bagus jika dilakukan setiap hari. Selain bisa bermanfaat untuk asam urat, berjalan kaki juga sangat bermanfaat untuk penderita osteoporosis, demensia, penyakit jantung dan mereka yang memiliki obesitas. Olahraga ini sangat sederhana sehingga bisa dilakukan kapan saja, Anda bisa melakukannya selama 30 menit. Saat pulang kantor, jika Anda naik kendaraan umum, sebaiknya disempatkan dulu berjalan kaki agar otot menjadi kuat baru setelah itu naik kendaraan. Baca juga: Manfaat Binahong untuk Asam Urat.

2. Melakukan Aktivitas Berepeda

Olahraga selanjutnya yang dapat Anda lakukan dengan rutin agar kondisi asam urat dalam tubuh segera sembuh yaitu dengan melakukan aktivitas bersepeda. Tidak perlu mengayuh sepeda dengan sangat cepat, Anda bisa melakukan aktivitas ini dengan santai sehingga mampu menggerakkan persendian dengan perlahan dan sempurna. Anda bisa melakukan aktivitas ini setiap hari atau setiap akhir pekan. Baca juga: Cara Mengobati Asam Urat dengan Daun Sirsak.

3. Melakukan Yoga

Tidak semua orang menyukai aktivitas yoga dan bisa melakukan yoga. Namun bagi Anda yang memiliki asam urat ada baiknya untuk melakukan olahraga ini. Yoga dapat membantu penderita asam urat untuk menurunkan penumpukan asam urat dalam tubuh secara alami. Selain dapat membuat tubuh menjadi rileks, Anda juga akan membuat tubuh merasa segar dan semakin sehat.

Dengan melakukan gerakan yoga Anda dapat menguatkan bagian persendian yang terasa kaki. Sehingga beban asam urat yang ada pada sendi dan terasa nyeri secara perlahan akan berkurang dan menghilang. Selain itu dengan melakukan yoga, Anda dapat melancarkan peredaran darah dalam tubuh sehingga akan semakin meningkat. Masih banyak lagi manfaat yang dapat diperoleh dengan melakukan aktivitas yoga. Ada baiknya Anda melakukan secara rutin agar hasilnya lebih maksimal. Baca juga: Sayur yang Dilarang untuk Asam Urat.

Sponsors Link

4. Berenang

Renang merupakan olahraga yang bukan hanya dapat meningkatkan tinggi badan saja. Namun manfaat lain dari melakukan olahraga renang adalah dapat membantu melatih fisik dan persendian penderita asam urat. Dengan berenang bagian sendiri akan bergerak dengan bebas, dan gejala-gejala asam urat yang mengganggu sedikit demi sedikit juga akan berkurang. Saat Anda sedang mendapatkan serangan asam urat biasanya tubuh akan terasa sangat kaku dan nyeri. Namun dengan melakukan aktivitas berenang dengan rutin rasa kaku dan nyeri itu akan hilang dengan perlahan. Baca juga: Obat Herbal untuk Asam Urat.

5. Melakukan Gerakan Senam Ringan

Olahraga selanjutnya yang dapat bermanfaat untuk menurunkan gejala asam urat dalam tubuh adalah dengan melakukan aktivitas senam ringan. Mungkin beberapa dari Anda akan merasa bahwa senam gerakan yang berat, namun nyatanya tidak demikian. Tidak semua gerakan senam itu sulit, Anda bisa mencoba melakukan gerakan ringan seperti peregangan asal dilakukan secara rutin. Tidak usah terlalu memberikan beban pada sendi dan otot Anda, sebab yang Anda perlukan hanyalah meregangkan bagian tertentu saja, seperti tangan dan kaki atau bagian tubuh lainnya yang memang dirasa sering terserang gejala asam urat. Gerakan senam yang ringan ini dapat Anda lakukan kapan saja, pagi, siang atau saat malam sebelum Anda tidur. Baca juga: Manfaat Sambiloto untuk Asam Urat.

6. Melakukan Angkat Beban

Selanjutnya olahraga yang dinilai efektif untuk menurunkan asam urat adalah dengan melakukan angkat beban. Tidak perlu mengangkat beban yang berat, Anda bisa melakukan angkat beban yang ringan saja. Olahraga ini dipercaya dapat melarutkan asam urat yang tinggi dan membuang kelebihan asam urat dalam tubuh secara alami. Sehingga aktivitas mengangkat beban tidak terlalu berbahaya. Saat Anda sedang melakukan aktivitas angkat beban, dan Anda merasakan sakit pada bagian tertentu tidak perlu dipaksakan. Anda bisa mengangkat beban yang dinilai mampu oleh tubuh Anda, lakukan setiap minggu atau setiap hari agar asam urat sedikit demi sedikit berkurang dan gejalanya tidak sering kambuh. Baca juga: Cara Mengobati Asam Urat dengan Daun Kelor.

ads

7. Menari

Sebagian dari Anda pasti sudah meyakini bahwa menari merupakan salah satu aktivitas fisik yang dapat dijadikan sebagai kegiatan olahraga untuk membakar kalori dan lemak secara efektif. Namun selain baik untuk menyingkirkan banyak kalori dalam tubuh, ternyata menari juga dapat sangat bermanfaat jika dilakukan oleh penderita asam urat. Dengan melakukan serangkaian gerakan tari, Anda bisa melenturkan tubuh, menguatkan sendi dan juga otot. Sehingga lama kelamaan rasa sakit pada bagian sendi akan menghilang dengan sendirinya. Anda bisa memilih tarian yang tidak terlalu berat. Lakukan tarian yang ringan asalkan Anda rutin melakukannya. Baca juga: Cara Mencegah.

8. Pilates

Olahraga selanjutnya yang dapat dilakukan untuk memperkuat otot dan sendi yang terkena asam urat adalah dengan melakukan pilates. Olahraga ini merupakan gerakan yang sangat baik dilakukan oleh Anda yang serang merasa sakit pada bagian sendiri disebabkan asam urat atau yang lainnya. Untuk melakukan pilates, ada baiknya Anda mengikuti kelas khusus agar bisa diawasi dan melakukan gerakan dengan sempurna sehingga hasilnya akan sangat baik. Baca juga: Makanan dan Minuman untuk Penderita Asam Urat.

9. Tai Chi

Melakukan olahraga tai chi dapat dilakukan oleh siapa saja, baik dewasa atau anak-anak. Olahraga yang berasal dari cina ini sangat mirip dengan yoga sehingga akan bermanfaat untuk penderita asam urat. Asal melakukannya dengan rutin, rasa sakit pada persendian pun lama kelamaan akan menghilang. Anda juga harus fokus saat melakukan olahraga ini. Sebaiknya Anda melakukan tai chi dengan mengikuti kelas khusus seperti pilates.

Baca juga:

10. Jalan di Tempat

Salah satu olahraga yang sangat mudah dan dapat dilakukan dimana saja, oleh siapa saja dan kapan saja. Yaitu jalan ditempat. Melakukan olahraga ini tidak membutuhkan peralatan yang khusus karena Anda hanya tinggal melakukan jalan ditempat saja selama 5-10 menit. Olahraga ini dinilai mampu meringankan nyeri pada bagian persendian sehingga sangat efektif untuk dilakukan penderita asam urat secara rutin.

11. Duduk Diantara Betis

Meniskus merupakan bagian C yang memiliki bentuk tulang rawan yang adalah diantara kedua sisi pada sendi lutut. Dengan duduk diantara betis, Anda dapat mengurangi rasa sakit pada bagian lutut. Karena betis dapat membantu agar otot-ototnya tetap kuat dan tetap stabil. Bagi penderita asam urat aktivitas ini bisa dilakukan secara rutin agar otot dan bagian sendi semakin kuat.

12. Melakukan Squat Partial

Squat merupakan salah satu cara terbaik saat Anda mempunyai masalah pada bagian sendi lutut karena asam urat. Anda bisa melakukan squat dengan pelan-pelan dan tidak usah terlalu cepat. Lakukan secara rutin 2-3 menit dalam sehari agar keseimbangan otot tetap terjaga.

Itulah 12 olahraga untuk menurunkan asam urat yang direkomendasikan untuk Anda penderita asam urat. Olahraga diatas akan sangat efektif untuk dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh asal dilakukan secara rutin. Saat akan melakukan aktivitas olahraga sebaiknya Anda minum 1 gelas air putih sebelum dan sesudahnya. Yang perlu diingat adalah Anda tidak perlu melakukan dengan sangat keras, lakukanlah dengan santai namun rutin.

Baca juga:

Iringi juga dengan mengkonsumsi asupan rendah kalori, lemak dan purin agar semakin membantu pada kesembuhan asam urat Anda. Saat Anda bangun tidur, ada baiknya juga Anda melakukan sedikit peregangan agar otot-otot tidak kaku, setelah itu minum air putih agar racun dalam tubuh bisa terbuang. Baru selanjutnya Anda bisa melakukan beberapa aktivitas olahraga yang ada diluar ruangan. Tidak akan terasa sulit untuk melakukannya jika Anda sudah terbiasanya dengan aktivitas tersebut dan sangat ingin sembuh dari asam urat.

, , , , ,



Oleh :
Kategori : Pencegahan