Sponsors Link

Operasi Kristal Asam Urat : Persiapan – Prosedur – Efek Samping

Sponsors Link

Penyakit asam urat adalah penumpukan hasil akhir metabolisme purin di dalam tubuh yang seharusnya dibuang melalui ginjal, feses, atau keringat. Umumnya, darah manusia dapat menampung kadar asam urat sampai tingkat tertentu dan jika melebihi maka plasma darah akan sangat jenuh yang disebut hiperurisemia. Pada keadaan tersebut, darah tidak lagi mampu menampung asam urat sehingga mengendap di berbagai organ dan juga sendi.

ads

Bagian tubuh yang menjadi sasaran utama asam urat adalah:

  • Jari: bagian tubuh yang sering diserang asam urat adalah bagian yang bersuhu dingin, yaitu jari tangan dan kaki.
  • Sendi lutut dan pergelangan kaki
  • Daun telinga
  • Retina mata: dapat mengganggu penglihatan
  • Saluran cerna: hal ini disebabkan karena terlalu sering mengonsumsi makanan yang mengandung zat purin tinggi, sehingga mengganggu sistem pencernaan
  • Ginjal: endapan asam urat pada ginjal dapat mengkristal dan memperlambat kerja ginjal
  • Jantung: pengkristalan asam urat mengganggu fungsi jantung

Jenis penyakit asam urat diantaranya adalah artritis pirai (reumatik gout), nefropati asam urat, dan tofi. Jenis asam urat yang ketiga yaitu tofi adalah jenis penyakit asam urat yang dapat dioperasi. Jika tidak diobati, tofi dapat yang membengkak sangat progresif dapat merusak tendon, kulit, dan ligamen, membatasi gerakan sendi, dan membuat tulang menjadi hancur. Sebenarnya, tofi dapat hilang jika penderita tekun mengobati. Namun, tofi yang sudah akut dan bila sangat mengganggu perlu diobati dengan obat medis asam urat dan dilakukan operasi kristal asam urat untuk pengangkatan tofi.

Persiapan Operasi Kristal Asam Urat

Dokter akan memberikan pengobatan asam urat berupa operasi kristal asam urat (operasi pengangkatan tofi) kepada penderita jika kristal asam urat (tofi) diindikasikan sebagai berikut:

  • Rasa nyeri yang timbul tidak tertahankan
  • Kerusakan sendi akibat timbunan kristal asam urat
  • Timbunan tofi menekan syaraf
  • Gerak sendi menjadi terbatas
  • Tofi tampak besar dan mengganggu
  • Timbunan kristal asam urat muncul pada kulit dan dapat atau telah menimbulkan luka

Sebelum dilakukan operasi, tentunya dokter akan menyarankan dengan pengobatan dan mengetahui penyebab lain yang menimbulkan kerusakan di dalam tubuh. Setelah memeriksa gejala asam urat akut, dokter akan melakukan pemeriksaan klinis dan tingkat asam urat dalam darah dengan cara mengambil cairan dari sendi dengan menggunakan jarum suntik steril.

Meskipun, banyak kasus dimana tidak ditemukan pengkristalan namun hal tersebut tidak sama sekali menandakan bahwa penderita sembuh. Kebanyakan pengkristalan asam urat tidak ditemukan di penderita asam urat akut. Sedikit sekali dokter yang menyarankan mengambil tindakan operasi kristal asam urat kepada pasiennya dan lebih memilih untuk menyarankan mengatur pola makan dan gaya hidup.

Prosedur Operasi Kristal Asam Urat

Tindakan operasi adalah opsi terakhir yang diambil karena pola atau gaya hidup dan obat-obatan yang diberikan tidak dapat lagi mengecilkan kadar asam urat di dalam tubuh. Kompleksitas operasi tergantung dari seberapa besar dan pengaruh asam urat terhadap sendi. Penelitian yang dilansir oleh Everyday Health menyatakan bahwa siku pasien adalah bagian yang paling sering dilakukan operasi pengangkatan kristal asam urat.

Pembedahan yang dilakukan tidak terlalu sulit. Prosedur pengangkatan kristal asam urat yang dilakukan dengan cara operasi oleh dokter adalah sebagai berikut:

Sponsors Link

  • Menyayat bagian yang terjadi penumpukan asam urat.
  • Setelah itu dokter akan memecah kristal asam urat yang menggumpal di persendian
  • Mengeluarkan kristal asam urat dari dalam tubuh

Operasi untuk menggantikan sendi asam urat diperlukan jika sendi penderita rusak akibat kristal asam urat atau disebut erosi. Namun, jarang sekali ditemukan kasus adanya operasi penggantian sendi akibat asam urat.

Efek Setelah Operasi Kristal Asam Urat

Setelah operasi, penderita akan diberikan perawatan hingga luka operasi sembuh. Pengangkatan asam urat berlebih di dalam tubuh membuat penderita dapat beraktivitas normal kembali. Biasanya, efek setelah operasi juga akan memperbaiki luka atau bengkak yang ada di tubuh yang mengganggu sehingga tubuh yang terkena asam urat dapat kembali terlihat indah.

Penderita asam urat yang menginginkan bagian tubuhnya terlihat indah setelah menderita asam urat dapat mencoba operasi kosmetik (cosmetic surgery). Dalam beberapa kasus, asam urat perlu mengangkat nodul besar asam urat karena jika tidak akan menyebabkan radang di tubuh. Nodul juga dapat pecah dan menginfeksi tubuh jika tidak diangkat.

Lebih baik mencegah datangnya asam urat daripada menderita asam urat hingga akut. Anda dapat memulai pola hidup sehat dengan menghindari makanan penyebab asam urat (seperti jeroan, udang, kepiting, sayur bayam), rajin berolahraga, hindari minuman bersoda dan alkohol, minum banyak air putih, dan istirahat yang cukup.

, , , , ,



Oleh :
Kategori : Pengobatan