Sponsors Link

8 Pantangan Asam Lambung dan Asam Urat Tinggi

Sponsors Link

Penderita penyakit asam urat dan asam lambung mempunyai beberapa pantangan yang sebaiknya dihindari supaya penyakitnya tersebut tidak kembali lagi di kemudian hari ataupun supaya penyakit asam urat maupun asam lambung yang dideritanya ini tidak bertambah parah. Berikut beberapa hal yang menjadi pantangan asam lambung dan asam urat antara lain:

ads

1. Makanan berlemak dan berminyak

Mengkonsumsi makanan berlemak dapat menyebabkan gangguan fungsi ginjal yang menjadi awal pemicu terjadinya asam urat dan juga bisa memicu tekanan asam lambung. Maka dari itu sebaiknya kita hindari makanan berlemak seperti daging sapi, daging kambing, jeroan, makanan cepat saji, dan juga makanan yang berminyak untuk menjaga kesehatan tubuh dan terhindar dari asam lambung, asam urat, dan juga penyakit lainnya

2. Buah dan sayuran tinggi purin dan bersifat asam

Zat purin dan juga asam adalah pemicu naiknya asam urat dan asam lambung. Maka dari itu, orang yang mempunyai riwayat penyakit asam urat dan asam lambung sebaiknya menghindari buah-buahan dan juga sayuran yang memiliki kadar purin dan asam yang tinggi agar penyakit tersebut tidak datang lagi. Beberapa diantaranya adalah Kembang kol, brokoli, kubis, melinjo, salad, tomat dan lain sebagainya. Sedangkan untuk buah-buahan yang tinggi purin dan juga asam  yang sebaiknya dihindari adalah durian, nangka, nanas jeruk, lemon, maupun anggur karena dapat memicu tingginya asam urat dan asam lambung pada tubuh.

3. Makanan pedas, asam dan bersantan

Bagi penderita asam lambung, makan- makanan yang pedas dapat membuat iritasi di lambung, sehingga membuat tidak nyaman. Maka dari itu dianjurkan untuk penderita asam lambung agar tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung cabai, saus, maupun merica yang berlebih. Makanan yang mengandung asam seperti cuka, acar, ataupun asinan juga sebaiknya dihindari karena bisa memperburuk sakit asam lambung dan juga asam urat yang dialami. Bagi penderita asam urat, makanan yang bersantan juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi karena makanan tersebut mempunyai kandungan lemak yang tinggi yang dapat meningkatkan kadar asam urat dan juga kolesterol di dalam tubuh.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan sebenarnya mempunyai banyak manfaat yang baik bagi tubuh. Namun ternyata kacang-kacangan juga mempunyai kadar asam dan juga purin yang cukup tinggi yang bisa meningkatkan resiko asam lambung dan juga asam urat. Maka dari itu juga disarankan agar para penderita asam urat dan asam lambung menghindari jenis makanan ini.

5. Es krim

Es krim merupakan salah satu makanan favorit setiap orang. Namun ternyata, es krim juga mempunyai kandungan lemak yang tinggi sehingga dapat memicu gejala asam urat dan juga asam lambung. Jadi sebaiknya kurangi atau hindari makan es krim jika kita punya riwayat penyakit asam urat maupun asam lambung.

6. Minuman beralkohol

Sudah bukan rahasia lagi jika minuman beralkohol  mempunyai dampak yang tidak menyehatkan bagi tubuh, karena di dalam alkohol tersebut terdapat karbonasi yang meningkatkan meningkatkan produksi asam lambung dan asam urat di dalam tubuh. Selain itu bagi penderita asam urat dan juga asam lambung, minuman beralkohol tersebut sebaiknya dihindari karena mempunyai kadar purin dan asam yang cukup tinggi. Selain minuman, makanan yang beralkohol  seperti tape,ketan dan juga juga sebaiknya dihindari karena juga mengandung kadar asam dan purin yang tinggi.

Sponsors Link

7. Minuman kemasan yang manis dan bersoda

Minuman berkemasan yang manis dan juga yang mengandung soda menjadi pantangan bagi orang yang menderita asam urat, karena dalam minuman tersebut terdapat gula dan soda yang tinggi yang dapat meningkatkan peroduksi asam lambung dan juga asam urat di tubuh. Hal ini bisa langsung terasa ketika mereka mengkonsumsinya, perut akan terasa kembung. Hal itu menandakan peningkatan produksi asam lambung di tubuh.

8. Minuman berkafein

Minuman berkafein seperti teh dan kopi juga dapat memicu naiknya asam lambung, karena kafein dapat menyebabkan lambung memproduksi cairan asam yang berlebih. Hal ini juga dapat menyebabkan iritasi lambung sehingga mengakibatkan rasa perih di lambung. Sedangkan bagi orang yang menderita asam urat, minuman berkafein ini karena juga mempunyai kadar gula yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan juga asam urat di tubuh. Maka dari itu, sebaiknya penderita asam lambung dan juga asam urat disarankan untuk mengurangi ataupun menghindari minuman berkafein tersebut.

Demikianlah beberapa pantangan asam lambung dan asam urat tinggi. Pada dasarnya, para penderita asam lambung dan juga asam urat disarankan untuk menghindari makanan yang mengandung asam maupun purin yang tinggi. Rajin berolahraga dan menerapkan pola hidup sehat adalah langkah yang tepat untuk mencegah dari berbagai macam penyakit. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

, , ,