Sponsors Link

6 Pantangan Bagi Penyakit Asam Urat Tinggi yang Membahayakan

Sponsors Link

Penyakit asam urat adalah penyakit yang akan menyerang pada bagian persendian. Adanya penyakit ini disebabkan karena beberapa faktor seperti jenis kelamin, usia, gaya hidup dan banyak lagi. Tentunya saja Anda tidak ingin mendapatkan penyakit ini. Lalu apa saja cara agar dapat menghindari penyakit asam urat?

ads

Penyakit asam urat adalah penyakit yang disebabkan karena adanya asupan purin berlebihan. Salah satu sumber utama purin berlebihan bisa berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan mengandung purin akan menyebabkan peningkatan yang sangat tinggi pada purin dalam tubuh. Akibatnya penumpukan akan terjadi dengan sangat cepat. Berikut adalah beberapa makanan yang mengandung purin tinggi. Berikut adalah pantangan bagi penyakit asam urat:

1. Hindari Ikan yang Mengandung Purin Tinggi

  • Ikan Anchovy

Ikan yang lebih dikenal dengan sebutan ikan teri ini adalah jenis ikan yang cukup banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Ikan teri memiliki kandungan purin cukup tinggi. Sehingga pada penderita asam urat, ikan ini dapat mengakibatkan adanya resiko peningkatan kadar asam urat dalam tubuh dengan sangat cepat.

  • Ikan Sarden

Ikan sarden adalah ikan yang biasanya diolah menjadi ikan kalengan. Memang ikan ini mempunyai banyakan kandungan yang bermanfaat seperti nutrisi. Namun bagi penderita asam urat, ikan ini sangat tidak dianjurkan karena terdapat kandungan purinnya. Jika dikonsumsi terlalu berlebihan akan meningkatkan resiko terserang gejala asam urat.

  • Ikan Tuna

Ikan tuna terkenal dengan kandungan nutrisinya. Ikan ini memiliki banyak sekali  manfaat salah satunya untuk mengontrol tekanan darah, mengurangi tekanan dalam jantung, menyehatkan detak jantung, membantu pada daya ingat, menjaga untuk pertumbuhan tubuh dan juga memberi nutrisi pada tubuh. Namun ternyata biarpun memiliki banyak manfaat  ikan tuna juga bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan terutama untuk asam urat. Kandungan purin yang tinggi dalam ikan tuna dapat mengakibatkan penderita asam urat terkena gejala asam urat secara tiba-tiba

  • Ikan Salmon

Ikan salmon adalah jenis iklan yang sangat terkenal akan khasiat dan juga manfaatnya yang sangat besar. Ikan mempunyai kandungan asam lemak omega 3 yang dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Bukan hanya itu saja, salmon juga mengandung mineral yang sangat lengkap diantaranya zat besi, fosfor, mangan, seng, tembaga, selenium dan juga magnesium. Kandungan protein yang ada di dalam ikan salmon diyakini akan dapat membantu pada pertumbuhan tubuh. Akan tetapi ikan salmon juga bisa memberikan efek buruk seperti peningkatan pendarahan dalam tubuh, lalu membuat kenaikan kadar gula darah, dan juga akan menyebabkan reaksi alergi berlebihan. Selain itu, kandungan purin yang ada di dalam ikan salmon juga dapat mengakibatkan resiko kesehatan untuk ginjal.

Sedangkan ikan yang boleh dimakan penderita asam urat diantaranya adalah ikan kod, makarel, belut dan sembilang.

2. Hindari Sayuran yang Mengandung Purin Tinggi

Berikut ini sayuran penyebab asam urat yang harus dihindari:

  • Bayam: Sebenarnya bayam adalah sayuran yang sangat bermanfaat untuk dikonsumsi, karena mempunyai kandungan yang baik untuk tubuh diantaranya adalah vitamin C dan zat besi. Namun bagi penderita asam urat, bayam tidak dianjurkan untuk dikonsumsi karena mempunyai kandungan purin. Pada 100 gram bayar sama dengan 57 gram purin.
  • Jamur: Jamur juga adalah sayuran lain yang memiliki kandungan purin cukup tinggi. Pada 100 gram jamur setara dengan 92 gram purin.
  • Asparagus: Sayuran selanjutnya yang tidak dianjurkan adalah asparagus karena mempunyai kandungan purin sebanyak 23 gram di dalam 100 gram asparagus.
  • Kembal kol: Sayuran ini juga mengandung cukup banyak purin didalamnya. Pada setiap 100 gram kembang kol akan setara dengan 51 gram purin.
  • Kacang panjang: Kacang panjang adalah salah satu jenis sayuran kacang yang pada umumnya dikonsumsi oleh banyak masyarakat. Kacang ini memberikan banyak sekali nilai protein alami yang cukup tinggi. Selain itu juga di dalam kacang panjang mengandung beberapa unsur mineral diantaranya seperti kalsium, magnesium, fosfor, zat besi, dan juga mangan. Kemudian vitamin yang ditemukan dalam kacang panjang antara lain seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin E dan juga vitamin B. Kacang panjang juga merupakan sayuran yang kaya serat sehingga dapat bisa mendukung pada sistem pencernaan. Namun apabila dikonsumsi secara berlebihan bisa mengakibatkan adanya penumpukan purin yang sangat tidak normal. Biasanya kacang panjang dapat memberikan efek secara langsung apabila dikonsumsi oleh penderita asam urat.
Sponsors Link

3 Hindari Daging yang Mengandung Purin Tinggi

  • Daging ayam: Daging ayam mempunyai beberapa kandungan yang dapat sangat bermanfaat untuk tubuh. Kandungannya antara lain adalah protein tinggi yang dapat membantu pada sistem pertumbuhan dan juga perkembangan tubuh. Selain itu jika Anda mengkonsumsi ayam tanpa kulit dapat membantu menurunkan kolesterol. Namun daging ayam juga memiliki beberapa efek kadar purin dalam daging ayam memang termasuk skala menengah. Tetapi jika dikonsumsi berlebihan oleh penderita asam urat akan sangat berbahaya.
  • Daging bebek: Selanjutnya adalah daging bebek. Daging ini mengandung purin namun jumlahnya tidak terlalu tinggi. Bagi para penderita asam urat dan juga memiliki gangguan ginjal bisa tetap makan bebek. Hanya saja tetap harus dalam jumlah yang lebih kecil dan tidak berlebihan.
  • Daging sapi: Beberapa kandungan yang bermanfaat terdapat pada daging sapi adalah jenis nutrisi berupa vitamin dan mineral. Makan daging sapi juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan kadar energi. Namun daging sapi juga ternyata mempunyai banyak kandungan purinnya. Sehingga bagi penderita asam urat akan sangat beresiko jika makan daging jenis ini.

4. Hindari Makanan Mengandung Lemak Berlebihan

Selain makanan yang terlalu banyak mengandung purin berlebihan. Lemak juga bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya resiko gejala asam urat semakin meningkat. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan lemak adalah salah satu sumber lemak yang paling berbahaya. Lemak yang masuk kedalam tubuh akan diserap oleh darah dan akan menghambat proses pengolahan dalam ginjal karena terjadi gangguan disebabkan terlalu banyak lemak. Hal ini yang akan menyebabkan seseorang yang badannya gemuk sangat mudah terkena asam urat.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda mulai menghindari makanan berlemak dan menggantinya dengan makanan yang sehat dan dapat menurunkan kadar lemak dalam tubuh Anda. Untuk membantu penurunan kadar lemak tubuh, Anda bisa melakukan diet sehat dibarengi dengan olahraga ringan yang dilakukan setiap harinya. Dengan melakukan hal tersebut, secara perlahan kadar asam urat dalam tubuh Anda akan dapat berkurang, dan resiko terserang gejalanya juga akan ikut berkurang.

ads

5. Hindari Makanan dan Minuman Mengandung Alkohol

Alkohol dipercaya 99% bisa mengakibatkan adanya serangan asam urat, hanya saja masih saja ada orang yang mengatakan  bahwa bir tidak termasuk. Padahal pada kenyataannya bir juga adalah salah satu minuman yang memiliki kadar alkohol sebanyak 5%. Bisa saja disini mereka mengira bahwa alkohol yang adalah yang memiliki kadar 40%. Pada kenyataannya segala jenis minuman beralkohol dalam kadar berapa pun harus sangat dihindari.

Larangan mengkonsumsi minuman beralkohol ini karena mempunyai kandungan purin yang cukup tinggi sehingga bisa memicu penimbunan kristal asam urat pada bagian sendi. Selain itu, alkohol juga bisa merangsang proses produksi asam urat dalam organ hati, sehingga akan semakin membuat buruk kondisi anda dan akan memicu penyakit lain. Untuk menetralisir alkohol dalam tubuh ada sebaiknya Anda melakukan terapi air putih.

6. Hindari Minuman Bersoda

Jenis minuman lain yang memiliki kandungan purin sangat tinggi adalah minuman yang mengandung soda. Minuman soda merupakan salah satu minuman yang memiliki rasa yang enak dan menyegarkan saat sedang di minum. Terutama jika ditambahkan es batu dan ketika cuaca sedang panas terik. Namun tahukah Anda bahwa ternyata minuman bersoda akan sangat berbahaya untuk yang memiliki asam urat. Berikut ini merupakan dampak buruk konsumsi minuman bersoda untuk penderita asam urat :

  • Akan terjadi gangguan pada fungsi ginjal

Hubungan asam urat dengan ginjal dapat dipengaruhi oleh minuman bersoda. Minum bersoda mempunyai kandungan purin yang cukup tinggi, sehingga apabila Anda mengkonsumsinya dengan berlebihan akan dapat mempercepat adanya penumpukan asam urat pada tubuh. Kemudian kadar asam urat berlebih ini lama kelamaan akan mulai mengendap didalam ginjal dan mengakibatkan rusaknya fungsi ginjal. Kondisi seperti ini dinilai sangat buruk dan berbahaya. Karena dapat memicu terjadinya gagal ginjal yang mengharuskan penderita melakukan cuci darah secara rutin.

  • Adanya kerusakan pada bagian persendian

Kandungan zat purin yang terdapat di dalam minuman bersoda juga dinilai mampu merusak jaringan pada tulang rawan sendi. Sehingga kondisi ini akan mengakibatkan perasaan linu, nyeri, bengkak dan sulit digerakkan pada bagian sendi. Tidak hanya itu saja, peradangan yang terjadi juga dapat mengakibatkan adanya kerusakan pada bagian tulang dan juga sendi. Dimana jika bagian tulang dan juga sendi sudah mengalami kerusakan kemungkinan akan terjadi kelumpuhan.

  • Adanya penyempitan pada pembuluh darah

Pada penderita asam urat yang masih saja selalu mengkonsumsi minuman mengandung soda, ada baiknya mulai saat ini segera dihentikan. Karena apabila penderita asam urat mengkonsumsi minuman bersoda akan dapat memicu timbulnya kadar asam urat yang sangat berlebih dan mengakibatkan terjadinya penyempitan pembuluh darah. Kondisi  ini dapat menjadi penghambat darah agar bisa sampai ke otak dan juga jantung lalu mengakibatkan adanya serangan jantung dan stroke yang sangat parah.

Itulah beberapa pantangan bagi penyakit asam urat yang perlu Anda hindari. Segala penyakit dapat dihindari, asal Anda mau menghindari pantangan tersebut dan menerapkan gaya hidup sehat sebagai cara mencegah asam urat.

, , , ,