Sponsors Link

8 Pantangan Makanan Asam Urat dan Diabetes Melitus

Sponsors Link

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat biasanya sama dengan penderita diabetes. Oleh karenanya, penderita komplikasi diabetes melitus dengan asam urat mempunyai pantangan makanan atau harus membatasi makanan untuk mencegah kambuhnya penyakit. Penderita komplikasi penyakit asam urat dan diabetes disarankan tidak memakan makanan yang mengandung zat purin tinggi dan juga mengandung glukosa tinggi.

ads

Perlu diingat bahwa bukan makanan yang menyebabkan asam urat, tetapi disebabkan oleh zat purin berlebih yang terdapat di tubuh sehingga perlu mengurangi makanan yang mengandung zat purin. Berikut adalah jenis pantangan makanan asam urat dan diabetes yang tidak boleh dikonsumsi:

1. Daging

Penderita komplikasi asam urat dan diabetes harus membatasi makanan berbahan dasar daging. Daging yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita komplikasi asam urat dan diabetes adalah jeroan, otak, daging merah, dan daging unggas seperti daging angsa dan daging bebek. Hal tersebut dikarenakan daging kaya protein padat dan juga mengandung banyak kolesterol sehingga mengandung glukosa tinggi. Hindari juga makan makanan berkaldu seperti bakso dan soto.

2. Makanan Laut

Selain daging dari binatang yang ada di darat, makanan laut (seafood) juga mengandung kolesterol dan zat purin yang tinggi. Makanan laut seperti kepiting, cumi-cumi, ikan asin. Makanan tersebut mengandung lemak yang tinggi juga dan dapat menyebabkan diabetes semakin parah.

3. Makanan Hasil Olahan Susu

Produk susu masuk ke dalam daftar pantangan makanan asam urat dan diabetes yang sebaiknya dihindari. Hal tersebut karena produk olahan mempunyai gula yang tinggi. Produk yang dibatasi seperti susu full cream, yoghurt, keju, es krim, dan margarin. Namun, para penderita tetap dapat mengonsumsi produk susu seperti yoghurt rendah lemak, keju rendah lemak, dan skim milk. 

4. Sayuran

Jenis makanan selanjutnya yang menjadi pantangan adalah sayuran penyebab asam urat, yaitu yang mengandung karbohidrat dan zat purin tinggi seperti kangkung dan bayam. Bagi Anda penderita asam urat, bayam merupakan makanan yang berbahaya karena terkandung 57 gram purin dalam 100 gram bayam. Usahakan juga menghindari sayuran wortel, kentang, dan lobak yang memiliki karbohidrat tinggi.

5. Makanan Bersantan dan Gorengan

Makanan bersantan dan gorengan mengandung banyak lemak jahat dan juga zat purin karena mengandung kolestrol. Makanan tersebut juga dapat menyebabkan komplikasi penyakit lain seperti obesitas. Disarankan untuk penderita mengonsumsi makanan yang direbus dan hindari makanan yang digoreng, dibakar, ataupun dipanggang. Hindari makan makanan junk food (cepat saji) karena kebanyakan makanan disajikan dengan cara digoreng seperti kentang goreng dan ayam goreng.

Sponsors Link

6. Buah

Tidak semua buah baik untuk penderita komplikasi asam urat dan diabetes. Terdapat jenis buah penyebab asam urat dan diabetes, yakni yang terlalu manis, berlemak, dan mengandung zat purin tinggi yang harus dihindari. Buah-buahan tersebut seperti semangka, mangga, durian, rambutan, anggur, kismis, dan buah-buahan kering lainnya. 100 gram anggur hijau misalnya, mengandung hampir 30 mg purin dan 15 gram gula sederhana.

Buah-buahan kering juga tidak diperbolehkan karena proses pengeringan membuat gula yang ada dalam buah terkonsentrasi dan kaya akan gula sederhana sehingga dapat menyebabkan naiknya gula darah yang tidak baik bagi penderita. Buah-buahan yang baik dikonsumsi untuk penderita komplikasi adalah jeruk, melon, dan buah lain yang rendah purin dan gula.

7. Makanan Olahan

Makanan dalam kaleng atau makanan yang sudah diolah harus dihindari oleh penderita asam urat dan diabetes. Hal tersebut dikarenakan makanan dalam kaleng (olahan) memiliki kadar garam yang sangat tinggi dan menggunakan pemanis buatan yang membahayakan bagi penderita diabetes. Biasanya makanan olahan juga memiliki kandungan lemak yang tinggi dan menghambat pengolahan di dalam tubuh sehingga akan menyebabkan komplikasi semakin parah.

Sponsors Link

8. Makanan dengan Karbohidrat Tinggi

Meskipun penderita asam urat tidak masalah dengan makanan karbohidrat tinggi seperti nasi putih, lain halnya jika penderita mengidap komplikasi asam urat dan diabetes. Penderita harus menghindari makanan berkarbohidrat tinggi dan menggantinya dengan nasi merah, roti dari gandum utuh, atau jagung. Tubuh memerlukan karbohidrat sebagai sumber tenaga namun penderita harus pintar memilih agar tidak mengonsumsi karbohidrat yang mengandung banyak gula.

Selain makanan, terdapat juga minuman yang harus Anda hindari seperti alkohol, sirup, dan minuman bersoda dan minuman lain yang kaya akan gula dan purin. Anda dapat menjalankan diet rendah purin dan juga glukosa dengan cara konsultasi ke dokter untuk menentukan pola makan yang sesuai untuk Anda. Penting untuk Anda yang menderita komplikasi asam urat dan diabetes mengetahui batasan dari konsumsi makanan-makanan yang disebutkan di atas.

, , , , ,
Oleh :