Sponsors Link

27 Pantangan Makanan bagi Penderita Asam Urat (Wajib Dihindari)

Sponsors Link

Faktor utama penyebab timbulnya penyakit asam urat adalah kandungan zat purin yang berlebihan dalam tubuh. Organ ginjal yang tidak mampu menampung kelebihan zat purin dalam tubuh, mengakibatkan menumpuknya zat purin pada persendian menjadi kristal-kristal asam urat yang menyebabkan rasa nyeri pada area persendian. Tumpukan zat inilah yang menyebabkan pembengkakan dan rasa nyeri pada tulang terutama area persendian.

ads

Penyakit asam urat yang tidak ditangani secara cepat berpotensi menimbulkan sakit asam urat pada bagian tubuh lainnya bahkan memungkinkan timbulnya komplikasi. Bagi penderita asam urat yang sudah mengkonsumsi obat pereda nyeri saja tidak cukup untuk membantu menyembuhkan sakit asam urat. Untuk melakukan penyembuhan menyeluruh dan tidak kambuh lagi alangkah lebih baiknya penderita asam urat menjauhi makanan pantangan yang mengandung zat purin tinggi. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kelebihan zat purin dalam tubuh dan mengoptimalkan kerja ginjal.

Baca juga: Perbedaan Asam Urat dan Rematik.

Lalu apa saja pantangan makanan bagi penderita asam urat? Tentu saja jenis makanan yang dilarang adalah makanan dengan kandungan zat purin yang berlebihan mencakup jenis sayuran, daging hingga buah-buahan. Simak ulasan-ulasan berikut ini.

Jenis Sayuran yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Sayur identik dengan makanan yang menyehatkan dengan kandungan gizi yang tinggi. Sayuran tentunya menjadi menu wajib di rumah Anda sebagai sumber gizi yang baik. Akan tetapi, siapa sangka mengkonsumsi jenis sayur tertentu justru akan memperparah sakit asam urat bagi penderita asam urat. Sayu-sayur yang berpotensi menyebabkan asam urat adalah jenis sayur yang mengandung zat purin tinggi. Untuk penderita asam urat, lebih baik jauhi jenis-jenis sayur dengan kandungan purin tinggi berikut ini:

1. Bayam

Bayam dikenal sebagai makanan yang menyehatkan dan merupakan jenis sayur dengan kandungan zat besi yang tinggi sehingga baik untuk dikonsumsi penderita anemia. Akan tetapi, salah satu zat hijau yang banyak digemari masyarakat ini justru menjadi pantangan bagi penderita asam urat karena kandungan zat purin di dalamnya yang tinggi. Kandungan zat purin pada bayam mencapai 57 gram pada 100 gram sayur. Biasanya, penderita asam urat akan merasa nyeri lebih dari biasanya sesaat setelah mengkonsumsi bayam.

2. Asparagus

Asparagus sebagai jenis sayuran yang biasanya menjadi campuran pada olahan sayur sop ini memiliki kandungan folat dan kalium yang tinggi sehingga baik untuk dikonsumsi tubuh setelah dimasak. Akan tetapi, Aparagus juga merupakan jenis sayur yang layak dihindari bagi penderita asam urat karena mengandung purin. Meskipun kandungan zat purin dalam asparagus lebih rendah daripada kandungan purin pada bayam, akan tetapi penderita asam urat dianjurkan untuk menghindari jenis sayur ini. Kandungan zat purin dalam 100 gram asparagus adalah 23 gram zat purin.

3. Kembang Kol

Jenis sayuran lainnya yang menjadi pantangan makanan bagi penderita asam urat adalah kembang kol. Kembang kol petut dihindari penderita asam urat karena di dalam 100 gram kembang kol mengandung 51 gram purin. Kandungan purin yang tinggi ini tentu sangat tidak baik jika dikonsumsi penderita asam urat karena dapat memicu rasa nyeri yang semakin sakit dan pembengkakan yang tak kunjung kempes. Selain itu, kembang kol ini juga jenis sayuran yang mengandung gas, sehingga jika dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan perut kembung. Efek lain dari konsumsi kembang kol bagi penderita asam urat seperti gangguan penyerapan yodium yang dapat menyebabkan kerusakan kerja ginjal.

4. Jamur

Jika dibandingkan jenis sayur lain seperti bayam, asparagus dan kembang kol, kandungan zat purin di dalam jamur adalah yang paling tinggi. Pada 100 gram jamur memiliki kandungan zat purin lebih dari 90 gram. Angka yang cukup fantastis bukan? Sebaiknya penderita asam urat jangan pernah sedikit pun mencicipi jenis sayur ini atau justru akan berakibat fatal bagi kesehatan Anda.

Meskipun sudah dikonsumsi dalam bentuk olahan apapun, mengkonsumsi jamur pada saat Anda terjangkit asam urat juga dapat menimbulkan komplikasi bagi tubuh Anda hingga mengalami kelumpuhan, cacat permanen bahkan batu ginjal kronis yang berpotensi menyebabkan kematian. Oleh karena itu, penderita asam urat yang menyukai olahan jamur sebaiknya menghindari makanan ini.

5. Kacang Panjang

Kacang panjang merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya serat sehingga sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Kacang panjang juga masuk di daftar jenis sayur yang harus dihindari penderita asam urat karena memiliki kandungan zat purin di dalamnya. Kacang panjang memiliki kandungan zat purin sebesar 80 mg pada 100 gram kacang panjang. Nilai ini lebih kecil jika dibandingkan pada jenis sayuran lain.

6. Buncis

Sama halnya dengan kacang panjang, buncis juga merupakan sayuran dengan kadar serat yang tinggi. Bahkan buncis dapat membantu menurunkan kadar gula darah yang tinggi pada penderita diabetes karena memiliki nilai glikemik yang rendah. Namun, sebaiknya penderita asam urat mengkonsumsi buncis dalam sebagian kecil saja karena buncis mengandung zat purin sebesar 75 gram di dalam 100 gram buncis.

Sponsors Link

Jenis Makanan Laut atau Seafood yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Meskipun sebenarnya makanan laut adalah jenis makan dengan kandungan protein hewani yang tinggi dan merupakan salah satu sumber omega-3 yang penting untuk tubuh, akan tetapi jenis makanan laut tertentu menjadi pantangan bagi penderita asam urat. Jenis-jenis makanan laut yang dilarang untuk penderita asam urat antara lain: kerang-kerangan, cumi dan udang. Kandungan zat purin dan kolesterol yang tinggi tentu tidak baik bagi penderita asam urat. Mengkonsumsi sedikit saja jenis makanan tersebut sudah mengandung kadar zat purin yang tinggi. Jenis-jenis makanan laut dengan kandungan purin tinggi antara lain:

7. Ikan Anchovy

Ikan Anchovy atau ikan teri biasanya digunakan pada sajian sambal, yakni sambal teri. Sayangnya, kenikmatan makan teri harus segera Anda hentikan jika sedang menderita sakit asam Pada ikan teri mengandung 239 mg zat purin dalam 100 gram teri. Tidak hanya mengandung zat purin, teri juga mengandung parasit berbahaya saat pengolahannya. Hal ini tentu saja tidak baik bagi penderita asam urat.

8. Ikan Sarden

Ikan sarden biasanya diproduksi sebagai ikan kaleng dan memang layak untuk dikonsumsi. Kandungan mineral dan nutrisi pada ikan sarden juga cukup tinggi seperti zat besi, kalsium, magnesium, kalium, seng, kalsium, vitamin A, vitamin B komplek, vitamin K dan vitamin E. Meskipun begitu, ikan sarden juga memiliki kandungan zat purin yang tinggi yaitu pada 100 gram ikan sarden mengandung 480 mg zat purin. Jika penderita asam urat mengkonsumsi ikan sarden yang berlebihan dapat memicu timbulnya batu ginjal dan alergi.

9. Kepiting

Sama halnya dengan ikan sarden, kandungan gizi mineral pada kepiting juga sangat tinggi dan kompleks. Kandungan kalori dan asam lemak omega-3 juga sangat tinggi sehingga baik untuk kesehatan. Akan tetapi, untuk penderita asam urat disarankan untuk tidak berlebihan mengkonsumsi kepiting karena dapat menyebabkan penumpukan zat purin pada ginjal.

10. Ikan Tuna

Ikan tuna berperan dalam mengendalikan tekanan darah pada kinerja jantung dan memberikan asupan nutrisi yang komplek. Kandungan utama pada ikan tuna mencakup tembaga, selenium, magnesium, zat besi, vitamin b12, thiamin, niasin dan asam pantotenat. akan tetapi ikan tuna juga memiliki kandungan histamine yang dapat memicu keracunan dan reaksi alergi sehingga dapat menimbulkan efek langsung pada penderita asam urat. ikan tuna juga mengandung zat purin sebesar 257 mg dalam 100 gram ikan tuna.

11. Ikan Salmon

Ikan Salmon dikenal dengan khasiat asam lemak omega-3 yang dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Penderita asam urat sebaiknya tidak mengkonsumsi ikan salmon meskipun kandungan nutrisinya tinggi. Hal ini dikarenakan didalam daging ikan salmon juga mengandung zat berbahaya yang dapat menyebabkan kenaikan kadar gula darah dan alergi. Pada daging ikan salmon juga mengandung zat purin tinggi sebesar 170 mg dalam 100 gram daging salmon.

12. Ikan Kakap

Ikan kakap juga jenis ikan yang masuk dalam daftar pantangan makanan bagi penderita asam urat. Meskipun seringkali sajian ikan kakap lezat dan menggoda lidah Anda, akan tetapi jika Anda memiliki penyakit asam urat sebaiknya menghindari masakan ikan kakap. Di dalam daging kakap juga mengandung zat purin sebesar 160 mg di dalam 100 gram daging ikan kakap.

Sponsors Link

13. Lobster

Jenis udang-udangan seperti lobster juga memiliki kandungan zat purin tinggi. Kandungan zat purin pada lobster sebesar 118 gram di dalam 100 gram lobster. Meskipun lobster adalah salah satu makanan laut yang banyak digemari, tetapi penderita asam urat jangan berlebihan mengkonsumsi lobster. Disamping kebaikan kandungan nutrisi pada lobster yang baik, lobster juga memiliki beberapa efek samping seperti alergi, panas lambung, infeksi jamur, kenaikan kadar kolesterol dan migrain. Bagi penderita asam urat, mengkonsumsi lobster yang berlebihan dapat memicu gangguan peredaran darah dan ginjal.

14. Kerang

Kerang-kerangan seperti tiram juga memiliki kandungan zat purin yang tinggi. Daging kerang akan terurai menjadi asam urat saat dikonsumsi. Sehingga, kerang juga jenis makanan laut yang tidak baik dikonsumsi oleh penderita asam urat. Jenis kerang-kerang tersebut mencakup kerang hijau, tiram dan kerang darah. Kerang juga dikenal sebagai filter feeder logam berat di perairan. Hal ini tentu saja kerang mengandung logam berat yang berlebihan yang dapat mengganggu kesehatan tubuh Anda jika dikonsumsi berlebihan

15. Udang

Selain ikan, udang merupakan jenis makanan laut kedua dengan kandungan purin yang tinggi. Kandungan zat purin pada udang cukup tinggi yaitu sebesar 147 mg di dalam 1 gram udang. Nilai yang cukup tinggi bukan? Bagi Anda yang mengidap gangguan asam urat sebaiknya menjauhi makanan yang mengandung udang termasuk terasi.

Jenis Daging yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Menjadi penderita asam urat memang sangat menyiksa. Banyak makanan pantangan yang harus dan wajib dihindari penderita asam urat demi mencapai kesembuhan optimal. Jenis makanan pantangan ini juga termasuk jenis daging. Banyak daging di pasaran yang juga memiliki kandungan purin yang tinggi. Berikut jenis daging yang harus dihindari oleh penderita asam urat:

16. Daging Merah

Sebenarnya setiap jenis daging memiliki kandungan purin yang berbeda-beda. Umumnya, daging merah memiliki kandungan paling tinggi daripada jenis daging lainnya seperti daging putih. Daging merah bisa berasal dari daging sapi, daging domba dan daging kalkun. Jika terpaksa ingin memakan atau memasak daging merah, disarankan untuk memilih daging merah dari daging sapi. Kandungan zat purin dalam daging sapi sebesar 120 mg di dalam 100 gram daging sapi. Daging merah dengan kandungan zat purin yang tinggi tidak hanya berakibat memperburuk kondisi asam urat tapi juga berpotensi menimbulkan kolesterol tubuh meningkat dan menyebabkan penumpukan purin berlebih pada ginjal .

17. Jeroan

Selain daging merah, bagian tubuh ternak lainnya yang menjadi pantangan makanan bagi penderita asam urat adalah jeroan. Jeroan merupakan sebutan bagian dalam tubuh hewan ternak mencakup hati, ampela, jantung, paru, otak, limpa, usus, babat, lidah dan sebagainya yang seharusnya dianggap sebagai organ yang harus dibuang. Namun sebagian masyarakat kita masih mengkonsumsi jeroan sebagai masakan yang lezat. Bagi penderita asam urat dengan taraf pembengkakan sendi, mengkonsumsi jeroan justru akan memperparah pembengkakan.

Jeroan tidak hanya tinggi akan kandungan zat purin, tapi jeroan juga dapat mengakibatkan kerja enzim hipoksantin yang berperan dalam mengelola zat purin dalam tubuh menjadi terhambat. Sehingga, zat purin yang berlebihan dari jeroan ini akan terakumulasi pada darah dan membahayakan penderita asam urat. Berikut kandungan zat purin pada beberapa jenis jeroan:

  • Hati Sapi: 100 gram sapi mengandung 554 mg zat purin
  • Ginjal Sapi: 100 gram ginjal sapi mengandung 554 zat purin
  • Usus: 100 gram usus mengandung 854 mg zat purin
  • Limpa Kambing: 100 gram limpa mengandung 773 mg zat purin
  • Babat: 100 gram babat mengandung 470 mg zat purin
  • Paru: 100 gram paru mengandung 269 mg zat purin

18. Daging Unggas

Daging unggas seperti daging bebek dikenal dengan kandungan kolesterol dan lemak jahat yang tinggi. Tidak hanya kolesterol yang tinggi, daging bebek juga mengandung zat purin sangat tinggi. Penderita asam urat lebih baik tidak mengkonsumsi daging bebek daripada menimbulkan masalah yang lebih serius bagi kesehatan tubuh. Di dalam 100 gram daging bebek mengandung 138 mg zat purin. Sedangkan pada daging ayam, kandungan zat purinnya 175 mg di dalam 100 gram daging ayam.

ads

19. Daging Kalkun

Kandungan zat purin pada daging kalkun sangat tinggi bahkan lebih tinggi daripada zat purin pada daging sapi, daging ayam dan daging bebek sekalipun. Sebaiknya penderita asam urat sedikitpun jangan mengkonsumsi daging ini daripada memicu munculnya permasalahan yang lebih serius.

Baca juga: Asam Urat pada LansiaAsam Urat pada Ibu Hamil.

20. Daging Kuda

Selain daging-daging yang sudah disebutkan diatas, sebaiknya penderita asam urat juga menghindari daging kuda. Zat purin pada daging kuda sebesar 200 mg pada 100 gram daging sehingga juga berpotensi meningkatkan kadar asam urat tubuh.

Jenis Makanan dan Minuman Lain yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

21. Alkohol

Minuman berakohol seperti bir memiliki bahaya ganda bagi penderita asam urat. Minuman berakohol tinggi tidak hanya meningkatkan tingkat asam urat saja, akan tetapi juga menghambat kinerja tubuh untuk membersihkan tumpukan zat asam urat dalam tubuh. Sebaiknya, jika masih mengalami pembengkakan akibat asam urat tidak mengkonsumsi minuman beralkohol jenis apapun daripada menanggung resiko yang lebih serius. Perlu menjadi pertimbangan bahwa alkohol memiliki kandungan purin 2 kali lipat daripada makanan laut dan daging.

22. Soft Drink

Umumnya soft drink sebagai minuman yang manis mengandung kadar fruktosa yang tinggi seperti pada soda non-diet. Zat pemanis dalam softdrink ini akan merangsang tubuh penderita asam urat untuk memproduksi lebih banyak zat purin dan menyebarkannya pada bagian tubuh lainnya. Penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi soft drink berlebihan pada pria sehat akan memicu timbulkan asam urat. Jadi, mengkonsumsi soft drink berlebihan pada tubuh sehat pun juga tidak baik.

23. Masakan Bersantan dan Makanan yang Digoreng

Jenis masakan yang bersantan dan gorengan juga menjadi pantangan bagi penderita asam urat. Santan terbuat dari bahan dasar kelapa yang mengandung kolesterol dan lemak yang tinggi. Begitu juga dengan makanan-makanan yang digoreng dapat memicu komplikasi penyakit lain karena kandungan kolesterol yang sangat tinggi. Penderita asam urat sebaiknya mengkonsumsi jenis makanan yang yang direbus untuk meminimalisir asupan kolesterol jahat dalam tubuh Anda.

24. Kaldu

Kaldu dihasilkan dari rebusan daging ayam maupun daging sapi. Kaldu dibuat untuk mendapatkan sari-sari dari daging. Seperti yang telah diuraikan diatas, bahwa daging sapi dan daging ayam mengandung zat purin walaupun dalam kadar yang rendah. Justru pada kaldu ayam maupun kaldu sapi sari-sari yang didapatkan dari hasil rebusan akan memicu meningkatnya kadar zat purin yang dikonsumsi tubuh. Sehingga untuk penderita asam urat sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan dengan kaldu.

25. Makan Berlemak

Penderita asam urat apalagi yang memiliki kolesterol tubuh yang tinggi sebaiknya menghindari makanan apapun yang berpotensi mengandung lemak tinggi. Jenis makanan berlemak akan mudah Anda temui di jajanan pinggir jalan maupun warung-warung makan. Makanan berlemak tinggi biasanya mengandung kadar minyak yang tinggi, seperti pada gorengan.

26. Emping Melinjo

Biasanya biji melinjo dijadikan sebagai bahan camilan yang dibumbui dan digoreng menjadi emping melinjo. Melinjo dipercaya memiliki kandungan gizi yang cukup banyak diantaranya; karbohidrat, lemak, protein, mineral dan vitamin-vitamin. Melinjo juga diketahui memiliki kandungan senyawa antioksidan yang cukup tinggi sehingga berperan dalam menangkal radikial bebas sebagai penyebab berbagai macam penyakit.

Selain itu melinjo juga memiliki potensi anti mikroba sebagai pengawet alami makanan.akan tetapi emping melinjo berbahaya dikonsumsi penderita asam urat karena memiliki senyawa purin dalam biji melinjo. Selain berdampak negatif bagi kesehatan manusia biji melinjo menyebabkan volume urin meningkat yang memicu terjadinya pembesaran ginjal.

27. Daun Singkong

Daun singkong merupakan salah satu jenis makanan favorit bagi kaum dewasa dan lansia yang biasanya dijadikan lalapan. Padahal, asam urat sangat berpotensi menyerang mereka yang berusia diatas 30 tahun-an. Sebaiknya, jika Anda mengindap sakit asam urat dan sering kambuh, mulai hari ini hentikan untuk mengkonsumsi daun singkong. Daun singkong juga memiliki kandungan zat purin cukup tinggi sehingga berbahaya jika dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Nah, ternyata banyak sekali jenis makanan yang sebaiknya dihindari atau dikurangi oleh penderita asam urat. Dengan menjauhi makanan-makanan yang berpotensi meningkatkan kadar zat purin dalam tubuh diharapkan dapat menyembuhkan dan mengurangi rasa nyeri akibat asam urat. Sebaiknya penderita asam urat mengkonsumsi makanan-makanan sehat lainnya yang tidak mengandung purin berlebihan atau justru mampu untuk mengurangi kelebihan zat purin dalam tubuh Anda. Bahan makanan lain yang bisa menjadi solusi untuk membantu mengatasi keluhan asam urat antara lain:

Demikian informasi mengenai pantangan makanan bagi penderita asam urat yang wajib dihindari agar kadar asam urat Anda tetap normal. Semoga artikel ini bermanfaat.

, , , , ,