Sponsors Link

Pegagan Untuk Asam Urat – Kandungan, Manfaat, Dan Cara Penggunaannya

Sponsors Link

Di era modern dan perkembangan sekarang ini, berbagai macam permasalahan kesehatan menjadi lebih rentan dialami oleh setiap orang terutama akibat gaya dan pola hidup yang sehat termasuk masalah konsumsi makanan yang sembarangan. Salah satu bentuk permasalahan kesehatan yang banyak dialami dimasyarakat adalah penyakit asam urat yang saat ini tidak lagi hanya diderita oleh mereka yang berumur namun penderita yang masih memiliki usia muda juga banyak ditemui.

ads

Penyakit asam urat dapat terjadi akibat dipicu oleh adanya peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh yang melebihi kadar asam urat normal yakni 6,0 mg/dl untuk wanita dan 7,0 mg/dl untuk pria. Peningkatan kadar asam urat banyak dipicu oleh tingginya zat purin yang masuk ke dalam tubuh sehingga akan dimetabolisme menjadi asam urat oleh enzim xanthin oksidase. Tingginya kadar asam urat dapat menyebabkan penumpukan kristal asam urat berbentuk jarum yang memicu terjadinya nyeri hebat dan pembengkakan pada daerah sendi gerak.

Persendian yang banyak mengalami masalah ketika ada peningkatan kadar asam urat adalah pada daerah jari jari kaki. Kondisi gejala yang peningkatan asam urat tersebut merupakan jenis penyakit kronis yang dapat terjadi berulang dan kambuh kapan saja. Untuk menghindari dampak yang lebih buruk dari adanya penyakit asam urat tersebut maka perlu obat obatan untuk mengatasinya baik traditional maupun medis. Salah satu jenis obat traditional tersebut adalah pegagan. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai pegagan untuk asam urat dalam ulasan di bawah ini.

Pegagan merupakan tumbuhan liar dengan nama latin Centella Asiatica yang menurut wikipedia merupakan tumbuhan dengan tempat tumbuh mulai dari perkebunan, ladang, tepi jalan, hingga pematang sawah. Tumbuhan dengan nama lain daun kaki kuda atau antanan tersebut berasal dari daerah asia tropik termasuk Indonesia, china, jepang, dan lain sebagainya yang kemudian menyebar ke berbagai wilayah lainnya. Sebagai tumbuhan yang liar berkembang, pegagan ternyata memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan.

Di dalam pegagan terdapat kandungan senyawa kimiawi seperti madasiatic acid, meso-inositol, acentelloside, carotenoids, hydrocotylin, vellarinesiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahmic acid, brahminoside, , tanin serta garam mineral seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium dan besi. Setiap kandungan yang terdapat pada tanaman yang sudah dikenal memiliki efek membantu mengatasi beberapa jenis penyakit tersebut memiliki beberapa manfaat berbeda beda. Berikut ini beberapa manfaat dari tanaman pegagan bagi kesehatan diantaranya seperti :

  • Mengatasi beberapa gangguan psikologis, daun pegagan dikenal memiliki manfaat dalam mengatasi beberapa gangguan psikologis seperti munculnya kondisi stres, membantu mengatasi seseorang yang memiliki memori pendek atau sulit berkonsentarai, meningkatkan mental, dan beberapa hal lainnya.
  • Mengatasi masalah pada kulit, ekstrak pegagan sudah sejak lama memiliki manfaat dalam mengatasi beberapa jenis permasalahan di kulit diantaranya seperti jerawat, obat untuk kulit yang mengalami keloid,  mencegah terjadinya varises, penyembuh luka, dan lain sebagainya.
  • Bersifat mengatasi beberapa masalah penyakit, diantaranya seperti antibakteria, terapi asam urat, antilepra dengan adanya zat asiaticoside, antialergi untuk mencegah munculnya reaksi alergi,  antispasma, antiinflamasi atau kondisi bengkak, antipiretika yang dapat membantu menurunkan panas atau demam,  mengobati wasir, mengatasi sariawan, mengobati asma dan batuk, serta lain sebagainya.
  • Membantu menjaga kesehatan sirkulasi darah, kandungan mineralnya dapat menjaga kestabilan tekanan darah, melancarkan peredaran darah dan sirkulasinnya, meningkatkan sirkulasi darah pada kaki dan tangan untuk dapat memperlancar saluran nutrisi maupun oksigen, bersifat diuretika untuk membantu menurunkan tekanan darah yang tinggi, dan beberapa manfaat lainnya.

Tanaman yang daunnya memiliki bentuk menyerupai kaki kuda tersebut juga bermanfaat dalam membantu mengatasi masalah penyakit asam urat. Sifat daun pegagan sebagai diuretik akan membantu meluluhkan kristal asam urat yang menumpuk di dalam tubuh sehingga memicu penurunan kadar asam urat yang meningkat ketika terjadi serangan. Sifat antiinflamasi dari dau pegagan juga dapat membantu mengatasi gejala yang terbentuk akibat adanya penumpukan kristal asam urat tersebut.

Sebagai obat traditional, pengolahan daun pegagan untuk asam urat haruslah benar agar manfaat yang diinginkan dapat tercapai dengan baik serta maksimal. Sama halnya dengan beberapa jenis obat traditional lainnya seperti keji beling untuk asam urat dan manfaat daun serai untuk asam urat, daun pegagan dikonsumsi dengan cara membuat rebusan air daun pegagan terlebih dahulu sebanyak 1 gengam daun pegagan dengan air sejumlah 200 ml dan beberapa tambahan bahan lainnya. Rebus air hingga mendidih dan konsumsi air rebusan tersebut ketika dingin langsung dalam sehari.

Dalam membuat air rebusan pegagan tersebut sebaiknya dilakukan sesaat sebelum dikonsumsi agar hasilnya lebih maksimal ketimbang membuat stok rebusan yang sudah cukup lama. Banyaknya manfaat dari pegangan menjadikan ektrak tanaman tersebut sekarang ini sudah banyak diolah menjadi kapsul obat herbal yang beberapa merk diantaranya seperti :

  • Kapsul pegangan tazzaka grup dengan aturan dosis dua kali sehari dua kapsul.
  • Kapsul ekstrak pegangan dari PT. Liza herbal international yang dijual secara online dengan harba berkisar 60 ribu rupiah.
  • Merk lainya seperti kapsul gotu-k, kapsul ekstrak pegagan smart brain, ektrak pegagan almabruroh dan lain sebagainya.

Itulah beberapa penjelasan mengenai pegagan untuk asam urat sebagai salah satu obat herbal atau obat traditional yang sudah lama dikenal memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh serta mengatasi masalah penyakit tertentu. Banyaknya manfaat ekstrak pegagan menjadikan sekarang ini sudah banyak beredar kapsul ekstrak pegagan yang diperjual belikan untuk memudahkan proses konsumsi pegagan tersebut dibandingka harus susah dengan proses perebusan daun pegagan.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan