Sponsors Link

6 Syarat Pembedahan Asam Urat dan Efek Sampingnya

Sponsors Link

Gout (biasa dikenal dengan nama asam urat) merupakan nama medis dari kondisi di mana terjadinya radang sendi karena kadar asam urat yang tinggi. Seperti yang telah kita ketahui, kadar asam urat yang tinggi di dalam tubuh dapat menimbulkan tumpukan kristal asam urat pada sendi atau daerah sekitar sendi yang pada akhirnya mengakibatkan peradangan dan muncul gejala kaku serta nyeri. Kristal asam urat di bagian persendian ini dapat bersatu membentuk benjolan berisi kristal-kristal yang disebut tofi gout.

ads

Tofi ini dapat terbentuk baik di sendi, tulang rawan, dan bahkan tulang keras. Bahkan, tofi dapat pecah dan masuk ke bagian bawah kulit kemudian membentuk suatu benjolan di kulit (nodul) yang berisi cairan putih kekuningan. Tofi yang tidak ditangani dengan baik menggunakan terapi-terapi tertentu, akan menyebabkan kerusakan kulit, tendon, dan ligamen, menyebabkan kehancuran pada tulang, dan membatasi pergerakan sendi.

Kemunculan tofi yang masih relatif kecil dapat dihilangkan apabila kadar asam urat di dalam darah terkendali dengan baik. Namun, sebagian besar tofi, terutama yang berukuran besar, perlu terapi yang lebih besar lagi yakni berupa operasi atau pembedahan.

Syarat Pembedahan Asam Urat

Pada umumnya, penyakit asam urat masih dapat diobati atau ditangani menggunakan berbagai jenis obat-obatan, baik penanganan asam urat secara tradisional maupun pengobatan asam urat secara medis. Namun, apabila kondisi asam urat sudah parah bahkan hingga terbentuk benjolan-benjolan, maka tindakan yang lebih serius berupa operasi atau pembedahan perlu untuk dilakukan demi mengatasi penyakit asam urat agar tidak berkembang menjadi lebih parah lagi. Berikut adalah beberapa indikasi atau syarat perlunya dilakukan operasi pengangkatan tofi:

1. Tofi tampak besar dan mengganggu

Tofi yang masih berupa benjolan kecil dapat diatasi dengan mengontrol kadar asam urat di dalam darah. Namun, jika kondisi tofi sudah membesar dan dirasa mengganggu pasien karena menimbulkan rasa sakit dan nyeri yang luar biasa, maka, perlu dilakukan tindakan operasi.

2. Tofi menimbulkan rasa nyeri

Jika pasien sudah tidak mampu menolerir rasa nyeri akibat tofi tersebut, maka harus segera dilakukan operasi. Karena rasa nyeri yang berlebihan juga dapat menimbulkan pembengkakan.

3. Tofi menimbulkan keterbatasan gerak sendi

Seringkali tofi yang terdiri dari kristal-kristal asam urat yang sifatnya keras dan kaku sangat membatasi pergerakan sendi sehingga tubuh pasien tidak dapat bergerak dengan bebas atau leluasa. Jika sudah mengalami kondisi demikian, maka, perlu dilakukan pembedahan.

4. Tofi menyebabkan luka pada kulit

Tofi muncul pada kulit dan berpotensi menyebabkan luka atau telah menimbulkan luka pada kulit. Seperti yang telah dijelaskan bahwa tofi dapat membentuk benjolan di bawah kulit yang terlihat berisi cairan berwarna putih kekuningan. Tofi tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada kulit sehingga perlu dioperasi untuk menghindari luka-luka yang akan ditimbulkan.

Sponsors Link

5. Tofi sangat besar hingga menekan persarafan

Tofi yang cukup besar bahkan mampu menekan saraf seseorang sehingga membuatnya merasa sakit luar biasa atau justru tidak dapat merasakan apa-apa. Pada kondisi ini, sudah seharusnya dilakukan pembedahan untuk menghilangkan tofi tersebut.

6. Terjadi kerusakan sendi karena adanya tofi

Tofi yang muncul pada sendi atau daerah di sekitar sendi dapat menyebabkan kerusakan pada sendi tersebut sehingga perlu segera dilakukan operasi untuk mencegah kerusakan sendi yang lebih parah akibat dari adanya tofi tersebut.

Apabila indikasi-indikasi di atas telah muncul, maka sangat dianjurkan bagi pasien asam urat untuk menjalani operasi atau melakukan pembedahan pada tofi. Sebab, jika tofi telah membesar, perubahan gaya hidup, pola makan, serta konsumsi obat-obat tertentu tidak dapat menghilangkan tofi yang telah muncul. Justru, jika dibiarkan terlalu lama, kemunculan tofi tersebut akan jauh lebih mengganggu karena menimbulkan rasa sakit yang luar biasa serta membatasi pergerakan pasien.

Sponsors Link

Efek Samping dan Cara Mencegah Asam Urat

Sejauh ini, tidak ditemukan adanya efek samping yang berarti setelah melakukan operasi atau pembedahan tofi. Operasi kristal asam urat seringkali membantu dalam mengobati karena dengan demikian, kristal-kristal sebagai akibat dari tumpukan asam urat justru terangkat dan membuat sendi dapat berfungsi dengan normal kembali.

Jika tofi telah muncul dan membesar memang satu-satunya tindakan yang tepat untuk dilakukan adalah operasi. Namun, kita dapat mencegah agar kita tidak perlu melakukan operasi tersebut atau bahkan tidak perlu terkena penyakit asam urat sama sekali. Berikut merupakan beberapa cara untuk mencegah penumpukan asam urat di dalam tubuh yang memicu terjadinya penyakit asam urat:

  • Membatasi konsumsi purin
  • Mengonsumsi kalori sesuai kebutuhan
  • Mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat
  • Menghindari alkohol
  • Mengonsumsi makanan yang rendah protein dan lemak

Demikian beberapa pembahasan mengenai operasi atau pembedahan asam urat pada tubuh. Dapat disimpulkan bahwa menghindari penumpukan asam urat adalah cara terbaik yang dapat dilakukan untuk menghindari penyakit tersebut.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan