Sponsors Link

15 Pemicu Asam Urat Tinggi yang Harus Dihindari

Sponsors Link

Asam urat adalah penyakit yang menyerang bagian sendi diakibatkan adanya peningkatan kadar purin di dalam tubuh. Penderita asam urat kerap kali mengeluhkan rasa nyeri pada bagian persendiannya, bahkan nyeri juga akan diikuti dengan gejala asam urat lain seperti bengkak. Lalu apa yang bisa menyebabkan kondisi asam urat dalam tubuh menjadi sangat tinggi? Berikut adalah pemicu asam urat tinggi dalam tubuh:

ads

1. Adanya peningkatan kadar asam urat dalam tubuh

Pemicu asam urat yang pertama dan utama adalah karena faktor kenaikan kadar asam urat dalam tubuh yang sudah melampaui batas normal. Saat adanya kenaikan ini makan asam urat akan terus bertumpuk dan memicu terjadinya pembentukan kristal asam urat. Kristal ini kemudian akan disalurkan melalui darah dan masuk ke bagian sela persendian. Inilah yang menyebabkan penderita asam urat mengalami rasa nyeri pada bagian sendi nya.

2. Mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak memiliki kandungan purin

Awalnya asam urat hanyalah penyakit yang dapat mengenal lansia. Namun seiring berjalannya waktu cukup banyak penderita muda yang sudah terkena asam urat. Ini di akibatkan karena pola makan yang buruk dan sering mengkonsumsi makanan penyebab asam urat. Peningkatan kadar purin di dalam tubuh dan menumpuk di sekitar sendi maka akan mengakibatkan kemunculan kristal asam urat yang telah di jelaskan sebelumnya. Pada dasarnya masuknya zat purin ke dalam tubuh tidak berbahaya, namun jika kadarnya sudah berlebihan dan ginjal sudah tidak dapat mengolahnya maka ini yang akan membahayakan. Jenis makanan yang bisa menyebabkan peningkatan asam urat seperti: jeroan, makanan laut, daging merah dan kacang-kacangan. Sebaiknya Anda menghindari pantangan makanan bagi penderita asam urat.

3. Dipicu karena efek konsumsi obat

Mereka yang sedang dalam masa pengobatan kemudian mengkonsumsi beberapa jenis obat tertentu juga dapat mengakibatkan peningkatan asam urat. Efek samping obat ini biasanya tidak diketahui oleh penderita yang mengkonsumsi obat tertentu. Beberapa obat yang dapat menyebabkan peningkatan asan urat seperti jenis obat diuretik yang biasa digunakan untuk penyembuhan penyakit gagal jantung, lalu jenis obat anti penolakan yang biasa dikonsumsi oleh mereka yang baru saja melakukan transplantasi organ dan juga obat yang mengandung aspirin.

4. Usia dominan

Pemicu asam urat juga bisa disebabkan karena usia dominan yang di alami penderita asam urat. Biasanya asam urat akan menyerang pada usia 40 tahun ke atas. Namun, pada penyebab sebelumnya sudah dijelaskan bahwa saat ini usia muda sudah banyak yang menderita asam urat karena faktor makanan. Oleh sebab itu tidak menutup kemungkinan asam urat akan semakin banyak menyerang anak muda.

5. Jenis kelamin

Selain usia, jenis kelamin juga menjadi salah satu yang berpengaruh pada peningkatan kadar asam urat dalam tubuh. Secara umum asam urat akan lebih dulu menyerang laki laki dibandingkan perempuan. Sedangkan untuk perempuan mereka akan berisiko terkena asam urat saat memasuki masa menopause. Ini disebabkan karena hormon estrogen yang tidak dimiliki oleh laki-laki.

6. Berat badan terlalu berlebihan (obesitas)

Berat badan berlebihan juga bisa menyebabkan seseorang terkena resiko asam urat cukup tinggi. Ini disebabkan orang yang mempunyai berat badan berlebihan tidak selalu memperhatikan pada efek samping makanan yang akan mempengaruhi kesehatan tubuhnya. Pola makan buruk akan menyebabkan asupan karbohidrat, lemak dan protein meningkat terlalu berlebihan. Seseorang terkena obesitas sudah bisa dipastikan akan 4 kali lebih tinggi untuk terserang resiko asam urat. Obesitas juga bisa menyebabkan adanya penekanan pada bagian kaki sehingga asam urat semakin berisiko menumpuk di sendi.

Sponsors Link

7. Mempunyai keluarga yang terserang asam urat (genetik)

Asan urat juga dapat disebabkan karena mempunyai keluarga dengan riwayat asam urat. Namun dalam hal ini bukan berarti penularan, sebab asa urat tidak menular. Ini akan mengacu pada faktor  genetik dalam keluarga. Jika hal ini yang menjadi penyebab Anda terserang asam urat, maka  akan sangat kecil kemungkinannya Anda bisa sembuh dari penyakit asam urat. Ada baiknya Anda mengetahui riwayat penyakit keluarga agar dapat menurunkan resiko keturunan penyakit.

8. Terlalu sering mengkonsumsi alkohol

Apakah Anda pecandu alkohol? Sebaiknya Anda mulai mengurangi asupan alkohol, sebab nyatanya resiko terserang asam urat juga akan sangat tinggi pada pecandu alkohol. Peningkatan kadar alkohol diyakini dapat membuat peningkatan kadar asam urat sampai 90%. Sedangkan pada minuman bir yang hanya memiliki kandungan alkohol sedikit, terdapat kandungan purin tinggi karena hasil fermentasi saat pembuatan nya. Tingginya kadar alkohol dapat merangsang tubuh untuk memproduksi asam urat di bagian hati. Alkohol juga bisa merangsang tubuh untuk terus memproduksi keton sebagai salah satu bahan kimia yang menyebabkan adanya bau asam pada napas sehingga akan menyebabkan resiko kerusakan pada bagian ginjal. Sehingga ada baiknya Anda mulai mengurangi asupan alkohol.

 9. Riwayat kesehatan yang buruk

Asam urat juga dapat disebabkan karena adanya komplikasi beberapa penyakit seperti kolesterol, diabetes, hipertensi, atau gangguan tiroid. Seseorang yang terserang penyakit tersebut sangatlah beresiko terserang asam urat lebih dulu. Ini disebabkan karena saat mereka menderita penyakit tersebut maka akan mengkonsumsi obat yang memberikan efek samping naiknya asam urat dalam tubuh.

ads

10. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang terlalu manis

Mengkonsumsi makanan arau minuman dengan kandungan fruktosa yang sangat tinggi juga beresiko terserang asam urat. Fruktosa adalah zat gula yang terdapat pada buah-buahan. Selain dapat meningkatkan resiko terserang asam urat, juga bisa mendapatkan resiko diabetes karena peningkatan kadar gula dalam darah yang berlebihan. Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit asam urat ada baiknya, Anda menghindari konsumsi makanan atau minuman yang terlalu manis sebab bisa memicu asam urat kambuh kapan saja.

11. Memiliki penyakit gangguan pada fungsi ginjal

Ginjal memiliki peran sangat penting untuk membantu ekresi urin dan zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh, salah satunya adalah zat purin yang melampaui batas. Zat purin yang terlalu berlebihan ini biasanya akan disaring oleh ginjal dan dikeluarkan melalui tinja atau urin. Namun jika seseorang memiliki gangguan pada fungsi ginjalnya maka purin tidak dapat di olah dan dikeluarkan dengan seharusnya. Akibatnya saat purin tidak di olah dan dikeluarkan akan semakin menumpuk dan berubah menjadi kristal purin yang akan menyerang sendi dan mengakibatkan rasa nyeri berlebihan.

12. Terlalu sering mandi malam

Mandi malam juga bisa menyebabkan resiko terserang asam urat dengan cukup tinggi. Bagi orang-orang yang bekerja sampai malam, mandi pada malam hari adalah hal yang biasa dilakukan. Namun tahukah Anda, mandi malam akan beresiko menyebabkan rematik yang merupakan salah satu cabang dari penyakit asam urat. Mandi terlalu malam akan mengakibatkan adanya gangguan metabolisme pada tubuh sehingga biasanya nyeri sendi kerap menyerang. Ini disebabkan karena adanya penyempitan pada pembuluh darah karena hawa dingin semakin mengurangi asupan oksigen pada persendian.

13. Sleep apnea

Sleep apnea adalah kondisi dimana seseorang mendengkur saat sedang tidur. Menurut penelitian kondisi ini bisa menyebabkan seseorang terserang penyakit asam urat. Karena saat mengalami sleep apnea seseorang akan sangat kekurangan oksigen di dalam tubuhnya sehingga menyebabkan mereka kesulitan saat bernafas. Saat proses itulah asam urat yang ada di dalam aliran darah akan mulai mengalami peningkatan. Tidak hanya dikaitkan dengan asam urat, sleep apnea juga sering kali menyebabkan beberapa penyakit lainnya seperti  gagal jantung, stroke dan tekanan darah yang cukup tinggi. Pada orang yang memiliki berat badan berlebihan biasanya berisiko terkena sleep apnea.

14. Terserang paparan timbal

Penyebab asam urat selanjutnya adalah karena adanya paparan senyawa timbal. Kondisi paparan timbal yang tinggi akan menyebabkan resiko asam urat di dalam darah. Tidak hanya asam urat, beberapa penyakit juga kerap muncul karena kondisi ini.

15. Memiliki penyakit darah

Pemicu asam urat yang terakhir adalah karena memiliki gangguan pada darah. Asam urat di alirkan darah pada tubuh dan pada ginjal. Apabila terdapat gangguan seperti tekanan darah yang terlalu tinggi maka akan menyebabkan adanya hambatan penyaluran pada ginjal. Akibatnya asam urat malah akan menumpuk pada bagian tubuh tertentu.

Itulah 15 pemicu asam urat tinggi dalam tubuh yang mengakibatkan  asam urat menjadi sangat beresiko  menyerang tubuh Anda. Sebaiknya bahaya asam urat perlu Anda diwaspadai sedini mungkin agar di kemudian hari tidak terserang dan mendapatkan gejala yang buruk akibat asam urat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab