Sponsors Link

13 Cara Penanganan Asam Urat Secara Tradisional Paling Ampuh

Sponsors Link

Penderita penyakit asam urat mempunyai banyak alternatif pengobatan baik secara tradisional maupun medis. Asam urat atau gout adalah jenis penyakit di persendian yang menimbulkan rasa nyeri akibat penumpukan zat purin yang mengkristal.

ads

Menurut Internis Konsultan Reumatologi RS Siloam Lippo Village, Sandra Sinthya, penderita asam urat harus menerapkan sikap disiplin dalam pengobatannya hingga sembuh total. Ia menjelaskan, pengobatan harus tetap dilakukan meskipun nyeri sudah hilang untuk mempertahankan kadar asam urat. Kesalahan tersebut membuat kadar asam urat menjadi tidak terkendali. Kadar asam urat normal untuk perempuan dewasa adalah 2-6,5mg/dL dan untuk laki-laki dewasa adalah 2-7mg/dL.

Berikut adalah cara-cara penanganan asam urat secara tradisional:

1. Terapi Bekam

Terapi bekam banyak digunakan sebagai metode terapi di Korea Selatan, China, dan Jepang. Terapi ini berasal dari Asia Selatan dengan cara mengambil darah pada titik tertentu untuk membersihkan sisa racun dan kotoran di dalam tubuh. Tubuh akan dipijat dengan alat khusus kemudian di titik tertentu akan dihisap oleh alat. Terapi bekam untuk asam urat sangat bermanfaat, karena menurunkan kadar asam urat secara alami dan menyehatkan organ tubuh. Tentunya bagian tubuh yang dibekam tidak dilakukan pada bagian yang nyeri.

2. Terapi Akupuntur

Terapi berikutnya adalah terapi akupuntur yang mana sudah sangat terkenal untuk mengobati berbagai macam penyakit, salah satunya asam urat. Terapi ini serupa dengan terapi bekam namun perbedaannya adalah alat yang digunakan dengan jarum suntik steril yang disuntikan di berbagai titik sesuai dengan tujuan pengobatan. Titik-titik untuk pengobatan asam urat adalah bagian tubuh yang terhubung dengan syaraf tubuh, ginjal, hati, dan jantung. Terapi ini bertujuan untuk mengembalikan kadar asam urat ke kadar normal.

3. Terapi Akupressure

Terapi akupressure dilakukan dengan cara memijat bagian tubuh tertentu. Bagian yang dipijat adalah bagian yang tidak nyeri sehingga dapat mencegah kondisi asam urat lebih buruk seperti ginjal, limpa, dan hati. Tujuan terapi ini adalah mengurangi penumpukan asam urat, mengurangi nyeri yang disebabkan oleh asam urat, dan melancarkan peredaran aliran darah yang tersumbat oleh kotoran dan racun.

4. Terapi Air Hangat

Terapi ini dapat Anda lakukan sendiri di rumah dan cukup mudah untuk dilakukan. Manfaat air hangat bagi tubuh adalah:

  • Membuat tubuh nyaman
  • Mencegah penyumbatan aliran darah
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Mengurangi nyeri akibat asam urat dan menurunkan pembengkakan di sendi.

Cara terapi air hangat adalah dengan berendam di air dengan suhu 33 sampai 37 derajat celcius selama kurang lebih 20 menit. Disarankan untuk bergerak selama berendam agar darah dapat mengalir ke sendi yang nyeri. Anda juga dapat menambahkan garam kasar atau garam epsom yang dapat membantu menurunkan rasa sakit di sendi karena mengandung magnesium. Caranya adalah dengan menambahkan 100 gram garam pada bak berisi air hangat.

5. Terapi dengan Vitamin C

Vitamin C berguna di tubuh karena dapat larut dalam air dengan mudah. Hal tersebut dapat meleburkan zat asam urat berlebih di tubuh untuk kemudian di buah melalui urine. Penderita asam urat disarankan untuk mengonsumsi 75 gram vitamin C per hari. Vitamin C dapat ditemukan dalam buah jeruk, sirsak, atau jambu biji.

6. Terapi dengan Konsumsi Air Putih

Tubuh yang kekurangan cairan berpotensi meningkatkan penumpukan kadar zat purin yang menyebabkan asam urat di tubuh. Zat purin yang menumpuk dapat memperlambat aliran darah sehingga otomatis berpengaruh pada peningkatan kadar asam yang menyebabkan asam urat.

Sponsors Link

Oleh karena itu, banyak minum air putih sekitar 8-10 gelas setiap hari sangat dianjurkan untuk penderita asam urat karena dapat memulihkan kondisi tubuh, membentuk sel darah merah baru, dan melepaskan zat asam yang berlebih. Menurut penelitian American College of Rheumatology, penderita yang meminum 5-8 gelas air putih selama 24 jam sebelum serangan asam urat akan mengalami penurunan risiko sebanyak 40% dibanding mereka yang hanya minum satu gelas air putih.

7. Terapi dengan Tanaman Herbal

Tanaman herbal dapat digunakan untuk mengobati banyak penyakit tak terkecuali asam urat. Berikut adalah beberapa jenis tumbuhan dan cara mengolahnya sebagai ramuan untuk penanganan asam urat secara tradisional:

  • Meniran: rebus meniran dengan satu gelas air, saring air yang sudah direbus, kemudian minum 2 kali sehari.
  • Kumis kucing: cuci bersih 100 lembar daun kumis kucing, rebus dengan 3 gelas air, saring dan minum setelah dingin. Minum satu kali sehari pada pagi hari.
  • Tempuyung: siapkan 30 gram daun yang sudah dicuci, rebus dengan 3 gelas air, saring air, dan minum setelah dingin dengan dosis 2 kali sehari.
  • Sambiloto: siapkan 10 gram daun, 1 gram lada dan 10 gram rimpang temulawak, cuci bahan tersebut dan rebus dengan 5 gelas air hingga sisa 3 gelas, saring air dan minum setelah dingin sebanyak 2 kali sehari.
  • Daun suruhan: siapkan 30 gram daun suruhan yang sudah dicuci, tumbuk halus dan peras. Air hasil perasan diminum satu kali sehari.

Tanaman herbal di atas dipercaya dapat menurunkan zat purin yang menumpuk dan menyebabkan asam urat di tubuh. Hal tersebut karena kandungan yang terkandung dalam tanaman seperti tanin, keton, hipofilantin, aldehid, damar, dan filantin.

8. Terapi dengan Buah

Buah-buahan dapat membantu penderita asam urat menyembuhkan penyakitnya karena kandungan asam yang dapat mengimbangi asam urat berlebih dalam tubuh sehingga membuang kotoran buruk yang ada di darah melalui urine. Meskipun terdapat buah penyebab asam urat seperti durian, nangka, nanas, rambutan, dan leci. Berikut adalah buah-buahan yang aman dikonsumsi penderita asam urat dan juga dapat membantu penyembuhan:

  • Pepaya muda: tambahkan setengah pepaya muda dengan bubuk teh dan satu buah air kelapa muda. Konsumsi sebanyak satu kali sehari.
  • Cherry: konsumsi 7 sampai 9 buah cherry setiap hari dengan dibuat sebagai jus atau dimakan langsung.
  • Lemon: buat satu buah lemon menjadi jus atau jadikan sebagai infused water dengan cara mendiamkan air putih dalam botol minum dengan potongan lemon di kulkas selama satu malam. Setelah itu, infused water siap diminum sebanyak satu kali sehari.
ads
  • Pare: potong satu buah pare, cuci bersih dan rebus dengan 2 gelas air, saring air rebusan dan minum setelah dingin sebanyak satu kali sehari.

Manfaat dari buah-buahan di atas adalah dapat menyembuhkan asam urat dengan alami dan cepat serta meredakan rasa nyeri pada sendi.

9. Terapi dengan Rempah-rempah

Selain dengan tanaman herbal, rempah-rempah yang banyak dijumpai di dapur juga dapat Anda manfaatkan untuk penanganan asam urat secara tradisional. Berikut adalah jenis rempah-rempah dan cara pengolahannya:

  • Cengkeh: siapkan 5 butir cengkeh, 5 butir kapulaga, 1 jari kayu manis, 5 gram biji pala, 1000 ml air, dan 15 gram jahe merah. Cuci hingga bersih semua bahan-bahan, rebus hingga mendidih dan menyisakan satu gelas. Kemudian, saring air rebusan dan minum saat hangat sebanyak satu kali sehari.
  • Daun salam: siapkan 10 lembar daun salam, bersihkan, dan rebus dengan 2 gelas air hingga menyisakan satu gelas air. Dinginkan dan konsumsi sebanyak dua kali selama 3 hari
  • Seledri: rebus satu sendok biji seledri dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas, saring air rebusan, minum selagi hangat sebanyak 2-3 kali sehari.

Rempah-rempah di atas dipercaya dapat menurunkan kadar zat purin jahat dalam tubuh jika dikonsumsi secara rutin.

10. Menggunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat digunakan sebagai obat asam urat. Cara mengobati asam urat dengan minyak zaitun adalah dengan mengganti minyak goreng atau margarin yang biasa Anda gunakan untuk memasak dengan minyak zaitun. Hal tersebut dikarenakan minyak zaitun yang berasal dari tumbuhan dapat mengendalikan asam urat di tubuh. Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal sehingga tidak hilang meskipun dipanaskan dan juga mengandung vitamin E serta antioksidan.

11. Cuka Madu

Cuka madu terkenal di Arab Saudi dengan nama propolis. Obat asam urat ini banyak dijual oleh pedagang obat herbal. Propolis adalah resin lebah yang menghasilkan sifat basa untuk mengurangi asam urat di tubuh dengan cara menetralkan asam urat.

12. Konsumsi Produk Susu

Penderita asam urat harus dapat memilih produk susu yang sesuai karena tidak semua produk susu dapat dinikmati oleh penderita asam urat. Produk susu untuk asam urat yang dapat membantu proses penyembuhan asam urat adalah produk susu yang rendah seperti skim milk, yoghurt rendah lemak, dan produk susu lain yang memiliki kadar asam urat rendah. Konsumsi produk susu dapat dilakukan secara rutin dengan cara:

  • meminum 1-5 gelas susu rendah lemak setiap hari
  • tambahkan produk susu rendah lemak lainnya seperti yoghurt agar dapat bervariasi

Dengan mengonsumsi produk susu, kadar asam berlebih di dalam tubuh akan cepat larut setelah diproses oleh ginjal. Hal tersebut karena produk susu rendah lemak mengandung asam orotic yang dapat menghambat pengentalan asam urat kembali.

13. Konsumsi Makanan Basa

Dr Theodore dalam bukunya yang berjudul Alkalinize or Die menyatakan bahwa makanan basa efektif untuk menurunkan kadar asam urat. Penderita yang rajin mengonsumsi makanan basa seperti sayur, buah, biji-bijian dan sebagainya maka akan mengurangi pengendapan zat purin dalam tubuh. Makanan basa berguna untuk melarutkan asam urat yang biasanya diproses oleh ginjal sehingga dapat dilarutkan dan dibuang melalui urine.

Selain itu, Anda juga dapat mencoba hal-hal berikut untuk penanganan asam urat secara tradisional:

  • Mengatur pola makan rendah purin: batasi makanan yang memiliki kadar asam urat tinggi seperti jeroan, ikan tuna, bayam, kacang polong, dan makanan lain yang mengandung banyak purin.
  • Makan karbohidrat tepung dan tinggi serat: perbanyak makanan berserat karena membantu menurunkan kadar asam urat dengan cara menyerap dan membuangnya dari tubuh. Makanan berserat yang dapat dikonsumsi seperti gandum utuh, apel, jeruk, dan juga tambah dengan karbohidrat tepung yang bisa didapat di nasi atau kentang.

Perlu diingat untuk tekun dalam menjalani penanganan asam urat secara tradisional dan tidak pantang menyerah untuk melakukan pengobatan agar dapat sembuh total dari asam urat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan