Sponsors Link

Penderita Asam Urat Bolehkah Makan Tauge?

Sponsors Link

Makanan adalah hal yang sangat perlu diperhatikan oleh penderita asam urat. Karena cukup banyak makanan yang mempunyai kandungan purin dan menjadi pemicu asam urat menjadi tinggi. Purin adalah zat yang sebenarnya tidak akan menjadi bahaya jika kadar nya masih dalam batas normal tubuh. Beberapa jenis sayuran juga kerap kali memiliki kandungan purin. Lalu bagaimana dengan tauge? Penderita asam urat bolehkah makan tauge?

ads

Tauge adalah jenis sayuran yang biasa dikonsumsi dan berasal dari kacang kacangan kecambah atau kacang hijau dan juga kacang kedelai. Kecambah biasanya ada yang mengkonsumsi nya dalam keadaan masih mentah sebagai salah satu lalapan atau ada juga yang memasaknya dulu, dan dijadikan menu makan pendamping seperti cah kangkung tauge, urap tauge yang dicampur kacang panjang dan yang lainnya.

Kandungan Tauge

Tidak hanya bisa dinikmati sebagai teman makan saja, tauge juga bisa memberikan manfaat karena memiliki kandungan gizi yang cukup baik. Kandungan gizi yang ada pada 100 gram tauge adalah sebagai berikut:

  1. Zat Besi 0,8 mg
  2. Protein 2,9 g
  3. Lemak 0,2 g
  4. Karbohidrat 4,1 g
  5. Serat 1,0 g
  6. Kalsium 29 mg
  7. Vitamin A 10 IU
  8. Vitamin B1 0,07 mg
  9. Vitamin C 15 mg
  10. Energi 23 kal
  11. Fosfor 69 mg

Tauge Untuk Penderita Asam Urat

Bagi penderita asam urat, sebaiknya Anda berhati-hati saat akan mengkonsumsi tauge. Karena tauge memiliki manfaat sekaligus bahaya yang harus benar benar diperhatikan. Sebelum membahas mengenai manfaatnya, sebaiknya Anda mengetahui dulu apa yang membuat tauge menjadi bahaya untuk penderita asam urat.

Tauge merupakan jenis kecambah yang juga memiliki kandungan purin. Kandungan purin nya memang tidak terlalu tinggi dan masuk dalam kategori yang masih sedang. Sehingga jika Anda memiliki penyakit asam urat cukup kronis sebaiknya Anda memperhatikan saat akan memakannya. Jangan terlalu berlebihan.

Jika Anda terlalu berlebihan makan kadar purin semakin meningkat kemudian akan memicu pada peningkatan kadar asam urat dalam tubuh, jika terus begitu maka asam urat akan berubah menjadi kristal dan disalurkan darah melalui persendian. Akibatnya Anda akan mulai merasakan tanda-tanda asam urat yang diawali dengan rasa nyeri pada persendian kemudian jika sudah semakin parah kemungkinan Anda juga akan mengalami pembengkakan yang cukup mengganggu.

Namun jangan khawatir walaupun terdapat kandungan purin nya. Tauge juga bermanfaat untuk meredakan peradangan pada asam urat. Konsumsi lah sewajarnya agar manfaat benar-benar terasa.

Peradangan sudah biasa terjadi, seperti dijelaskan sebelumnya ini disebabkan karena penumpukan dan pengendapan kristal asam urat. Agar bisa mendapatkan manfaatnya juga sebaiknya Anda tidak boleh mengkonsumsi tauge dengan sayuran yang memiliki kandungan purin juga. Karena jika itu lakukan bukannya menurunkan kadar asm urat malah akan menikan kadar asam urat dengan cepat.

Jika Anda juga sedang melakukan diet rendah purin, sangat tidak disarankan untuk menjadikan tauge sebagai salah satu menu nya. Anda bisa memilih sayuran yang benar-benar tidak memiliki kandungan purin agar kadar purin dalam tubuh kembali stabil. Jika sudah stabil Anda bisa mengkonsumsi tauge kembali namun masih dalam batas tertentu.

Beberapa sayuran untuk asam urat yang boleh dikonsumsi seperti:

  • Mentimun

Mentimun adalah golongan sayuran yang mengandung hampir 95% air dan vitamin-vitamin penting seperti vitamin K, vitamin B,  vitamin C, tembaga, kalium dan mangan, sehingga timun bisa menjadi alternatif untuk menghindari kekurangan gizi yang baik dikonsumsi dari anak-anak hingga dewasa.

Sponsors Link

  • Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang paling banyak penggemarnya. Brokoli dipercaya sebagai sayuran yang memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tubuh yang bisa dimakan dengan cara dimasak maupun mentah, tidak akan mengurangi kandungan gizi nya. Kandungan gizi pada brokoli mencakup besi, protein, kalsium, kromium, karbohidrat, vitamin A dan vitamin C.

  • Wortel

Wortel ternyata juga baik dikonsumsi oleh penderita asam urat karena tidak memiliki kandungan purin yang tinggi. Kandungan utama pada wortel adalah vitamin A, vitamin K, folat, magnesium dan serat yang bisa digunakan sebagai terapi untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah. Untuk menggunakan wortel sebagai bahan alami terapi asam urat wortel dapat dikonsumsi dalam bentuk jus. Komposisi yang bisa digunakan adalah 2 wortel di campur dengan 1 timun dan 8 seledri lalu di halus kan dengan blender.

Jadi bisa disimpulkan jika ada pertanyaan “penderita asam urat bolehkah makan tauge?” Tentu saja boleh, namun asupan nya harus sangat dibatasi, karena tauge memiliki kandungan purin. Dan perlu diketahui tauge memang baik untuk mengatasi peradangan pada penderita asam urat. Namun tauge tidak akan memberikan kesembuhan secara penuh dan menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Sehingga tidak ada pelarangan namun Anda harus tetap memperhatikan pada asupan nya.

, , ,