Sponsors Link

Pengaruh Alkohol Pada Asam Urat Tips Mengatasinya

Sponsors Link

Penyakit asam urat adalah penyakit yang bisa disebabkan karena gaya hidup yang buruk. Bagaimana pun, asupan tertinggi purin dari luar tubuh akibat makanan dan minuman penyebab asam urat adalah yang paling utama dapat menjadi pemicu meningkatnya kadar asam urat dalam tubuh. Lalu bagaimana dengan alkohol? Apa pengaruh alkohol pada asam urat dan tips mengatasinya? Berikut ulasannya.

ads

Bahaya Alkohol Untuk Asam Urat

Kecanduan akan hal buruk bagi kesehatan adalah yang paling sulit untuk diatasi. Alkohol misalnya, merupakan minuman yang bisa menjadi pemicu asam urat dan berbahaya bagi kesehatan. Apa saja bahayanya? Berikut beberapa bahaya alkohol untuk asam urat

  • Alkohol memiliki kandungan purin

Tahukah Anda? Bahwa ternyata alkohol memiliki kandungan purin yang cukup tinggi. Alkohol juga akan menjadi salah satu pemicu keluarnya cairan sehingga akan mengakibatkan terjadinya kenaikan kadar asam urat yang terjadi di dalam darah. Sehingga pantangan konsumsi alkohol ini akan mengakibatkan adanya penumpukan purin dalam tubuh dan mempercepat pengkristalan asam urat serta merangsang proses produksi asam urat dalam hati semakin cepat dan akan memperparah keadaan asam urat Anda.

  • Alkohol akan memecah protein

Alkohol jug bisa memicu salah satu enzim yang ada di dalam liver untuk memecahkan protein sehingga akan menghasilkan asam urat dalam jumlah yang cukup banyak. Apakah hal ini berbahaya? Tentu saja! Kenaikan kadar asam urat bisa menjadi penyebab asam urat sangat mengganggu pada aktivitas. Karena tanda-tanda asam urat biasanya akan menyerang pada persendian, membuat sendi terasa nyeri, membuat sendi terasa panas, sendi kemerahan, bahkan sendi akan membengkak. Alkohol diyakini 99% bisa memicu terjadinya serangan asam urat, namun masih banyak saja orang yang mengatakan bahwa mereka tidak mengkonsumsi alkohol tapi bir. Padahal bir adalah salah satu bagian dari minuman beralkohol dengan 5% kandungannya.

Tips Mengatasi Kecanduan Alkohol

Kecanduan alkohol tentu saja harus segera dihentikan agar tidak memberikan masalah yang lebih besar lagi. Berikut adalah tips untuk mengatasi kecanduan alkohol:

1. Berkomitmen dengan diri sendi

Yang paling utama tentu saja adalah komitmen diri Anda sendiri. Jika Anda benar-benar ingin berhenti minum alkohol, Anda harus memiliki komitmen yang kuat. Buang jauh-jauh rasa ingin minum alkohol. Cari tahuh bahaya alkohol pada kesehatan Anda. Atau jika Anda memang benar-benar kesulitan untuk berhenti, Anda bisa berkonsultasi pada dokter.

2. Konsumsi air putih dengan jumlah lebih banyak

Anda juga sebaiknya mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang lebih banyak. Ini adalah salah satu cara sederhana namun cukup efektif untuk mengurangi kebiasaan minum alkohol. Selain itu air putih juga bisa membersihkan racun yang ada di dalam tubuh. Anda sebaiknya mengkonsumsi ai putih setidaknya 3 liter per hari agar melancarkan pembuangan racun yang disebabkan karena alkohol.

3. Konsumsilah makanan sehat

Para pecandu yang ingin berusaha menghentikan kecanduan nya sebaiknya juga mulai mengatur pola makan dengan makanan yang sehat seperti buah dan sayuran. Untuk bumbu yang cukup keras seperti cabai dan lada sebaiknya Anda kurangi. Anda bisa konsumsi jus buat bit untuk membersihkan organ hati Anda, atau Anda bisa mengkonsumsi jus wortel untuk memperkuat sistem imun Anda. Kombinasikan juga jus buah bit, apel dan wortel karena bisa memurnikan tubuh dan menghancurkan racun.

Sponsors Link

4. Mengkonsumsi suplemen dan juga herbal

Anda juga bisa mencoba untuk konsumsi herbal dan juga suplemen yang memiliki kandungan vitamin B dengan tujuan untuk membantu mengurangi adanya ketegangan fisik atau psikis yang muncul saat proses detoksifikasi tubuh akibat alkohol. Anda bisa menkonsultasikan juga hal ini pada dokter. Anda bisa meminta saran suplemen dan herbal apa yang paling cocok untuk digunakan.

5. Berolahraga

Salah satu hal yang menjadi alasan mengapa seseorang menyukai aktivitas mengkonsumsi alkohol adalah karena mereka memiliki kondisi stress atau depresi. Oleh karena itu, dengan berolahraga Anda bisa mengembalikan kondisi Anda menjadi lebih baik lagi. Keringat juga akan sangat banyak mengeluarkan potassium.

6. Melakukan terapi

Atau Anda juga bisa melakukan terapi. Anda bisa berkonsultasi pada dokter mengenai cara terapi terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi keinginan konsumsi alkohol.

Itulah pengaruh alkohol pada asam urat dan tips mengatasinya. Anda bisa mengimbangi atau mengurangi kebiasaan minum alkohol dengan banyak konsumsi buah untuk asam urat, agar kondisi tubuh dan purin semakin  stabil.