Sponsors Link

5 Pengaruh Asam Urat Pada Metabolisme Tubuh

Sponsors Link

Siapa sih yang tidak ingin tubuhnya sehat dan bugar, apalagi di usia yang sudah tidak mudah lagi. Baik usia mudah sampai usia tua jenis penyakit saat ini sangat banyak dan kompleks. Kalau kita sedikit flash back, zaman orangtua dulu sepertinya penyakit seperti asam urat, diabetes, difteri dan sebagainya jarang terdengar bahkan hampir tidak ada. Tapi seiring nya perkembangan zaman yang serba canggih dan instan semakin marak penyakit yang sebelumnya belum kita ketahui.

ads

Banyak faktor yang menjadi pemicu penyakit kompleks tersebut, yang paling sering yaitu dari pola makan, minum serta gaya hidup yang tidak sehat dan tidak sesuai dengan porsinya. Pada usia muda memang masa-masa dimana apa saja bisa dikonsumsi tanpa sadar kondisi tersebut menumpuk setiap hari sehingga lama-kelamaan mengakibatkan penumpukan zat berbahaya dalam tubuh tinggi. Akhirnya satu persatu penyakit menghampiri.

Tidak menutup kemungkinan jika kita tidak bisa menjaga kesehatan baik dari makanan, minuman, lingkungan dan kebersihan tubuh yang tadinya sehat kuat bisa terjangkit penyakit. Penyakit ringan sangat penyakit berbahaya, salah satu penyakit yang dianggap remeh kebanyakan orang yaitu asam urat atau disebut juga gout. Banyak orang awam menyebutnya rematik, memang gejalanya hampir mirip tapi jika diteliti ada perbedaannya. Jika Anda mengalami penyakit asam urat ini alangkah baiknya untuk segera mengambil tindakan baik berupa medical check up atau berobat ke alternatif.

Riwayat penyakit ini memang berdampak tidak baik bagi tubuh, terutama Anda yang memiliki mobile aktivitas yang tinggi. Gerak akan sulit bahkan untuk berdiri atau bangun seseorang bisa mengalami kesulitan. Agar tidak semakin parah lalukan tindakan tepat yang menurut Anda sesuai dengan tingkat penyakitnya. Selain tersebut diatas, apa saja hal yang mempengaruhi metabolisme tubuh yang diakibatkan asam urat ini. Selain daya imun yang menurun tentu kondisi fisik Anda yang akan rusak, berikut beberapa pengaruh asam urat pada metabolisme:

1. Menurunkan Daya Imun

Asam urat selain menyebabkan rasa nyeri teramat sangat, juga dapat menurunkan imun dalam tubuh penderita. Ketahanan tubuh yang lemah rentan akan berbagai penyakit lainnya mulai dari batuk pilek sampai gagal ginjal.

2. Menyebabkan Kerusakan Pada Tulang dan Persendian

Tingkatan penyakit asam urat berbeda-beda mulai dari tahap ringan sampai tahap kronis. Hal ini terjadi karena proses pengobatan yang lambat dan lama, sehingga penyakit tersebut mengalami peningkatan fase. Oleh karenanya jangan pernah menyepelekan penyakit asam urat Anda. Jika Anda mengalami kondisi yang sudah sangat kronis hal ini tentu berdampak pada tulang dan sendi Anda. Sehingga keduanya tidak dapat berfungsi secara normal dan baik.

3. Menyebabkan Gagal Ginjal

Hubungan asam urat dengan ginjal sangat berkaitan. Dimana salah satu tugas ginjal adalah mengeluarkan zat-zat berbahaya dalam tubuh dan salah satunya adalah zat purin yang berlebih. Bila kadar purin sudah sangat tinggi, maka akan mengganggu fungsi ginjal dan purin pun tidak bisa dikeluarkan, sehingga menyebabkan gagal ginjal. Jika penyakit ini tidak segera ditindaklanjuti, yang ditakutkan adalah adanya komplikasi penyakit pada ginjal Anda. Tersumbatnya saringan ginjal yang dikarenakan kristal asam urat akan berdampak munculnya batu ginjal yang mengakibatkan gagal ginjal.

4. Menyebabkan Kolesterol Tinggi

Siapa sangka dari penyakit asam urat bisa menyebabkan kolesterol tinggi, apa penyebabnya? Yaitu pola makan dan minum, ternyata hal ini yang menyebabkan penyakit tersebut dialami sebagian orang. Anda yang menderita asam urat tidak dianjurkan memakan jeroan, daging, seafood dan lain sebagainya, begitu pun penderita penyakit kolesterol. Dimana makanan tersebut dapat memicu kedua penyakit tersebut menyerang sebagian penderita. Karena itu jaga dan berhati-hati dalam memilih asupan makan Anda.

Sponsors Link

5. Menyebabkan Penyakit Jantung Koroner

Tentu Anda tidak ingin memiliki riwayat penyakit ini bukan, mendengar namanya saja sudah mengerikan, apalagi sampai menderita. Karena itu pastikan kadar asam urat Anda dalam batas normal. Kristal asam urat yang tidak segera diatasi akan merusak lapisan pembuluh darah koroner dan menyebabkan kerja jantung terganggu sehingga terjadilah penyakit jantung koroner. Sedangkan penyakit jantung juga merupakan faktor penyebab stroke.

Nah itulah tadi pengaruh asam urat pada metabolisme tubun. Dari beberapa penyakit tersebut tentu membuat Anda semakin menjaga kesehatan tubuh, dan siapapun orangnya tidak akan mau menderita penyakit baik asam urat atau pun jantung. Makin cepat seseorang mendapat pengobatan asam urat sejak serangan ringan sampai akut, makin cepat pula penyembuhannya.

Orang yang kesehatannya baik, hendaknya makan sesuai dengan porsinya dan tidak berlebihan. Sedangkan bagi yang telah menderita penyakit asam urat, sebaiknya membatasi diri terhadap hal yang bisa memicu kondisi semakin memburuk. Misalnya, membatasi makanan tinggi purin dan memilih makanan rendah purin serta melakukan diet rendah purin. Hal yang juga perlu diperhatikan adalah jangan bekerja terlalu berat, cepat tanggap dan rutin memeriksakan diri ke dokter. Karena sekali menderita, biasanya gangguan asam urat akan terus berlanjut. Semoga bermanfaat dan jaga selalu kesehatan Anda.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab