Sponsors Link

Pengaruh Asam Urat Terhadap Ginjal yang Harus Diwaspadai

Sponsors Link

Asam urat terjadi karena adanya penumpukan zat purin (kristal asam urat). Adanya penumpukan tersebut dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya karena pola makanan dan juga terjadi gangguan ekskresi pada ginjal. Jadi antara asam urat dan ginjal ternyata mempunyai hubungan yang penting sehingga perlu menghindari pantangan makanan asam urat dan diabetes.

ads

Pada saat seseorang mengkonsumsi makanan yang mengandung purin berlebih maka asam urat yang diproduksi pun akan meningkat hal ini akan menyebabkan penumpukan asam urat pada beberapa bagian tubuh. Hubungan asam urat dan penyakit ginjal yaitu pada saat kadar asam urat semakin meningkat dapat saja kristal asam urat tersebut tumbuh pada bagian ginjal sehingga hal tersebut akan menyebabkan batu ginjal. Pada pembahasan kali ini akan dibahas secara lengkap bagaimana sebenarnya pengaruh asam urat terhadap ginjal. Untuk lebih jelasnya simak pembahasannya dibawah ini!

Hubungan Asam Urat dengan Ginjal

Zat asam urat merupakan zat yang dihasilkan dari hasil metabolisme purin. Zat asam urat dalam keadaan tertentu sebetulnya dibutuhkan untuk proses pembentukan inti sel. Karena dibutuhkan oleh tubuh makanya zat asam urat diproduksi secara alami dalam tubuh, zat asam urat tersebut merupakan hasil dari pemecahan asam amino nonessensial. Dari produksi asam urat tubuh hanya membutuhkan zat asam urat sedikit saja, asam urat yang berlebih akan diekskresikan melalui urine.

Akan tetapi pada beberapa kondisi ada orang yang mengalami gangguan proses metabolisme asam urat tersebut sehingga terjadilah produksi asam urat yang banyak akan tetapi mengalami gangguan dalam proses pengeluaran. Hal tersebut menyebabkan terjadinya penumpukan asam urat pada sel darah yang menyebabkan penyakit asam urat, penumpukkan tersebut disebabkan oleh berbagai faktor terutama faktor makanan yang dikonsumsi oleh seseorang.

Jika diamati menggunakan mikroskop asam urat akan terlihat seperti kristal. Pada saat zat asam urat semakin tinggi maka kristal asam urat tersebut akan mulai mengumpul pada bagian sendi-sendi tubuh. Mengapa asam urat tersebut mengumpul di daerah persendian? Hal ini disebabkan karena daerah persendian sangat mudah untuk dijangkau oleh kristal asam urat tersebut.

Biasanya persendian yang sering menjadi tempat kristal asam urat menumpuk yaitu pada bagian jari-jari kaki ataupun jari-jari tangan. Pada saat terjadi peradangan pada sendi maka penderita asam urat akan mengalami rasa nyeri yang tak tertahankan bahkan beberapa orang disertai rasa panas pada rasa nyeri tersebut sehingga hal tersebut sangat mengganggu berbagai aktivitas yang harusnya dijalankan oleh penderita asam urat.

Dampak yang akan ditimbulkan dari penyakit asam urat terhadap ginjal yaitu batu ginjal. Sedangkan resiko terburuk dari terjadinya batu ginjal yaitu gagal ginjal. Seseorang yang mengalami kekurangan pengeluaran asam urat pada urine akan menyebabkan terjadinya pembentukan kristal asam urat dan juga batu kalsium oksalat pada organ ginjal. Terbentuknya kristal asam urat dan kalsium oksalat dalam waktu yang bersamaan merupakan penyebab asam urat tinggi.

Dengan terbentuknya batu pada ginjal tersebut akan sangat mempengaruhi keasaman dari urine seseorang dan akan menyebabkan kadar asam urat pada urine semakin meningkat. Dengan adanya batu asam urat pada ginjal akan menyebabkan berbagai gangguan pada ginjal seperti tekanan pada pembuluh darah semain tinggi dan juga tekanan pada ginjal semakin tinggi. Dengan begitu maka akan timbul tebalnya dinding pembuluh darah seseorang dan menyebabkan proses aliran darah menuju ginjal akan terhambat bahkan mengalami kerusakan fungsi. Selain ginjal asam urat pun mempunyai hubungan yang saling keterkaitan dengan asam urat dan diabetes.

Sponsors Link

Mencegah Penyakit Ginjal Akibat Asam Urat

Resiko yang terjadi dari asam urat terhadap ginjal tentunya sangat menakutkan, oleh karena itu perlulah kita mencegah berbagai kemungkinan terburuk dengan mengatur pola makan.

  • Hindari mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mempunyai kandungan purin yang tinggi dan pilihlah menu diet penderita asam urat dan kolesterol. Beberapa jenis makanan yang mempunyai kandungan purin yang tinggi diantaranya yaitu jeroan, udang, cumi, dll. Sedangkan jenis makanan yang mempunyai kandungan purin yang sedang yaitu berbagai macam kacang-kacangan, sayuran hijau tua, alkohol dan jenis makanan yang mengandung purin yang rendah yaitu susu, keju dan berbagai olahan yang mengandung susu.
  • Selain dengan menghindari berbagai jenis makanan yang mengandung purin yang tinggi cara lainnya yaitu dengan mengatur gaya hidup sehat dan mengkonsumsi makanan yang rendah purin.
  • Cara yang paling mudah yaitu dengan memperbanyak mengkonsumsi air putih minimal dalam satu hari 8 gelas.
  • Perbanyak juga mengkonsumsi berbagai makanan yang kaya akan serat seperti buah-buahan dan sayuran. Hindari mengkonsumsi alkohol dan juga jangan terlalu banyak mengkonsumsi kopi.
  • Lakukan olahraga secara rutin dan istirahatlah yang cukup.

Sekian pembahasan mengenai pengaruh asam urat terhadap ginjal. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, salam sehat dan sukses selalu.

, , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab