Sponsors Link

Pengaruh Asam Urat Terhadap Jantung yang Wajib Diwaspadai

Sponsors Link

Kebanyakan orang beranggapan bahwa penyakit asam urat merupakan suatu penyakit ringan dengan gejala rasa sakit dan panas yang terasa pada daerah persendian. Akan tetapi faktanya bahwa asam urat yang tinggi sangat berbahaya untuk kesehatan. Maka untuk Anda yang mempunyai asam urat tinggi perlu lah berhati-hati karena asam urat tinggi dapat menyebabkan berbagai permasalahan pada kesehatan diantaranya yaitu pada ginjal, diabetes dan juga penyakit jantung.

ads

Kadar asam urat yang tinggi pada sel darah  jika dibiarkan terlalu lama akan menimbulkan berbagai dampak yang akan menyebabkan komplikasi berbagai penyakit berbahaya diantaranya yaitu gangguan ginjal, diabetes melitus, kelumpuhan dan bahkan jantung koroner. Salah satu pemicu kadar asam urat yang tinggi yaitu berbagai jenis makanan yang mengandung zat purin yang tinggi.

Saat Anda mengkonsumsi berbagai jenis makanan dengan kandungan zat purin yang tinggi maka akan terjadi penumpukan zat asam pada darah, hal tersebut dapat menjadi salah satu pemicu terjadinya serangan jantung. Untuk lebih jelas mengenai pengaruh asam urat terhadap jantung simak pembahasannya dibawah ini.

Hubungan Asam Urat dan Jantung

Hubungan antara asam urat dan penyakit jantung yaitu faktor penyebabnya hampir sama yaitu disebabkan oleh tekanan darah, kadar kolesterol dalam tubuh dan juga kelebihan berat badan. Penyakit jantung koroner merupakan salah satu jenis penyakit yang mematikan. Pada tahun 2013 menurut di Indonesia terdapat sebanyak 0,5% atau kurang lebih 800.000 warga Indonesia di diagnosa mengidap penyakit jantung koroner. Salah satu penyebab terjadinya penyakit jantung koroner yaitu disebabkan asam urat tinggi.

Hubungan antara jantung dan asam urat yaitu jantung merupakan organ yang melakukan proses transportasi darah dan oksigen di dalam tubuh. Penyebab terjadinya jantung koroner yaitu adanya penyumbatan pada arteri yang disebabkan oleh adanya kristal asam urat pada pembuluh nadi koroner. Kristal asam urat tersebut masuk pada pembuluh nadi dengan cara dibawa oleh darah. Sehingga dengan masuknya kristal asam urat tersebut akan timbul kerusakan pada pembuluh darah.

Menurut riset yang dilakukan oleh para ahli mereka berpendapat bahwa orang yang memiliki kadar asam urang tinggi mempunyai potensi yang tinggi akan jantung koroner ataupun stroke bahkan mempunyai potensi 3 hingga 5 kali lebih besar dari pada orang yang mempunyai kadar asam urat normal.

Untuk menghindari berbagai hal buruk yang akan terjadi pada diri Anda maka lakukan pencegahan asam urat tinggi yang menyebabkan jantung koroner dengan cara berkonsultasi pada dokter dan lakukan pendeteksian penyakit jantung ataupun memeriksa kadar asam urat pada tubuh Anda. Hal ini bertujuan agar jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan maka Anda dapat lebih mudah dalam mengobatinya. Untuk lebih mempermudah dalam mengenali ciri-ciri kemungkinan Anda akan terserang jantung koroner yaitu kenali gejala-gejalanya diantaranya:

  • Sesak nafas pada dada bagian kiri
  • Detak jantung tidak beraturan bahkan cenderung lebih cepat dari biasanya
  • Merasa lemas dan juga kulit pucat
  • Bahkan pingsan pun merupakan salah satu gejalanya

Tindakan Pencegahan 

Seorang penderita asam urat masih mempunyai peluang besar untuk sembuh jika penyakit asam urat belum menimbulkan berbagai macam penyakit komplikasi yang menyeramkan. Cara terbaik untuk tindakan pencegahan tersebut yaitu tekad dari penderita asam urat agar berkomitmen untuk sembuh salah satunya dengan menjaga asupan makanan pada tubuh. Untuk menghindari komplikasi asam urat yang berpengaruh pada jantung koroner maka penderita asam urat lebih baik melakukan beberapa hal diantaranya yaitu sebagai berikut:

Sponsors Link

  1. Melakukan pengecekan kadar asam urat kepada dokter Anda sehingga dengan begitu Anda akan mengetahui kemungkinan terburuk yang nantinya akan terjadi.
  2. Mengkonsumsi obat yang dapat menyembuhkan asam urat atau menghilangkan rasa sakit pada persendian.
  3. Mengkonsumsi vitamin yang dapat menetralisir kadar asam urat pada tubuh
  4. Melakukan pengontrolan terhadap apa saja yang akan dimakan, hindari berbagai makanan yang mengandung zat purin yang tinggi.
  5. Selain mengkonsumsi obat yang dianjurkan oleh dokter coba untuk mengkonsumsi obat yang berasal dari tanaman obat asam urat dan rematik atau herbal.
  6. Konsumsilah makanan yang akan serah seperti buah-buahan atau sayuran dan lakukan olahraga secara teratur karena olahraga mempunyai banyak manfaat olahraga bagi penderita asam urat.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan sebagai tindakan untuk pencegahan terjadinya komplikasi yang disebabkan oleh asam urat. Oleh karena itu para penderita asam urat jangan beranggapan bahwa asam urat merupakan penyakit yang ringan karena faktanya penyakit asam urat dapat memicu berbagai penyakit serius yang dapat mengancam nyawa seseorang. Coba terapkan dan lakukan berbagai tips yang dipercaya dapat menyembuhkan asam urat dan konsumsilah makanan yang rendah purin. Sekian pembahasan pengaruh asam urat terhadap jantung, semoga bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab