Sponsors Link

Pengaruh Buah Salak terhadap Asam Urat Tinggi

Sponsors Link

salakAsam urat merupakan penyakit yang terjadi karena adanya zat purin yang menumpuk. Asam urat sangat rentang terjadi pada orang yang telah berusia lebih dari 30 tahun ke atas akan tetapi tidak menutup kemungkinan orang yang berusia dibawah 30 tahun mungkin saja akan menderita asam urat. Asam urat janganlah dianggap sepele karena jika dibiarkan akan berdampak komplikasi asam urat dengan penyakit lainnya, misalnya menjadi komplikasi batu ginjal dan juga kerusakan pada daerah persendian.

ads

Asam urat disebabkan oleh berbagai faktor, faktor-faktor yang menyebabkan asam urat diantaranya yaitu jenis kelamin, usia, efek samping dari obat-obatan dan jenis makanan untuk asam urat yang dikonsumsi pun dapat menjadi penyebab terjadinya asam urat. Zat purin banyak sekali ditemukan pada berbagai jenis makanan seperti pada kacang-kacangan, ikan, alkohol, dll. Lalu apakah buah salak mempunyai pengaruh terhadap asam urat? Apakah penderita asam urat boleh mengkonsumsi buah salak? Jawaban dari pertanyaan kalian akan dibahas pada pembahasan kali ini yaitu pengaruh buah salak terhadap asam urat. Simak pembahasannya dibawah ini.

Pengaruh Salak untuk Penderita Asam Urat

Sebagai penderita asam urat mungkin belum mengetahui jenis makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat. Buah salak merupakan jenis buah-buahan. Buah salak atau Salacca zalacca merupakan jenis buah-buahan yang berasal asli dari pulau Jawa dan Sumatera, akan tetapi sampai saat ini buah salak dapat tumbuh subur dan banyak ditemukan di beberapa daerah di Indonesia.

Selain mempunyai rasa buah yang enak rupanya pada buah salak terdapat kandungan yang mempunyai banyak sekali khasiat untuk kesehatan tubuh. Begitu pun untuk asam urat salak sangat boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat karena salak dapat memberikan dampak yang baik untuk penyakit asam urat.

Selain untuk asam urat salak juga mempunyai banyak manfaat lainnya untuk kesehatan diantaranya yaitu dapat melancarkan sistem peredaran darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melancarkan proses dalam sistem pencernaan dan menyehatkan otot. Buah salak yang dapat dijadikan obat untuk asam urat yaitu buah dan juga bijinya karena pada buah dan biji terdapat berbagai senyawa yang dapat menyembuhkan asam urat.

Cara pengolahan salak untuk mengobati asam urat biasanya lebih disarankan untuk direbus karena dengan direbus dianggap lebih efektif dibandingkan cara lainnya. Berbagai kandungan pada buah salak dapat membantu mempercepat proses penyembuhan untuk penderita penyakit asam urat. Oleh karena itu buah salak boleh dan aman dikonsumsi oleh penderita asam urat. Berbagai senyawa yang ada pada kandungan buah salak mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan termasuk untuk asam urat. Berikut ini kandungan gizi yang dapat diperoleh dengan mengkonsumsi buah salak sebanyak 100 gram yaitu sebagai berikut:

  • 0,8 gram protein
  • 3,9 mg zat besi
  • 8,4 gram Vitamin C
  • 0,2 mg Vitamin B2
  • 38 mg Kalsium
  • 0,4 gram lemak
  • 0,3 mg serat
  • 18 mg fosfor
  • 12,1 gram karbohidrat

Dengan mengkonsumsi 100 gram buah salak maka kandungan yang diperoleh untuk kesehatan tubuh sangat banyak dan tentunya membuat tubuh menjadi sehat. Selain buahnya dengan mengolah bagian biji salak dapat mengobati penyakit asam urat. Kandungan pada biji salak sama halnya dengan buahnya dapat membuat tubuh menjadi sehat. Jadi pengaruh buah salak terhadap asam urat memberikan banyak sekali dampak yang baik untuk proses penyembuhan asam urat.

Sponsors Link

Cara Mengolah Buah Salak

Buah salak selain langsung dimakan tanpa diolah terlebih dahulu ada beberapa cara penyajian buah salak seperti dibuat cemilan, manisan dan juga dibuat minuman. Jika Anda tertarik untuk mencoba menggunakan buah salak sebagai makanan yang rendah purin yang dapat menyembuhkan asam urat berikut ini cara mengolah buah salak selain dengan cara dikonsumsi secara langsung.

  1. Langkah pertama siapkan beberapa buah salak lalu kupas kulitnya dan ambil hanya buahnya saja.
  2. Setelah buah salak dikupas dari kulitnya keluarkan bijinya dan potong-potong kecil daging buah salaknya.
  3. Setelah memotong menjadi kecil-kecil pastikan untuk selalu mencucinya agar salak tetap terjaga kebersihannya.
  4. Langkah yang terakhir yaitu setelah dicuci masukkan potongan buah kecil buah salak pada kuali kemudian rebus dan tunggu hingga air mendidih, ketika rebusan telah mendidih tiriskan rebusan salak tersebut lalu minumlah air rebusan salak tersebut.

Konsumsi rebusan salak tersebut dalam jangka waktu 2 minggu secara rutin dan lihatlah khasiat yang akan dirasakan. Tetap jaga pola hidup terutama pola makan hindari makanan pantangan bagi penyakit asam urat dan konsumsi berbagai makanan yang dapat menyembuhkan asam urat. Sekian pembahasan mengenai pengaruh buah salak terhadap asam urat. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan manfaat.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Buah Buahan