Sponsors Link

Pengaruh Obesitas Pada Asam Urat dan Tips Mengatasinya

Sponsors Link

Obesitas adalah kondisi kegemukan pada tubuh dan berat badan yang melebihi batas normal tubuh. Apakah obesitas adalah kondisi buruk? Tentu saja! Obesitas bisa sangat buruk bahkan akan mempengaruhi pada kesehatan tubuh terutama pada asam urat. Pengaruh obesitas pada asam urat dan tips mengatasinya adalah hal yang perlu Anda ketahui agar tidak mendapatkan kenaikan asam urat karena obesitas.

ads

Obesitas adalah penyebab asam urat karena bisa mempengaruhi pada persendian. Kondisi ini akan terjadi saat Anda mempunyai kadar asam urat yang disalurkan oleh darah kemudian membentuk kristal asam urat dan disalurkan melalui persendian. Bahkan asam urat juga biasanya lebih sering terjadi pada orang yang memiliki berat badan diatas normal. Semakin berat badan Anda maka akan semakin besar kemungkinan Anda untuk terkena asam urat. Sehingga untuk mengatasi obesitas sebaiknya Anda melakukan diet.

Tips diet sehat obesitas pada penderita asam urat

Berikut adalah beberapa tips diet obesitas asam urat urat yang biasa Anda lakukan:

1. Melakukan diet rendah lemak

Tentu saja lemak merupakan penyebab seseorang mengalami kegemukan.  Sehingga yang perlu Anda lakukan adalah menjauhi makanan dengan kandungan lemak sangat tinggi. Seperti daging, susu, sosis dan yang lainnya.

2. Melakukan diet rendah kolesterol

Selain lemak, Anda juga perlu membatasi asupan kolesterol penyebab kenaikan berat badan. Kolesterol jahat selain akan menyebabkan kenaikan berat badan juga akan memicu terjadi penyakit berbahaya lain seperti jantung dan juga stroke.

3. Melakukan diet rendah purin

Diet rendah purin adalah diet dengan menghindari pantangan makanan bagi penderita asam urat. Anda bisa melakukan diet rendah purin selama beberapa waktu. Anda bisa mulai mengatur menu makan harian Anda dengan membuat list menu apa saja yang perlu Anda makan. Diet rendah purin juga sangat efektif untuk menurunkan berat badan dan kadar purin yang ada di dalam tubuh.

4. Hindari konsumsi alkohol

Saat Anda melakukan diet sebaiknya Anda juga menghindari konsumsi alkohol sebab alkohol merupakan salah satu minuman penyebab asam urat yang tinggi kolesterol dan purin. Anda perlu benar-benar menghindari minuman ini.

5. Mengatur pola makan

Pengaturan pola makan yang buruk juga merupakan salah satu pemicu terjadinya obesitas. Sehingga Anda harus mulai mengatur pola makan. Kapan Anda boleh makan dan kapan Anda benar-benar tidak boleh makan. Jika Anda ingin makan malam ada baiknya Anda makan sebelum pukul 7 malam.

6. Berolahraga

Olahraga juga sangat baik untuk Anda. Manfaat olahraga bagi penderita asam urat dan obesitas sangatlah tinggi dan mampu mempengaruhi pada pengurangan berat badan dan juga purin yang ada dalam tubuh. Olahraga yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan berat bada seperti joging, jalan santai dan yoga. Anda bisa melakukannya dengan rutin, jika memang tidak bisa setiap hari Anda bisa melakukannya seminggu sekali.

7. Makan dengan perlahan

Makan dengan perlahan juga merupakan salah satu tips diet untuk Anda. Dengan makan dengan perlahan Anda akan mudah merasa kenyang dan mulut akan lelah untuk mengunyah serta pencernaan akan baik.

8. Konsumsi susu kedelai

Pengaruh susu kedelai terhadap asam urat sangatlah baik karena bisa menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Namun susu kedelai juga ternyata bisa dimanfaatkan untuk melakukan diet. Dengan konsumsi susu kedelai biasanya perut akan mudah terasa kenyang.

Sponsors Link

9. Konsumsi pisang

Pisang juga bisa dijadikan sebagai menu buah-buahan untuk melakukan diet. Pisang dipercaya bisa mengatasi rasa lapar dan menundanya hingga 3 jam lamanya. Anda bisa mengkonsumsi pisang pada pagi dan malam hari sebagai pengganti makan.

10. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran

Dibandingkan dengan daging buah dan sayuran lebih baik dikonsumsi saat Anda sedang melakukan diet. Namun jika Anda ingin mengkonsumsi daging Anda harus memperhatikan pada cara pengolahan nya, sebaiknya Anda mengkonsumsi daging yang diolah secara di kukus.

11. Membuat daftar menu

Anda juga bisa memulai diet dengan membuat daftar menu makanan yang bisa Anda konsumsi. Sehingga saat Anda akan melakukan diet, Anda bisa menyiapkan menu makanan yang baik. Sebaiknya Anda menghindari membeli makanan yang sudah jadi dan akan lebih baik memasaknya sendiri agar Anda tahu apa saja yang tidak boleh dimakan saat akan melakukan diet.

Itulah pembahasan mengenai pengaruh obesitas pada asam urat dan tips mengatasinya. Untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh Anda juga bisa mengatasinya dengan suplemen penurun asam urat yang tidak akan mempengaruhi pada kenaikan berat badan Anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan